Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Perwira, “Raja Burung Murai Batu” di Sumatera saat ini?

Murai batu perwira in action--Perkembangan dunia kicaumania di Pulau Sumatera belakangan ini mengalami kemajuan yang begitu pesat. Lomba burung semakin sering digelar, jumlah peserta pun terus membengkak. Heroisme mereka juga luar biasa.

Mengapa? Ya, mengingat jarak tempuh untuk mengikuti lomba burung rata-rata cukup jauh. Kicaumania Sumatera tak segan untuk melakukan perjalanan belasan jam, bahkan seringkali bisa melebihi 20 jam perjalanan darat. Selain melelahkan, memakan waktu yang lebih lama, juga memakan ongkos yang lebih mahal. Jadi, secara hitung-hitungan tidak cocok dengan hadiah yang didapat bila sang jagoan menang.

Tapi hal itu rupanya bukan penghalang yang serius bagi kicaumnia Sumatera. Secara umum, disebutkan kualitas burung-burung dari Sumatera juga tak kalah dari jagoan di Jawa misalnya. Demikian juga soal daya beli, mereka pun cukup bernyali membeli burung-burung jagoan yang cukup mahal, bahkan lebih mahal dan harga yang beredar di Jawa, khususnya di wilayah Jabodetabek yang selama ini dianggap sebagai barometer dunia hobi burung berkicau.

Sayangnya, jagoan-jagoan mereka selama ini umumnya kurang terekspose oleh media massa, sehingga banyak jagoan berkualitas yang kurang dikenal. Salah satu jagoan murai batu yang cukup disegani di Pulau Sumatera dan layak mendapatkan apresiasi adalah Perwira, milik Jass SP dari Pangkalan Kerinci.

Juara 200 kali

Murai batu perwira in action-

Murai batu perwira in action

Menurut pemiliknya, Perwira sudah mencatat juara hampir 200 kali. Lebih tepatnya, pada saat menjadi juara 1 di Dandim BUTE Cup Muara Bungo, Jambi, adalah pencapaian juara yang ke-193. Catatan juara sebagaimana dikutip Agrobur di antaranya adalah Juara 1 di ANBC Cup Air Molek Riau, 2 X Juara 1 di Dumai BC (15/12), Juara 2 di JBC Japura Riau (5/2/1 2), Juara 2 Muspida Asahan (12/2/12), Juara 1 Road to Presiden Sumbar (26/2), Juara 1 Sorek Cup Riau (4/3), dan terakhir di Dandim Cup Bute Muara Bungo (18/3).

Catatan juara hampir 200 kali jelas menunjukkan kualita Perwira di atas rata-rata. Makanya, banyak sekali muraimania di Sumatera yang menjuluki Perwira sebagai rajanya murai batu di Pulau Sumatera. Perwira menjadi salah satu murai terbaik yang ada di Sumatera, yang berarti juga tak berlebihan bila disebutkan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Bagaimana perawatan burung Perwira selama ini? Yuk simak saja dengan mengklik sub judul di bawah ini.

Perawatan murai batu Perwira

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini
Pages: 1 2

31 Comments »

  1. PENGUMUMAN UNTUK PARA KICAU MANIA, HARAP BER HATI2 BELI BURUNG SECARA ONLINE DI RAJA BURUNG DENGAN BPK ALWARDANI NO HP : 085837839529 KARENA TGL 14 JANUARI 2013 SAYA KASIH DP 50% JANJINYA AKAN AKAN SEGERA DIKIRIM TERNYATA SAMPAI SAAT INI SAYA SMS TIDAK DIBALAS DAN SAYA TELPON TIDAK MAU ANGKAT, JD PARA KICAU MANIA JANGAN SAMPAI SEPERTI SAYA.
    SALAM KICAU MANIA

    Suka

  2. hari kamis tgl 26 april bg jas akan brangkat k jkarta… sma2 kita lhat tgl 29 d senayan… semangat bg jas… doa dri keluarga besar Dumai BC slalu mnyertai bg jas.. bravo…

    Suka

  3. aku pengen lhat prwira tarung lwn murai2 ppan atas.. al agam,st12,gogon,rumit,kiamat,raja,kusut dll, apa jadinya… Siapa ya yg bkal muncul jadi best of the best… Trims

    Suka

  4. Wooooow…..blh juga prestasi perwira di pulau sumatra, 200 x juara,qt lihat aksi perwira di pulau jawa,apa msih sperti di sumatra, tp sy cm ngingatkan kalo mau ikut piala Presiden, jauh2 hr udah nympek di jakarta, karna perjlnan sumatra-jakarta jauh, burung pasti kecapekan, qt g mau ntar ada alasan g dpt juara karna dah nempuh perjalanan jauh, jd burung g fit

    Suka

  5. kalau perwira di juluki raja sumatra saya si biasa-biasa ja,… karna kalau perwira untuk sumatra belum apa-apa ny masih bnyak burung2 yg diats perwira,. contoh nya radja, agam, gogon, kiamat, kusut,…. tu byurung sumatra yg belum keluar pulau sumatra, tunggu ja nati di piala presiden jakarta,…………

    Suka

  6. yang diadu kan kicauannya… bukan fisiknya.. katagori sehat mungkin tidak kondisi sakit… kalo pun tdk boleh cacat utk tapi untuk perwira harus ada apresiasi terhadap prestasi yg dicapainya.. utk membuktikan dikelas paling bergengsi.. kecuali jagoan lain pd ngeper.. bisa aja sih itu dijadiin alesan perwira ga boleh ikut..

    Suka

  7. PERWIRA EMANG SI JAGO, CUMA SAYAP NYA CATAT, APAKAH BISA MASUK KLAS BNR, SEDANGKAN BNR PROSEDUR NYA BURUNG HARUS SEHAT, NGAK CACAT,……….?

    Suka

  8. Rawe2 rantas… malang2 putung… PERWIRA digantang yang lain pada mutung…! Semoga nanti d jakarta naik pangkat jadi JENDRAL.

    Suka

  9. saya muraimania dari Natuna juga mendukung PERWIRA mengikuti lomba pada Presiden Cup 2 di Jakarta pada 29 April 2012 nanti. AYO PERWIRA

    Suka

  10. Ayo Perwira, ambil tantangan ini di : Presiden Cup 2 di Jakarta pada 29 April 2012…buktikan bahwa jagoan MB bukan hanya di dominasi pulau jawa… Sy pasti saksikan kehebatanmu di senayan nanti. salam

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.083 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: