Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Suara burung.mp3 trucukan ropel, ngebren: dengar dan download

Yellow-vented-Bulbul atau trucukan atau merbah atau cucak jawaBerikut ini adalah suara burung cucak jawa atau merbah cerukcuk atau jogjog atau yang populer disebut burung trucuk atau trucukan atau trocoh (Pignonotus goiavier) . Ada empat versi suara burung.mp3 trucukan yang saya sajikan untuk bisa Anda dengarkan dan download.

Untuk kualitas suara barangkali tidak sempurna karena ini adalah hasil convert dari video burung trucukan yang ada di youtube.

Kalau pada judul saya sebut suara ngebren burung trucukan sebenarnya ini adalah suara “call” atau suara “warning” yang biasa disuarakan burung trucukan ketika gelisah atau memanggil-manggil burung sejenis lain. Tiga versi suara lainnya adalah suara burung trucukan ropel yang menurut saya relatif bagus. Bisa digunakan untuk pemasteran burung trucukan yang masih muda.

Sekilas tentang burung trucukan

Burung trucukan atau burung merbah atau disebut juga cucak-cucakan (familia Pycnonotidae) termasuk ke dalam suku burung kicau kawasan Asia tropis dan Afrika. Burung dengan suara yang merdu dan variasi lagu beragam ini dalam bahasa Inggris disebut Bulbuls.

Nama merbah (bahasa Melayu) merujuk pada jenis burung kicauan, berbulu suram dan tinggal di semak belukar. Termasuk di dalamnya adalah jenis-jenis burung pelanduk, tepus, bentet dan lain-lain.

Untuk kepentingan standardisasi penamaan seperti yang digunakan LIPI, merbah digunakan terbatas untuk menyebut burung-burung dari keluarga Pycnonotidae. Selain disebut merbah, burung-burung dari suku ini memiliki beberapa sebutan umum yang lain seperti cucak (Jawa); tempuruk, empuruk; tempulu’, empulu’, pampulu, empuloh (aneka bahasa Melayu di Sumatera dan Kalimantan); dan lain-lain.

Berukuran sedang, burung-burung ini biasanya bertubuh sedang agak ramping, leher pendek, dan ekor agak panjang. Kerap kali bermisai halus.

Sebagian spesiesnya memiliki warna-warni yang cerah: kuning, jingga, merah, pada dada, perut atau seluruh tubuhnya. Akan tetapi kebanyakan berwarna suram coklat zaitun, keabu-abuan atau kekuningan, dengan warna kuning, jingga atau merah di pantatnya. Jantan dan betina berwarna serupa.

Beberapa dengan warna hitam di kepala, jambul yang dapat digerak-gerakkan, atau janggut putih.

Dengar suara burung trucukan

Suara burung trucukan “ngebren”

Untuk download, silakan klik tautan ini: Suara burung trucukan ngebren

Suara burung trucukan ropel 1:

Untuk download, klik ini: Suara burung trucukan suara ropel

Suara burung trucukan ropel 2:

Download, klik tautan ini: Suara burung trucukan ropel di ruangan

Suara burung trucukan ropel 3:

Download klik ini: Suara burung trucukan ropel panjang

Selamat mendengarkan atau mendownload.

Diupload dengan kata kunci: suara burung.mp3 , suara burung trucukan, suara burung merbah, suara burung cucak-cucakan, Pycnonotidae, Bulbuls, Yellow-vented-Bulbul, burung cucak jawa, burung tempuruk, burung empuruk; burung tempulu’, burung empulu’, burung pampulu, burung empuloh

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

52 Comments »

  1. wah om ini mah burungku trucukan vc cucak jenggot sumatra judulnya om,,durasi itu aslinya 2 jam tanpa henti piara dari lolohan a om wah ternyata berguna juga ni,,,kok gx sms sama yg punya burung ya??he he he he,,,ini club burungku om SUNGGLE FIGHTER OGJA GROUP,,dulu a jual murah 200,,kapan nek ada lagi tak rekam lg om,,a evan dari jogja,,ini ada juga kenari belender loveberd panjang juga,,dulu ada gelatik witcuit lebih dari 20 kali juga,cucak jenggot ngerol panjang banget,kenari suaranya aneh tapi ngelegu,masih banyak lagi simpenanya om,,,,besok kapan tak kirimi om videonya,tapi sms dulu om biar sama2 enak,,he he he

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.056 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: