Rahasia perawatan Shower, burung kenari terbaik Indonesia saat ini

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

kenari showerSalah satu kenari yang tak berlebihan bila saat ini disebut terbaik di Indonesia karena sederet prestasinya adalah Shower, kepunyaan H. Sadat, dari B16 SF, Tangerang. Kenari ini berasal dari Likin-Rori Solusindo Canary, dulunya bernama Raja Mas.

Ketika masih di Likin, kenari bermaterikan lagu utama blackthroat dan glatik ini juga sudah langganan juara, sampai akhirnya karena namanya yang meroket, membuat H. Sadat kepincut, kemudian meminta untuk dibawa ke Indonesia Bird Champion (IBC) di Kemayoran, akhir tahun 2011. Di sana, penampilan Raja Mas juga tetap oke, menjadi juara, dan akhirnya Likin pulang membawa segepok rupiah senilai 35 juta.

Di tangan, H. Sadat, prestasi Raja Mas yang kemudian berganti nama menjadi Shower tak pernah lepas dari juara 1. Di Valentine Jogja, Arhiles Cup, Gamako Cup, Road to Presiden Cup Lampung, Road to Presiden Cup Jambi, kemudian di Presiden Cup Jakarta, Paku Alam Cup Jogja, dan terakhir di Menhut Cup Jakarta (27/5) bahkan nyeri juara 1 di kelas kenari isian.

Perawatan

Shower di kediaman H Sadat – tidak kenal umbaran

Mungkin Anda penasaran, seperti apa perawatan sehari-hari kenari Shower, kemudian stelan di lapangan, dan yang juga menarik, kenapa Raja Mas kemudian berubah nama menjadi Shower, apa karena lagunya yang seperti air gerujukan atau pancuran, atau karena hal lain? Inilah kisah lengkapnya.

Perawatan harian, jemur rutin tapi hanya sekitar 10 menit saja, Shower juga tak pernah diumbar. Setelah jemur, diangin-anginkan sekitar 5 menit, dan kemudian full kerodong sampai esok paginya.  Untuk pakan harian, cukup dikasih sawi. Mandi tidak perlu tiap hari, hanya 3 kali seminggu saja.

Kenari Shower hanya mau mandi dengan cara digerojok air mengalir

Kenari Shower hanya mau mandi dengan cara digerojok air mengalir

Bila hendak lomba, hari Kamis diberikan telor, tanpa kroto. Hari Jumat mandi, kemudian HANYA dikasih pakan biji-bijian saja. Sabtu, hanya DIBERSIHKAN kotoran serta cek makan dan minumnya saja.

Nah ini yang harus diperhatikan: selama perawatan di lapangan tidak boleh bunyi, jadi harus selalu di dalam mobil dan dijaga supaya jangan sampai mendengar suara kenari lain, sehingga terpancing untuk bunyi.

Lagu andalan Shower adalah Blackthroat dan Glatik Wingko, selama di rumah, juga selalu ditempel dengan dua master itu.

Kenapa H. Sadat memberi nama Shower, ternyata karena cara mandinya. Shower hanya mau mandi dengan cara digelontori air dari selang atau hanya mau mandi dari air pancuran (lihat foto).

Unik juga kan, mungkin Anda juga pernah lihat kenari atau jenis burung lainnya yang hanya mau mandi bila air seperti digelontorkan dengan cukup deras dari pancuran?

Rahasia kenari jawara, juga ada di sini

Bila Anda penasaran pengin tahu seperti apa materi dan penampilan kenari nomor 1 di Indonesia, datang saja ke Candi Prambanan, 8 Juli yang akan datang. Sebab, H. Sadat sudah memastikan bakal turun dan membawa semuga gaco terbaiknya, termasuk kacer Speed Racer dan gaco baru murai batu Sinar, yang di Menhut juga sama-sama meraih juara 1 dan membuatnya mengumpulkan poin terbanyak untuk merebut  JUARA UMUM. (Waca-Jogja)

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 158.761 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: