Burung gemuk, tangani segera sebelum membisu permanen

Burung gemuk, tangani segera sebelum membisu permanen. Burung gemuk cenderung menjadi semakin gemuk. Sebab, sebagaimana manusia, maka semakin gemuk orang, biasanya semakin gampang lapar. Selera makan bertambah untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh. Kecukupan kalori dihitung dari berat badan juga. Orang gemuk membutuhkan lebih banyak kalori.

Nah kalau burung Anda gemuk, biasanya dia akan bertambah gemuk dan karena terlalu banyak makan, dia pun menjadi malas bunyi. Atau kalau sudah kekenyangan, dia akan terkantuk-kantuk tidur. Bangun lagi ketika berasa sedikit lapar. Makan lagi. Terkantuk-kantuk lagi, tidur dan makan lagi, begitu terus.

Kapan biasanya burung menjadi gemuk?

1. Setelah ngurak atau mabung. Burung mabung biasanya kurang beraktivitas dan pada saat yang sama hanya makan melulu. Parahnya lagi jika  selama masa mabung banyak digelontor pakan yang mengandung karbohidrat. Untuk itu, agar burung Anda “sukses” mabung alias bisa mabung tuntas tetapi tetap terjaga kondisinya, maka perlu langkah-langkah yang tepat. Ada beberapa artikel yang bisa Anda gunakan sebagai referensi, antara lain:

2. Ketika Anda tidak menghiraukan cara dan menu pemberian makan. Batasi pakan burung khususnya yang banyak mengandung karbohidrat. Untuk referensi  masalah ini, silakan Anda membuka kembali referensi yang sudah saya tulis: Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang.

Bagaimana jika burung sudah telanjur kegemukan?

1. Mau tidak mau ya batasi pemberian voer atau biji-bijian untuk burung pemakan biji. Untuk burung pemakan voer tetapi juga sering diberi ekstra fooding kroto atau jangkrik, maka batasi saja voernya sampai sesendok teh sehari dan kurangi atau stop pemberian jangkrik dan hanya diberikan satu ekor sebanyak sekali dalam tiga hari. Lakukan selama dua pekan.

Untuk burung pemakan biji, kenari misalnya, berikan bijian hanya sekitar setengah sendok teh dan sebagai ganti, perbanyak pemberian buah mentimun atau sayuran. Untuk mentimbun, belah saja secara memanjang satu buah mentimun dan berikan separuh bagian sebagai ekstra fooding. Lakukan selama sepekan sampai dua pekan.

2. Lakukan tritmen banyak mandi. Burung banyak mandi akan banyak mengeluarkan energi.

3. Banyak jemur. Perlu diperhatikan bahwa hubungan jemur dan pengurusan adalah tidak langsung. Dalam arti bahwa penjemuran bukanlah cara “melumerkan” lemak. Lemak tidak akan cair seberapa lama pun burung dijemur. Hanya saja, dengan banyak dijemur, burung hanya akan banyak minum, dan kurang dalam “ngemil” voer atau bijian.

4. Tritmen di atas bisa dibarengi dengan pemberian BirdSlim. BirdSlim adalah larutan oral yang mengandung Carnitine HCL, Sorbitol, Magnesium Sulfat dan Extract Vegetable untuk memecah lemak pada burung yang kegemukan. Untuk penjelasan tentang BirdSlim ini, bisa dibaca di rincian fungsi dan kandungan BirdSlim.

Catatan: Ada yang berpendapat bahwa burung perlu diumbar agar kurus, namun menurut saya, pengumbaran justru akan membuat burung bermasalah dalam kicauan. Untuk masalah ini, silakan dibuka lagi catatan saya tentang: Mengapa saya anti umbaran untuk burung lomba?

Demikian sobat sekelumit tips dari saya. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Salam ceking, salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 20 comments

  1. ivandra

    saya punya burung kenari baru slesai mabung dan sekarang badannya jadi tembah gemuk, yang lebih parah si burung jadi malas bunyi.
    mohon saran agar kenari saya dapat bunyi lagi

  2. Yudi

    Om … saya di rumah punya Jalak Nias.. lumayan gemuk. kok kalau siang hari suka nya tidur dan gak suka bunyi ya om? paling bunyi cuma 1 kali aja, dan bangun sekali-kali kalo mau makan. padahal saya ngasih jangkrik cuma 3 di pagi hari. mengatasi supaya tidak ngantuk gimana om? apa karena dia gemuk?

  3. henry

    salam kenal om duto, nama saya henry dari semarang saya mempunyai masalah dengan burung cucak rowo saya :
    1.saya punya sepasang burung cucak rowo dan satu cucak rowo (tidak sepasang), masalahnya kenapa cr saya yang bukan sepasang tadinya gacor setelah dua hari jadi pendiam, apakah kalah mental dengan yang sepasang itu?
    2. Saya kemaren membeli bird mature,fresh aves,birdshout dan birdvit apakah pemakaian birdmature dan birdvit boleh dikasikan pada burung secara bersamaan?
    3.apakah freshaves ketika disemprot ke burung dan terkena makanan atau air minum aman untuk dikonsumsi burung lg?
    Mohon dijawab atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

  4. fajjar

    assallamuallaikum om,, om burung kenari saya macettt dallam kicau, kenpa ya om?,, tpi mabung nya bllump brres” truss ajja berjatuhan bullu, udah 1 bulan om knpa? Pernah bersuara 1 kali aja doang uddah engga bersuara lagii.. Skrng cuman suit”an mullu we .., tollong jawab yah om kicau ,beritahu saya..?

    1. redaksiomkicau

      walaikum salam wr wb, kan mabungnya belum tuntas. tunggu hingga mabungnya tuntas dulu, selama mabung bisa diberikan multivitami birdvit dan birdmineral supaya setelah mabung burung tidak macet.

  5. OM MAMAT

    OM aku punya Kenari warna Putih Gemuk Banget……Macet Bunyi…aku ngikutin Resep OM….Burungku malah mati tadi pagi OM…..udah dikubur dengan cara yang layak…OM….sedih banget deh Om…

  6. kahar

    salam kicau om…..saya punya am yang sedang mabung porsi makan agak saya tambah pagi 7 ekor jangkrik,1 sendok teh ulat hongkong dan 4 ulat bumbung.sore5 ekor jangkrik +4 ekor ulat bumbung + multivitamin.apa ini bisa bikin am kegemukan? kalau saya letakkan di dekat tv dianya ngriwik tapi waktu sore kalau siang dianya hanya bunyi siit siit trus nratak kencang kenapa ya oom ?

  7. prabu

    om kicau..tanya nih
    saya ada anakan kenari umur 3 blnan, kebetulan betina
    yg saya heran, dari pagi hingga sore makan mulu
    apa emang begitu di umur 3 blnan,
    mohon tanggapannya om…
    thanks

Komentar ditutup.