Cegah kacer bagong dengan unthulan ala Koh Gun Surabaya

kacer mbedesi atau kacer mbagongPunya burung kacer mbagong atau mbedesi memang momok bagi pemain. Betapa tidak, bila sedang asyik ditampilkan, ngerol dan nembak, ekornya ngebyak-ngebyak, tiba-tiba dadanya membusung, mekrok. Burung akhirnya tak dapat nilai yang bagus. Sang pemilik pun akhirnya down melihat jagoannya bagong. Bagaimana sih sebenarya kacer mbagong itu? Apa bisa benar-benar diatasi? Dalam blog ini sudah ditulis beberapa artikel membahas kacer bagong, misalnya bisa dilihat pada artikel Lagi-lagi kacer bagong, dan Tips lain hilangkan suara “setan”, kacer mbagong dan pentet serta anis merah manja.

Tips apalagi yang bisa dibagikan? Ini ada catatan Agrobis Burung dari obrolan reporternya dengan Om Gunawan Uranus, pemain yang juga kolektor kacer Surabaya. Sebenarnya apa yang disampaikannya hampir sama dengan apa yang saya tulis pada artikel Lagi-lagi kacer bagong. Namun demikian ada tips tambahan, khususnya soal pemakaian “unthulan”.

Menurut Gunawan, burung kacer yang mbedesi bisa disebabkan karena pemberian ekstratooding yang kurang tepat. Karena itu, sang pemiliknya, mesti rajin mengotak-atik menu eksfoodnya sampai ditemukan pola eksfoodnya sehinggabùrung tersebut tak mbagong lagi.

“Nah, tiap burung beda-beda porsi jangkriknya, ada hariannya lima ekor pagi lima ekor sore. Ada yang kurang dan itu, ada juga yang lebih dan itu. Semua itu yang tahu adalah pemiliknya sendini,” tegas Koh Gun, panggilan akrabnya.

Diberi unthulan

Cara lain, yang juga bisa mengatasi kacer mbagong yakni dengan member unthulan. Atau burung-burung kecil yang bisa dijadika pelampisan nafsu si kacer tersebut. Caranya, burung-burung unthulan itu seperti emprit/peking ditaruh satu sangkar dengan kacer. Biarkan kacer tersebut menghajar emprit itu sampai puas.

“Ada juga yang diterapi dengan kacer biasa dengan cara didekatkan antar sangkar atau sangkarnya sejajar, untuk menghilangkan sifat buasnya,” tegasnya.

Tapi kacer untulan, jangan yang betina. Kalau kacer cewek, dia nanti malah birahi dan minta kawin. Karena itu, carikan kacer jantan yang cukup umur. “Kacer yang mbedesi atau yang tidak, sebaiknya dijauhkan dan burung fighter Iainnya, seperti murai. Boleh satu rumah, cumani letaknya mesti dipisah. Jangan sampai bertemu sesame burung fighter. Kalau cuman dengar suaranya, tak jadi masalah,”katanya.

Exfood ditambah

Ada statemen bahwa bila kacer mbagong, maka harus dikurangi jatah eksfoodnya. Nah, pemahaman demikian menurut beberapa pakar adalah keliru. ”Malahan, kalau menurut saya, kacer mbedesi harus digenjot eksfoodnya. Kalau dikurangi, bisa-bisa dia malah ngedrop. Kalau ngedrop, kita sediri yang rugi,” tambah pemain Surabaya yang eksis di kacer.

Ada juga yang berkata demikian: kacer mbagong tak mau tarung. Ini juga pendapat yang keliru. Kacer yang baik, punya daya tempur yang bagus di lapangan, pasti punya sifat mbagong. Hanya saja, sang pemilik dengan cerdas bisa mengendalikan sifat itu. “Statemen itu adalah senjata bagi blantik-blantik yang ingin bujuki orang awam,” kata Irwan, pemain Surabaya.

====

Pastikan pula perbaiki nutrisi pada asupan burung Anda, mulai dari protein, asam amino, vitamin dan mineralnya. Cek misalnya apa itu BirdVit dan BirdMIneral.

====

Selain mbagong, ada juga kacer yang terlalu fighter, istilahnya ngefong. Solusinya adalah dikerodong double.

“Atau sekarang kan banyak kerodong-kerodong yang tebal, nah itu bisa dipakai untuk mengatasi kacer yang kayak begini. Sekali lagi saya tandaskan bahwa yang tahu persis karakter burung adalah pemiliknya sendiri. Karena itu jalan terbaik adalah belajar dengan burung itu. Dipelajari karakter dan maunya gimana sehingga tahu resep apa yang diberikan. Kalau tips-tips dan orang lain itu sebatas trik alternatif. Bisa pas, bisa juga tidak,” tandas Koh Gun.

Catatan Om Kicau:

Saya tidak menyarankan penggunaan “unthulan” untuk terapi kacer bagong dengan dasar rasa peri kemanusiaan.

Bagaimana menurut Anda? (*)

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

40 pemikiran pada “Cegah kacer bagong dengan unthulan ala Koh Gun Surabaya

  1. Ada mbah2 mengajari saya kacer,mbah ini adlh tukang pikat dri tahun 50an dia biasa mikat cucak rowo n murai batu kata si mbah jangan dibiasakan mkn jangkrik atw kroto atw ef yg lain krn klw udh terbiasa kacer jd ketergantungan berubah sedikit saja ef maka akan mbagong

    • Burung ngeruji pertanda galak dan birahinya tidak stabil, coba gunakan cara lain seperti cas dengan kacer betina untuk memancing birahinya.

  2. pociq tu over birahi bngt je om,,,solusinya gmn y…jangkrik sdh aq pangkas jd 1×1…..jd kl da burung yg mndekat dia lngsung ngejar,,,gmn bs pulih lg y om,,,mhon bantuanya smua…mksh bngt sblmnya….

  3. Kacer trotolan sudah boleh d master g’ om,,,,,,
    saya punya kacer yg usia nya sktar 4 bulan lebih ne,,,,,mohon penjelasan nya,,,,,
    trim’s,,,,

  4. pakai unthulan kurang setuju om,kasihan tu yg buat unthulannya…….,pasti dibantai kan….,dimana peri perburungan kita…he…he..he..

  5. om kacer saya, kalaw di gandengkan jarak dekat…. gx mbalon.
    tapi kalaw jarak nya jauh nge balon, baru dengar suaranya aja sudah mbalon… gi mana solusinya om

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s