Atasi burung murai batu bersuara ngukluk alias ngeban-ngeban

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Murai batu NataliaSeorang kawan melalui pesan masuk di facebook mengaku jengkel dengan burung murai batu momongannya karena seringkali bersuara ngukluk alias ngeban-ngeban. Apakah Anda juga mengalaminya?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Menjawab pertanyaan itu, saya pun menulis di dinding grup Murai Batu Indonesia di FB dengan judul “MURAI BATU SUARA NGUKLUK”. Apa itu?

Murai batu suara ngukluk adalah murai batu yang bisanya cuma bersuara ngeban-ngeban (nada rendah, meski bisa terdengar sangat keras) berulang terus-menerus ketika tidak ada rangsangan bunyi dari burung atau benda lain.

Apakah murai batu ngukluk itu jelek? TIDAK SAMA SEKALI. Banyak burung jawara yang maunya ngukluk melulu ketika tidak ada rangsangan bunyi yang menantang.

NATALIA milik MR GUNAWAN SOLO pernah ditawar 300 juta
Burung murai batu nias jarang ngukluk

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

SUARA NGUKLUK biasanya diperdengarkan pada pagi hari setelah burung selesai dirawat (mandi-jemur). Setelah fase ngukluk, biasanya burung lantas mengeluarkan suara ngeriwik, bisa keras bisa pelan, dan pada saat ini biasanya suara isian terdengar. Menjelang tengah hari, suara ngukluk biasanya muncul lagi.

Ketika hari meninggalkan siang, burung mulai ngeriwik keras dengan suara variatif disusul fase SUARA NGUKLUK lagi pada sore hari.

Kalau Anda merasa jengkel dengan suara ngukluk murai batu Anda, maka itu adalah hal wajar. Ada cara untuk menghentikannya, secara bertahap selain dikerodong gelap atau diletakkan di ruangan gelap.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah seperti yang saya tulis di artikel “Tips lain hilangkan suara “setan”, kacer mbagong dan pentet serta anis merah manja”..

Semprot air dingin

Dalam kasus murai batu, maka yang Anda perlu lakukan adalah melalui terapi “semprotan air dingin”

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hal yang perlu Anda siapkan adalah semprotan air yang biasa kita gunakan untuk memandikan burung dengan cara semprot (sprayer). Siapkan semprotan dengan air bersih di dalamnya dan masukkan ke dalam almari es di bagian sayur (bukan di freezer-nya).  Singkat kata, selalu siapkan air dingin di dalam sprayer, apakah itu dari almari es atau kita buat seketika dengan mencampur air dengan es, tidak begitu penting.

Ketika Anda mendengar murai batu Anda mengeluarkan suara ngukluk berulang-ulang, segera hampiri semprotan air di dalam almari es. Begitu dia mengambil jeda suara atau ketika masih bersuara ngukluk, semprotkan air dingin ke arah dia. Biasanya, hanya dengan sekali semprot dia akan terkejut dan segera berhenti berbunyi.

Oke, tunggu saja di ruang berbeda. Begitu dia mengeluarkan suara setan lagi, ya hampiri lagi dan semprot lagi untuk membuat dia kaget dan merasa tidak nyaman. Ulangi lagi dan ulangi lagi jika suatu ketika murai batu Anda bersuara setan lagi.

Terapi ini akan menyita waktu Anda barang 3-4 hari jika dilakukan secara maraton atau bisa sampai sepekan dua pekan jika dilakukan secara tidak konsisten karena kesibukan Anda atau alasan lainnya. Dasar pemikiran dari terapi ini adalah kita “menghukum” burung atas perilaku tertentu mereka. Dengan “hukuman semprot air dingin” yang mengejutkan dan membuat burung tidak nyaman, si burung akan belajar bahwa “jika aku melakukan ini, akibatnya begini”. Nah, kalau Anda rajin mengawal “proses belajar” ini, maka murai batu Anda akan cepat belajar dan karenanya dia akan dengan terpaksa melupakan suara ngukluknya dan tidak akan pernah menyuarakannya lagi.

Jangan full kerodong

Menyetop suara ngukluk dengan kerodong full gelap SANGAT TIDAK DISARANKAN karena akan menyebabkan burung stres atau bahkan kehilangan orientasi siang-malam, kurang mengonsumsi makanan dan kurang puas dalam menghibur diri/refreshing.

Meski alamiah, SUARA NGUKLUK yang bekepajangan dari hari ke hari, KARENA BURUNG PADA DASARNYA SUDAH GACOR OWOR-OWOR bisa menyebabkan rusaknya pita suara dan burung pun menjadi serak.

Perlu Anda atasi agar burung sehat dan Anda pun merasa nyaman…

Piala Raja Official Website

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

16 Comments

  1. Menurut hemat emosi saya..burung yg ngukluk memang sangat menjengkelkan,daripada kita hambur-hamburkan emosi ya apa boleh buat langsung aja itu burung bawa kepasar selesai urusanya..kalo dibawa kelomba butuh keajaiban untuk menang..tp lumayan kalo untuk hiburan dirumah dengan catatan tahan emosinya jangan sampai burung dpt perlakuan kasar…

  2. Salam kenal,
    Saya telah membaca tulisan di blog ini, isinya sangat lengkap dan informatif. terimakasih atas sharingnya. mudah-mudahan ke depan semakin produktif dalam menulis.
    Saya melihat anda sangat ahli dalam hal perburungan. heheh

      • lah, katanya bagus di full krodong om?
        Katanya klo ga di full kerodong, burung ga ngerti saat ditrek, jd kaya biasa aja dirumah.
        Seperti punya tetangga saya, jarang sekali dikerodong. Akhirnya saat dicoba dgn burung temannya malah cuma diam, makan, bersihin bulu2, pokoknya ga ngerti klo dtrek.

        • Burung difull kerodong itu ketika akan ditrek/lombakan saja. Kerodong selama 3-4 hari pra-lomba. Tujuannya untuk menjaga stamina, yang diharapkan bisa maksimal terkumpul pas dilombakan.

          • ow, bgtu ya om.
            Matur suwun.
            Walau dr kecil sy sudah mengenal burung tapi bru skrg ngasuh burung bwt kontes.

            • burung mabung dikrodong supaya bisa beristirahat total, karena mabung sangat mengguras energi dan fase yang paling kurang nyaman dialami burung. Juga supaya bulu yang rontok tidak berterbangan sekitar rumah.

Komentar ditutup.