Penting, mohon masukan: Draft Peraturan Lomba Burung Online Omkicau.com Cup I

Sehubungan dengan rencana penyelenggaraan Lomba Burung Online Omkicau.com Cup I, tim lomba telah membuat rancangan peraturan dan waktu pelaksanaan lomba. Tidak ada gading yang tak retak dan oleh karena itulah mumpung lomba belum dimulai, saya secara pribadi minta pendapat dan masukan dari sobat kicaumania atas draft aturan main yang sudah dibuat.

Mohon dimengerti terlebih dahulu bahwa ini adalah lomba burung online yang tentu berbeda aturan mainnya dengan tata aturan lomba burung secara langsung di lapangan. Untuk itulah dengan kerendahan hati, saya mohon masukan, kritik dan saran dari sobat semua atas aturan main sebagai berikut.

Kicaumania.or.id Webly Logo Pusat Penangkaran dan Agrowisata Burung Shakila Bird Farm
Logo Papburi Solo Black Bird Keeping (BBK) Cilacap  

Tata Aturan Lomba Burung Online Omkicau.com Cup I

BENTUK DAN SIFAT LOMBA:

1. Bentuk lomba ini adalah mempertandingkan video klip burung berkicau yang dikirim peserta kepada Panitia Omkicau.com Cup I, yang beralamat online di website omkicau.com dengan alamat email admin@omkicau.com.

2. Sifat lomba terbuka untuk umum dan semua video klip burung peserta lomba yang dianggap sah untuk dinilai akan ditayangkan di website omkicau.com.

3. Penilaian terhadap video klip burung terdiri dari sisi teknis yakni kualitas video, baik kualitas rekaman gambar bergerak dan rekaman suara (20%), kejelasan irama lagu burung dan kesesuaian gerak paruh burung dengan lagu yang dibawakan (20%), variasi suara burung (20%), gaya berkicau burung (20%), keindahan fisik burung (20%). ==> Diupdate berdasar masukan pengunjung blog dan sejumlah sahabat.

PERATURAN UMUM:

1. Lomba terbuka untuk umum warga negara mana saja, perorangan maupun tim dengan usia anggota minimal 13 tahun.

2. Tidak dipungut biaya pendaftaran alias GRATIS.

3. Jenis burung bebas (kelas campuran semua jenis burung).

4. Satu burung hanya boleh dikirmkan videonya sebanyak 1 video klip.

5. Perorangan atau tim bebas mengirimkan berapapun jumlah video burung asalkan burung yang berbeda.

PERATURAN KHUSUS:

1. Ketika divideokan, burung boleh sedang berkicau sendirian ataupun sedang tanding dengan burung lain. Usahakan tidak ada suara lain seperti suara manusia, gebrakan, peluit dan sebagainya yang akan mengurangi kejelasan suara burung yang divideokan.

2. Durasi atau panjang masa putar video yang dikirim ke panitia maksimal 3 menit.

3. Format video FLV atau MP4.

3. Video burung yang dikirim tidak boleh merupakan gabungan dari klip video. Dengan demikian, video yang dikirim merupakan satu potongan video burung. Hasil potongan satu bagian yang dikirimkan ke panitia berdurasi (masa putar) maksimal 3 menit.

4. Ketika pengambilan gambar dan suara, sangkar burung harus ditempeli logo lomba burung online Omkicau.com Cup I yang bisa dicetak atau diprint (boleh warna boleh hitam putih) setelah didownload di website omkicau.com.

8. Logo Lomba Burung Online Omkicau.com Cup I harus terbaca jelas minimal selama  5 detik dari masa tayang video.

9. Pada sangkar ataupun suara dan gambar yang terekam pada video, tidak boleh ada penyebutan, tulisan atau logo pihak lain.

10. Masa pengambilan video antara tanggal 1 s/d 5 Agustus 2012. Logo Lomba Burung Omkicau.com Cup I (yang harus dicetak/diprint kemudian ditempelkan pada sangkar burung peserta lomba) akan dimuat di omkicau.com mulai 31 Juli 2012 jam 17.00 WIB.

PENGIRIMAN VIDEO DAN PENGUMUMAN PEMENANG

1. Video bisa dikirim ke panitia melalui beberapa cara (pilih satu saja):

a. Diupload di website seperti facebook.com, youtube.com, photobucket.com, dan website/ jasa layanan gratis lainnya DENGAN SYARAT link video bersifat private. Pihak lain yang diberi hak akses hanyalah panitia dengan satu pintu, yakni Om Kicau dengan email dutosricahyono@gmail.com.

