Perwira, “Raja Burung Murai Batu” di Sumatera saat ini?

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Murai batu perwira in action--Perkembangan dunia kicaumania di Pulau Sumatera belakangan ini mengalami kemajuan yang begitu pesat. Lomba burung semakin sering digelar, jumlah peserta pun terus membengkak. Heroisme mereka juga luar biasa.

Mengapa? Ya, mengingat jarak tempuh untuk mengikuti lomba burung rata-rata cukup jauh. Kicaumania Sumatera tak segan untuk melakukan perjalanan belasan jam, bahkan seringkali bisa melebihi 20 jam perjalanan darat. Selain melelahkan, memakan waktu yang lebih lama, juga memakan ongkos yang lebih mahal. Jadi, secara hitung-hitungan tidak cocok dengan hadiah yang didapat bila sang jagoan menang.

Tapi hal itu rupanya bukan penghalang yang serius bagi kicaumnia Sumatera. Secara umum, disebutkan kualitas burung-burung dari Sumatera juga tak kalah dari jagoan di Jawa misalnya. Demikian juga soal daya beli, mereka pun cukup bernyali membeli burung-burung jagoan yang cukup mahal, bahkan lebih mahal dan harga yang beredar di Jawa, khususnya di wilayah Jabodetabek yang selama ini dianggap sebagai barometer dunia hobi burung berkicau.

Sayangnya, jagoan-jagoan mereka selama ini umumnya kurang terekspose oleh media massa, sehingga banyak jagoan berkualitas yang kurang dikenal. Salah satu jagoan murai batu yang cukup disegani di Pulau Sumatera dan layak mendapatkan apresiasi adalah Perwira, milik Jass SP dari Pangkalan Kerinci.

Juara 200 kali

Murai batu perwira in action-

Murai batu perwira in action

Menurut pemiliknya, Perwira sudah mencatat juara hampir 200 kali. Lebih tepatnya, pada saat menjadi juara 1 di Dandim BUTE Cup Muara Bungo, Jambi, adalah pencapaian juara yang ke-193. Catatan juara sebagaimana dikutip Agrobur di antaranya adalah Juara 1 di ANBC Cup Air Molek Riau, 2 X Juara 1 di Dumai BC (15/12), Juara 2 di JBC Japura Riau (5/2/1 2), Juara 2 Muspida Asahan (12/2/12), Juara 1 Road to Presiden Sumbar (26/2), Juara 1 Sorek Cup Riau (4/3), dan terakhir di Dandim Cup Bute Muara Bungo (18/3).

Catatan juara hampir 200 kali jelas menunjukkan kualita Perwira di atas rata-rata. Makanya, banyak sekali muraimania di Sumatera yang menjuluki Perwira sebagai rajanya murai batu di Pulau Sumatera. Perwira menjadi salah satu murai terbaik yang ada di Sumatera, yang berarti juga tak berlebihan bila disebutkan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Bagaimana perawatan burung Perwira selama ini? Yuk simak saja dengan mengklik sub judul di bawah ini.

Perawatan murai batu Perwira

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159.365 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: