Burung cipoh kacat pemikat, dengar dan download suara merdunya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Atas permintaan Om Avien, berikut ini saya uploadkan suara burung cipoh kacat yang sering disebut juga burung cipow, cito, sito, sirtu dan lain-lain. Suara burung ini, menurut teman yang saya minta file-nya, adalah suara burung sirtu pemikat atau burung pemancing sirtu liar agar mendekat dan ditangkap. Lokasi burung di Solo, dan menurut saya kualitas kicauan dan juga rekamannya cukup bagus.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung cipoh termasuk suku Chloropseidae atau cica-daun sebagaimana burung cucak hijau. Namun penelitian DNA baru-baru ini, seperti dilansir John Mac Kinnon dkk di buku “Burung-burung Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan”, diusulkan agar kedua suku itu dipisah, yakni cipoh dan cica-daun.

Gambar burung cipoh jantung dan cipoh kacat
Burung cipoh jantung dan cipoh kacat, jantan dan betina

Burung cipoh ada dua macam, yakni CIPOH JANTUNG (Aegithina viridissima) dan CIPOH KACAT (Aegithina tiphià).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Cipoh jantung dalam bahasa Inggris disebut Green lora dan dalam bahasa Melayu disebut Burung Kunyit Bakau.

Burung ini berukuran kecil (13 cm), berwarna hijau tua dengan garis putih pada sayap. Jantan mirip dengan Cipoh kacat, tetapi dadanya hijau dan tubuh bagian atas berwarna lebih gelap. Betina juga mirip betina Cipoh kacat, tetapi sedikit lebih hijau gelap, dengan kekang dan penutup telinga hijau serta garis sayap lebih condong kekuningan daripada putih.

Cipoh jantung memiliki iris abu-abu, paruh dan kaki hitam. Suara burung ini bernada siulan tinggi “ciiiw”, berbeda dengan cipoh kacat. Penyebaran global ada di Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan.

Penyebaran lokal dan status: Penetap yang umum terdapat di dataran rendah Sumatera (termasuk pulau-pulau di sekitarnya), dan Kalimantan (termasuk Kep. Natuna), sampai ketinggian 600 m. Kebiasaan cipoh tinggal pada tajuk hutan primer dan hutan sekunder yang tinggi.

CIPOH KACAT (Aegithina tiphià)

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung cipoh kacat (Common Iora atau burung Burung Kunyit Kacat) berukuran kecil (14 cm), berwarna hijau dan kuning dengan dua garis putih mencolok pada sayap.Tubuh bagian atas hijau zaitun, sayap kehitaman, tetapi sisi bulu putih, lingkar mata kuning. Tubuh bagian bawah kuning. Ras-ras pada masing-masing pulau bervariasi warna hijaunya. Perbedaannya dengan Cipoh jantung yaitu kekang dan dada berwarna kuning.

Cipoh kacat beriris putih keabu-abuan, paruh hitam kebiruan, kaki hitam kebiruan. Suara burung ini berupa beberapa suara panggilan termasuk getaran monoton dan berirama, atau siulan “ciiiii-pow” atau “ciiipow, ciii pow”, akhiran “pow” yang meledak seperti suara pecut.

Penyebaran global burung ini ada di India, Cina barat daya, Asia Tenggara, Palawan, Semenanjung Malaysia, dan Sunda Besar.

Penyebaran lokal dan statusnya, burung ini penghuni tetap di Sumatera (termasuk pulau-pulau di sekitamya), Kalimantan (termasuk pulau-pulau di Kalimantan bagian utara dan Maratua), Jawa, dan Bali. Tersebar luas dan umum terdapat di dataran rendah pesisir sampai ketinggian 1.000 m.

Kebiasaan cipoh kacat adalah menghuni taman, hutan mangrove, hutan terbuka, dan hutan sekunder. Umumnya burung ini berkeliaran sendirian atau berpasangan, berlompatan di cabang-cabang pohon kecil, tempat burung ini bersembunyi dengan baik.

Dengar suara dan download suara burung cipoh kacat

Nah sekarang silakan dengar suara burung cipoh kacat dan bisa Anda download juga.

Kalau mau download suaranya silakan klik di sini.

Salam cipoh, salam dari Om Kicau…

(sumber artikel: John Mac Kinnon dkk, “Burung-burung Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan”)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

14 Comments

  1. Saya ada burung sirtu,kalau menurut ciri ciri diatas, sirtu saya ini bisa dibilang betina. Tp anehnya kicaunya variatif dan keras (tidak hanya bunyi “cueerrr” ) . Para pedagang yg saya tanya juga bingung,ini sirtu betina apa jantan,krn kalau diliat perawakan jelas betina,tp kalau di liat jambul nya kaya jantan. Yg saya tnyakan bisakah sirtu betina ngoceh layaknya sirtu jantan ?

  2. Mas, Ibu saya baru nemu anak burung cipoh ini. Masih bayi belum bisa terbang dan makan sendiri. mohon tips perawatanya..

  3. om,perbedaan burung cipow secara bisik gmn?? tlg dong om kasih ilmu nya. soal nya aku punya burung cipow udah 3bln tp belum bunyi n cuma greeek doang om bunyi nya. tlg y om

    • sirpu jantan pada pangkal lidahnya ada warna hitam dan warna tubuh lebih kontras / tegas. berikan asupan ef secara rutin seperti kroto dan uler kandang.

Komentar ditutup.