Agar lovebird bersuara panjang hindari master ber-speed rapat

burung lovebirdSuara lovebird yang dianggap ideal dalam lomba burung, selain memiliki variasi lagu, pakem utamanya adalah bersuara panjang dan rajin (frekuensinya sering). Untuk kontes besar bertaraf nasional, durasi yang dicari paling tidak bisa 30 detik, ada pula yang hingga 1 menit bahkan lebih.

Biasanya, untuk lovebird yang lagunya panjang hingga satu menit atau lebih, frekuensi bunyi menjadi berkurang atau masa ngetem atau diamnya lama. Hal ini tentu juga kurang ideal untuk burung lomba. Burung yang sering juara pada akhirnya yang lagunya tidak perlu panjang sekali, tapi gacor atau rajin bunyi dan tiap bunyi panjangnya stabil atau relatif sama, misalnya rata-tata 30an detik.

Untuk melatih lovebird, sejak kecil tentu sudah dimaster. Lalu, master apa yang cocok untuk lovebird agar kelak hasilnya bagus? Menurut Antok 999 breeder lovebird spesialis suara dan pemilik lovebird juara Cenat-Cenut dari Sragen, master yang cocok untuk lovebird adalah burung yang lagunya tidak terlalu rapat.

Tips pemasteran agar burung lovebird bersuara panjang

“Suara rapat seperti cililin, srindit, membuat lovebird kelak tidak bisa mengeluarkan suara panjangnya secara maksimal, karena menjadi gampang lelah. Lagu-lagu yang lebih lambat seperti cucak jenggot, lebih pas. Atau suara kenari yang lelah, atau lambat, juga baik,” kata Antok kepada Waca yang menuliskan laporan untuk OmKicau.Com.

Master untuk lovebird bisa dari suara burung benaran, bisa pula dari perangkat elektronik, bahkan dari hand phone jaman sekarang yang umumnya sudah dilengkapi dengan pemutara suara.

Dasar suara

Sementara itu menurut Om Dwi Lovebird Jogja (pemilik DT BirdFarm) yang beberapa burung produknya banyak menyabet predikat jawara, selain perlu melakukan pemasteran secara rutin, pemilihan awal lovebird juga sangat menentukan.

“Suara panjang atau pendek, sebenarnya juga bawaan atau menurun dari indukan ke anakan. Nah, memilih burung lovebird untuk keperluan lomba perlu dilihat indukannya. Pilih indukan yang bersuara panjang. Setelah itu, pastikan burung bersuara panjang dengan pemasteran yang benar,” kata Om Dwi suatu ketika kepada Om Kicau.

Bagaimana dengan lovebird Anda?

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 31 comments

  1. nunang

    om maaf ganggu aku punya burung lovebird pernah prestasi 3x tapi sekarang suara ngekek panjangnya jadi ga ada suara ngekeknya kenapa ya om? harus gimana ya om supaya keluar lagi ngekek panjangnya,trims om

  2. ella andriani

    om saya mau tanya ni. burung love bird saya baru melahirkan,sekarang umur”y 1 tahun?mkn apa y untuk burung yg 1 thn?tolong donk d ksh info”y.krn mati 1 burung saya yg umur 1thn.

  3. daidot

    om saya pny burung love brid,dulunya tampil bagus tp akir” ini kayaknya da bnyak tinkah dn kayaknya mu kawin om,gimana caranya burung saya bisa kembali seperti semula om? tolong saranya y om? makasi

  4. mawie pale'

    om mau nanya ne,klo jeniz warna ga mempengaruhi kan om dari segi kualitaz suaranya?,soalnya saya liat kebanyakan warna standard yg banyak saya jumpai yg dipelihara oleh para kawan2 kicau,mohon informazienya,maklum om saya baru di hobi kicau,thax om duto.

    1. redaksiomkicau

      kalo lb sudah mau ngekek panjang,kalo umur relatif om karena ada beberapa lb muda yang bisa tampil bagus, namun ada juga lb kawakan yang baru bisa main stabil.

  5. Yopie

    walah..aku sekarang malah lagi mumet, kok ada lovebird tidak suka buah2an dan sayur2an..apa lagi yang nama-nya asinan cuma di plototin aja..yang mau saya tanyakan..apakah bisa fit kondisi lovebird tanpa buah+sayuran+asinan, lovebird ini sudah saya rawat selama 3 bulan hanya saya berikan biji2an aja..saya tanya sama empunya sebelum-nya memang ngga di kasih apa2 sejak dari trotol hanya biji2an aja..maka-nya bunyi-nya hanya sekedar aja
    Ngga pernah narik2 panjang, cuma tek-tek-tek-tek-tekm aja. Kalau ada tips dan saran tolong dong di share agar doyan buah dan sayur2an.

  6. nanang.c

    om’ saya mau tanya nich’ fungsi asinan buat love brid tuch apa sich? apa perlu love brid anakan di kasih asian juga’……tolong informasinya y om’ teriman kasih….

    1. Tristanto

      Om, mau nanya nih.. Knapa lovebird biru cobalt saya umur -/+ 3 bln klau bunyi sambil muter2 n kadang sambil lompat kejeruji. Klau bunyi sekitar -/+ 10 detik. Kadang suka gigitin jeruji sampai jerujinya gemeretak. Apakah lovebird saya birahi ? Soalnya umurnya khan masih anak.. Mohon informasinya Om.. Maklum saya masih pemula. Trimakasih sebelumnya Om..

Komentar ditutup.