Tips persiapan lomba burung luar kota (3): Persiapan burung

Sebelum berangkat, pastikan semua persiapan terkait burung sudah lengkap. Misalnya bak mandi, semprotan air, pakan, obat-obatan dasar. Kadang-kadang untuk jenis burung tertentu atau individu burung tertentu, juga butuh kondisi khusus selama perjalanan, misalnya tidak mau kegelapan, berarti harus diberi lampu ekstra di bagian kabin burung.

Yang tak kalah penting, kita juga sudah mendapatkan kepastian tiket lombanya, kelas apa, dan main di sesi ke berapa. Jangan sampai sampai lokasi, masih diributkan urusan mencari  tiket, ini bisa membuat kacau persiapan burungnya.

BirdPower - produk BirdVit untuk burung lombaTatalah sangkar secara bagus. Biasanya disusun sedemikian rupa supaya burung bisa menghadap ke depan. Pastikan sangkar dalam kondisi statis, kemudian diikat atau dihimpit secara lembut sehinyga tidak ada goncangan selama perjalanan.

Untuk ekstra fooding alami yang diperlukari dalam kondisi fresh, pastikan juga di tempat tujuan bisa mendapatkannya, seperti kroto, dan lain-lain yang tidak mungkin membawa dari rumah.

Biasanya ada bagian pelayanan dan panitia yang akan membantu mendapatkanya, kalau tidak, kita harus tahu di mana bisa mendapatkan itu semua di tempat tujuan.

Bila memungkikan, survei dulu lokasi lomba, dan pilihlah tempat istirahat atau pedok yang ideal, sesuai dengan jenis burung yang hendak kita lombakan. Apakah perlu lokasi yang sedekat mungkin dengan lapangan sehingga tidak perlu jauh-jauh menentengnya bila hendak digantangkan, atau butuh tempat yang benar-benar sepi atau jauh dan peserta lain, khususnya dari burung sejenis atau yang bisa tarung dengannya.
Wajib baca artikel terkait di bawah ini:

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads