Rahasia perawatan Shower, burung kenari terbaik Indonesia saat ini

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

kenari showerSalah satu kenari yang tak berlebihan bila saat ini disebut terbaik di Indonesia karena sederet prestasinya adalah Shower, kepunyaan H. Sadat, dari B16 SF, Tangerang. Kenari ini berasal dari Likin-Rori Solusindo Canary, dulunya bernama Raja Mas.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ketika masih di Likin, kenari bermaterikan lagu utama blackthroat dan glatik ini juga sudah langganan juara, sampai akhirnya karena namanya yang meroket, membuat H. Sadat kepincut, kemudian meminta untuk dibawa ke Indonesia Bird Champion (IBC) di Kemayoran, akhir tahun 2011. Di sana, penampilan Raja Mas juga tetap oke, menjadi juara, dan akhirnya Likin pulang membawa segepok rupiah senilai 35 juta.

Di tangan, H. Sadat, prestasi Raja Mas yang kemudian berganti nama menjadi Shower tak pernah lepas dari juara 1. Di Valentine Jogja, Arhiles Cup, Gamako Cup, Road to Presiden Cup Lampung, Road to Presiden Cup Jambi, kemudian di Presiden Cup Jakarta, Paku Alam Cup Jogja, dan terakhir di Menhut Cup Jakarta (27/5) bahkan nyeri juara 1 di kelas kenari isian.

Perawatan

Shower di kediaman H Sadat - tidak kenal umbaran
Shower di kediaman H Sadat – tidak kenal umbaran

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Mungkin Anda penasaran, seperti apa perawatan sehari-hari kenari Shower, kemudian stelan di lapangan, dan yang juga menarik, kenapa Raja Mas kemudian berubah nama menjadi Shower, apa karena lagunya yang seperti air gerujukan atau pancuran, atau karena hal lain? Inilah kisah lengkapnya.

Perawatan harian, jemur rutin tapi hanya sekitar 10 menit saja, Shower juga tak pernah diumbar. Setelah jemur, diangin-anginkan sekitar 5 menit, dan kemudian full kerodong sampai esok paginya.  Untuk pakan harian, cukup dikasih sawi. Mandi tidak perlu tiap hari, hanya 3 kali seminggu saja.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari Shower hanya mau mandi dengan cara digerojok air mengalir
Kenari Shower hanya mau mandi dengan cara digerojok air mengalir

Bila hendak lomba, hari Kamis diberikan telor, tanpa kroto. Hari Jumat mandi, kemudian HANYA dikasih pakan biji-bijian saja. Sabtu, hanya DIBERSIHKAN kotoran serta cek makan dan minumnya saja.

Nah ini yang harus diperhatikan: selama perawatan di lapangan tidak boleh bunyi, jadi harus selalu di dalam mobil dan dijaga supaya jangan sampai mendengar suara kenari lain, sehingga terpancing untuk bunyi.

Lagu andalan Shower adalah Blackthroat dan Glatik Wingko, selama di rumah, juga selalu ditempel dengan dua master itu.

Kenapa H. Sadat memberi nama Shower, ternyata karena cara mandinya. Shower hanya mau mandi dengan cara digelontori air dari selang atau hanya mau mandi dari air pancuran (lihat foto).

Unik juga kan, mungkin Anda juga pernah lihat kenari atau jenis burung lainnya yang hanya mau mandi bila air seperti digelontorkan dengan cukup deras dari pancuran?

Rahasia kenari jawara, juga ada di sini

Bila Anda penasaran pengin tahu seperti apa materi dan penampilan kenari nomor 1 di Indonesia, datang saja ke Candi Prambanan, 8 Juli yang akan datang. Sebab, H. Sadat sudah memastikan bakal turun dan membawa semuga gaco terbaiknya, termasuk kacer Speed Racer dan gaco baru murai batu Sinar, yang di Menhut juga sama-sama meraih juara 1 dan membuatnya mengumpulkan poin terbanyak untuk merebut  JUARA UMUM. (Waca-Jogja)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

34 Comments

  1. om, sy pemula mau ternak kenari sudah dua minggu gak mau kawin padahal betina sama jantannya kayaknya sudah cukup umur, gimana yah??? terima kasih.

  2. mau tanya maz, kalo kenari umur 5 bulan belum bunyi bagai mana? bunyinya cuman pelan..terus apa penyebap kaki kenari seperti ada ketombenya dan bagai mana mencegahnya terimakasih, mohon jawabanya..

    • kenari jantan jika kondisi sehat umur 5 bulan sudah mulai belajar bunyi ngeroll dengan volume lumayan bisa didengar, jadi pastikan dulu kenarinya jantan.

  3. slm knal om saya g yakin om knari juara perawatan nya smudah itu blh d coba tuh om skalian sy mo tny knari sya d tmpel d rumah dgn kenari lain ny maen ny anteng om cuma satu tangkringan kok pas d bawa kelapangan malah nabrak nabrak apa yg slh ya om pemberian ef ny hanya sayuran g sya ksh telor n kroto tolong om solusi nya makasih

    • wajar itu om, kemungkinan kenari menjadi galak ketika melihat kenari lain dengan jumlah lebih banyak digantangan, coba berikan telur puyuh 1/2 saja sejak h-2.

  4. Mau tanya om kenari sy suka sekali makan jangrik halus
    Pertanyaan: apakah ada efek buruknya kalau kenari dikasih pakan jangkrik?

    • selama ini ada efek negatifnya tidak om?, jika tidak ada efek positif dan negatif sebaiknya stop saja pemberian ef jangkriknya.

  5. om klo mo cari waterslager yg masih terjaga galur murni nya di sekitaran jogja-solo dimana ya?pengen cari bakalane nich om….

    • tergantung karakternya masing, bisa coba telur puyuh, telur ayam kampung, buah apel, mentimun, dan ef lain yang digemari kenari.

  6. Karena pas pada saat presiden cup obelix kalah gantangan dengan shower,shower aja pada saat di presiden cup turun ke bawah sangat lama,saya aja pemain dari palembang bingung kenapa shower yg juara 1,lagu pun msh obelix karena blum bocor/ada kenari standarnya,shower ada standarnya dikit loh

  7. maaf om burung kenari biar suaranya nyaring dan bagus,,,,nge rooll nya perawatan nya gmna ya,,,apa pengaruh dari makanan,,,tolong jawab ya om terimakasih…..

    • selain bakat juga harus didukung pola rawatan yg sesuai karakter kenari, misalnya pola jemur, stelan ef, dan lainnya. coba rajin diembunkan dan jemur dibuat lebih lama, plus pakannya ditakar sehari habis.

  8. apakah ada pengaruh bila kenari usia 5 bln diberi makan campuran dg fumayin?apa berpengaruh pada suara atau posturnya?maksh

    • sejauh ini belum ditemukan sisi negatif secara otentik kekualitas suara dan postur burung, bahkan burung cederung lebih fit dan sehat.

  9. Om,kalo di kasih kroto tiap hari apa bermasalah dengan suarany om?punyaku F1 lizad suaranya kurang panjang.apa pengaruh ya om?

    • kroto buat kenari bukan menu wajib om, cuma sekedar selingan atau ef ketika mau lomba itupun sangat sedikit porsinya.

    • kroto buat kenari bukan menu wajib om, cuma sekedar selingan atau ef ketika mau lomba itupun sangat sedikit porsinya.

Komentar ditutup.