Penanganan standar burung terkena snot

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.

Penanganan Standard Wajib

1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghaObat penyakit snot pada burungngat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.

2. JANGAN PERNAH pernah mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.

3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.

- Mohon menjadi catatan, bahwa (1) memegang burung jangan terlalu ditekan di bagian dada, tetapi pegang kencang pada bagian kaki bawah; (2) posisi paruh tetap menghadap ke depan/tidak dibuka paksa dan dihadapkan ke atas karena berpotensi membuat burung tersedak obat. Selipkan ujung botol obat dari samping dan setelah masuk baru dipencet agar keluar cairan obatnya.

4. Setelah memberikan StopSnot, usap lingkaran sekeliling mata burung yang bengkak dengan AIR HANGAT. Gunakan kapas atau tissu untuk mengusapnya. LAKUKAN HAL INI PAGI DAN SORE HARI setelah pemberian StopSnot.

5. Lakukan penetesan Kitolot Plus cair pada mata burung setiap kali selesai melakukan penetesan StopSnot pada paruh. Kitolot Plus berfungsi mencegah dan mengobati peradangan dan pembengkakan yang telanjur terjadi pada burung yang terkena snot. Jika kondisi bengkak sudah parah, Anda bisa menggunakan Kitolot Plus yang bentuk cream/salep. Oles pagi dan sore pada kedua mata setelah diteteso StopSnot melalui paruh.

6. Jika ada infeksi sekunder di bagian luar lingkar mata, misalnya burung menggosok-gosokkan mata pada tenggeran dan menyebabkan bagian luar mata luka, bisa dilakukan pengolesan BirdCream.

Bagaimana mendapatkan StopSnot, Kitolot Plus maupun BirdCream? Silakan lihat di halaman Produk Racikan Om Kicau.

Salah satu testimoni dari banyak testimoni melalui SMS yang masuk ke HP saya tentang STOP SNOT adalah dari H. Naufal (Jl. Tuban Raya, Bubutan, Surabaya):

Terima kasih banyak Om. Oh iya selama saya punya masalah snot terutama di LB tidak pernah sukses/mati. Jujur Om baru kali ini saya sukses dengan masalah snot setelah pakai produk om STOP SNOP. Itu obat benar-benar manjur, saya sudah ceritakan ke teman-teman semua terutama pecinta Lovebird mengenai obat STOP SNOT itu. Sekali lagi terima kasih.

Inilah screenshoot testimoni tersebut:

Tetimoni tanpa pernah diminta

Salam, Om Kicau Solo.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

35 pemikiran pada “Penanganan standar burung terkena snot

  1. Om minta pencerahanya, saya beli kacer trotolan umur 2 bulanan tp kata pemiliknya pernah kena snot dan baru sembuh satu minggunan, sekarang matanya udah kelihatan sembuh tapi masih mengeluarkan air sedikit dimatanya dan kadang sering batuk serta hidung ingusan, mohon solusinya om

    Suka

  2. om suhu saya mau tanya…..
    burung kenari saya masih kecil umur 1bln kurang udah kena snot trus di kasihkan obat stopsnot apa ga papa om…..?makasih ya om
    d tunggu balasanya om

    Suka

  3. Om,,mo nanya ni cucak jenggot saya sekarang matanya sebelah bengkak dan ga melihat gara2 di gigit semut udah sebulan.
    padahal udah di obatin baik pake obat kimia & herbal tapi tetep aja merem.
    kira2 obat yg ampuh apa ya om??

    Suka

  4. om…mo tnya nih!
    lovebird saya berak kapur dan sering ngantuk…klo dikasih obat untuk ayam jenis tetra chlor,bs tdk yh?
    mohon pencerahannya…trims

    Suka

  5. mas saya mau tanya, di daerah saya toko obat-obat burung susah dicari, cara lain tanpa menggunakan obat ada ngak mas biar mata bengkak pada cicak ijo saya yang sudah hampir 1 minggu ngak sembuh, tapi nafsu makannya lumayan kuat mas. makasih mas

    Suka

  6. malam om….
    1 minggu yg lewat saya beli MB bahan 4 ekor,dua hari dirumah siy g pa2..tp pas hari ketiganya ada cairan putih di matanya,padahal sblm sakit dimatanya burung sehat dan girasnya minta ampun…besoknya kedua mata kena tular juga…sampai sekarang blm sembuh..ternyata nular juga ke yg laenya..,2 ekor da tewas,gara2 ga mo makan. apakah itu juga penyakit snot om? mkasih atas pencerahannya.

    Suka

  7. Slamat siang Om duto…..
    Saya ary dri tangerang, sblum nya saya minta maaf karena ingin bertanya, dan mohon pencerahan tentang kenari saya yg sdang sakit….
    Om duto sya punya anakan kenari umur 3 bulan, sblum nya suara nya kencang dan panjang full isian ciblek, karena dri umur 10 hri saya master pake ciblek gacor.
    2 minggu yg lalu kenari nya keliatan lesu dan buang air nya sperti kapur, lalu sya berikan obat “trimezyn” ,
    Stlah 2 hri sya kasih, suara kenari sya mlah menjadi serak, dan sekarang malah hilang, jdi kenari nya hanya menggelumbung saja wktu bunyi tapi tidak ada suara nya………..
    Tolong Om duto apakah suara kenari sya bisa pulih,……??? Apakah ada obat nya, dan bgaimana cra perawatan nya agar kenari sya pulih kembalii….
    Tolongg Om duto….
    Trima kasih, sya tunggu blasan email nya…..
    SUKSES selaluu Om duto
    Terima kasih…

    Suka

  8. om mau tanya ni . burung murai batu saya kalau bernafas sering mengeluarkan suara ngik ngik ngik gitu om
    pada saat di adu sama burung lain di latberan paruh nya sering terbuka . seperti orang yg terkena pnyakit asmah. tolng ya om penanggulangannya bagai mana
    dan obat apa yang harus saya pakai dan tindakan apa yg harus saya lakukan setiap hari agar bisa sembuh ??
    sayang dong om burung nya bagus
    dulu sering juara :)

    terimah kasih ya om
    di tunggu jawaban nya

    Suka

  9. numpang om. ane mau jual burung toet jawa sudah jadi, bunyi sudah banyak, kuku jari kaki cacat 1 bh bagian kiri. rawatan bagus jangkrik 5 ekor (pagi & Sore, mandi spray tiap pagi, suara kencang. Ane sudah ga bisa ngerawat lagi karena intensitas kerja semakin tinggi. 1 lg masih muda anakan, bunyi sudah mulai bervariasi, masih grabakan, manja, & di depan hidung bulu rontok krn sering nabrak sangkar. Daripada mati ga terawat lg, mendingan ane lepas aja seharga Rp.300.000 sudah plus kandang. Tinjau lsg ke tempat ya.
    Hub: Leo (081317881569)

    Suka

  10. mo nanya om, aku udah dua kali memegang burung yang sakit, untuk diobati, tapi akibatnya burung lemes kemudian wassalam, kata temenku burung sakit jangan dipegang kebanyakan malah mati, kalo tetes kemulut kan harus pegang dulu om, kalo ditetes ke air minumnya bisa nggak om?

    Suka

Komentar ditutup.