Gairah kicaumania Kaltim tak didukung ketersediaan pasar burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Wajah perburung di kawasan Kalimantan Timur mulai bergairah dalam kurun waktu setahun ini. Jadwal lomba mulai memadati etalasi kicauan Kaltim dan para pemain pun makin menambah koleksi besutan. Ironisnya, kawasan itu belum memiliki pasar burung seperti di kota-kota Iainnya. Khususnya kawasan Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera.
Di kawasan-kawasan itu, pasar burung tidak sekadar menjadi ajang transaksi jual beli para pedagang dan konsumennya. Fungsi pasar burung di berbagai kawasan sudah makin melebar, yakni menjadi tempat para kicaumania untuk memenuhi segala kebutuhan hobinya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Apalagi sebagian pasar burung sudah ditata sedemikian rupa agar terlihat cantik, representatif dan nyaman untuk didatangi.

Di Balikpapan sebenarnya ada pasar burung Rengganis, tapi fungsi dan tujuan untuk kegiatan pasar burung itu sendiri jauh dan fungsinya. Banyak kios tutup bahkan kosong tak berpenghuni.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ironis itu. Antara lain kurangnya sosialisasi dan dinas terkait serta belum terbiasanya para pedagang berjualan di pasar. Banyak pedagang lebih memilih berjuálan di kiosnya yang tersebar di berbagai sudut.

“Memang keberadaan pasar burung atau hewan di Kaltim kurang mendapat dukungan dari pemerintah, Untuk mengumpulkan para pedagang guna membulatkan satu suara sangat susah terwujud,” ungkap Agung MC salah satu kicau mania Kaltim.

Dengan tidak adanya pasar burung di Kaltim maka banyak berdiri kios burung yang tersebar.

Kios-kios tersebut tersebar di berbagai wilayah. Lazimnya mereka memanfaatkan halaman rumah atau menyewa ruko. Walau rupiah yang diraup tak sepesat di pasar burung Jawa, namun omzet dan kios burung di Kaltim relatif tinggi. Bahkan para pedagang mengklaim nyaris sama dengan para pedagang di pasar-pasar Jawa.

Seperti kios Kalimantan Jaya milik Tau Lie yang merupakan salah satu pionir kios bùrung di Samarinda. Ia menuturkan, sirkulasi penjualan di kios sangat merata, mulai pembelian pakan sampai kebutuhan asesoris.

Omzet kios makin tinggi apabila di kawasan tersebut banyak diramaikan para pemain. Sedangkan menurut Tau Lie, kini para pemain sedang berburu beberapa jenis kicauan dan sangkar yang sedang jadi trend di Kaltim.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kalimantan Jaya - pionir kios burung di Samarinda
Kalimantan Jaya - pionir kios burung di Samarinda

Jenis yang banyak diburu antara lain murai borneo, cucak hijau, kacer, kenari, ciblek. Khusús ciblek, peminatnya relatif tinggi. Pasalnya, jenis ini sedang naik pamor.

Sedangkan untuk trend sangkar, para pemain mulai ramai mengoleksi sangkar lomba tanpa tiang. Nyaris sama dengan para pemain jawa, besutan milik mereka yang sudah disiapkan ditampilkan ke lomba besar, sèlalu dimasukkan ke sangkar-sangkar unik. Satu di antaranya sangkar tanpa tiang. (Referensi: Agrobur)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. ironis ya,,maraknya dunia kicauan kurang didukung supply,,smoga dunia kicauan di kaltim smakin berjaya…slam kicau dari Lombok ^_^ V

Komentar ditutup.