Setelah video diupload, segera beritahukan kepada Om Kicau melalui email admin@omkicau.com dan SMS ke nomer HP 085727391224, dengan format sebagai berikut:  “Sudah dikirim Video Burung ( diikuti nama dan jenis burung) melalui (sebutkan link/URL/ alamat unggahan video tersebut). Tertanda (nama/tim pengrim, nama kota).”

b. Dikirim dalam bentuk VCD, flashdisk, dan perangkat penyimpan video lainnya melaui pos atau jasa pengiriman barang lain ke alamat “Duto Sri Cahyono, Ngabeyan RT 03 RW 02 Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah 57165″. Sertakan informasi Nama dan Jenis Burung, Alamat Lengkap Pemilik/Tim Pengirim Video dan penjelasan lain yang perlu disampaikan.

2. Pemberitahuan adanya kiriman video melalui email atau website (facebook.com, youtube.com dll) dan CAP POS atau Resi Pengiriman jika menggunakan pos atau jasa titipan lain paling lambat 12 Agustus 2012.

3. Pengumuman Pemenang Dilakukan melalui website omkicau.com pada minggu terakhir Agustus 2012.

TIM JURI:

Juri terdiri dari Tim Redaksi omkicau.com dengan mendapat pendampingan dari Om Warjo IKPBS, Om Puguh Widyatmoko Papburi Solo, Om Yogi Prayogi Kicaumania.or.id, Om Tony “Bajak Laut” Alamsyah Black Bird Keeping Cilacap, Om Irvan “Smartmastering” Sadewa Jogja, dan beberapa pihak independen yang kompeten lainnya.

HADIAH DAN DOORPRIZE

Hadiah:

Hadiah berupa uang diberikan kepada pemenang 1 s/d 10 dengan jumlah total sebesar Rp. 5 juta.

Doorprize (satu peserta/tim mendapatkan nomor undian doorprize sebanyak video yang dkirimkan ke panitia):

Doorprize berupa barang dan/atau uang diberikan kepada 10 peserta pemenang undian dengan total nilai jutaan rupiah yang berasal dari donatur dan sponsor, antara lain:

1.. Bp. Muhammad Bashori, Karunia Sangkar (sangkarburung.com) Jogja.

2. Bp. Dwi Wahyudi – DT Bird Farm, Girya Taman Asri Sleman.

3. Bp. Ir. H Syamsul Saputro – SKL Bird Farm Jatibarang, Indramayu.

4. Bp. Ir. Samino – Lintang Songo Bird Farm Solo.

5. Bp. Gunawan Wibisono – Hai Gun Singgle Fighter (SF) – Ungaran Semarang.

6. Bp. Yogi Prayogi, Ketua Kicaumania.Or.Id.

7. Bp. Tony Alamsyah, Black Bird Keeping (BBK) Cilacap.

8. Bp. Irvan Sadewa, Smartmastering.Com, Jogja.

9. Beberapa pihak lain yang segara menyusul.

Update:

1. Om Correy Cosmogony (Qorry Sajadi, Jl Manunggal II, Kragilan, Kadipiro, Solo) menyatakan siap berpartisipasi dalam Lomba Burung Online Omkicau.com Cup I dengan menyediakan DOORPRIZE berupa seekor anakan murai batu betina.

2. Om Heksa Agus S, majikan dari margokaos.com  (Pusat Sablon Kaos Manual Yogyakarta) juga menyatakan siap memberikan doorprize berupa uang tunai Rp. 500.000.

3. ….. (semoga disusul oleh para dermawan lain untuk support dunia Kicau Mania Indonesia).

Perincian hadiah dan doorprize diberikan pada saat pengumuman resmi pembukaan Lomba Burung Online Omkicau.com Cup I pada Rabu, 1 Agustus 2012.

Nah begitulah sobat semua, rancangan tata aturan lomba yang sudah saya buat dan sekali lagi, SAYA MOHON MASUKAN DAN SARAN DARI ANDA SEMUA.

Terima kasih.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

23 pemikiran pada “Penting, mohon masukan: Draft Peraturan Lomba Burung Online Omkicau.com Cup I

  1. Saran nih om,bagaimana jika diatur jarak perekaman maksimal berapa meter antara sangkar burung dan camera perekam Karena kalau terlalu jauh Susah juga melihat apakah antara Suara burung dengan paruh burung saat berkicau sesuai Karen a tidaklah Susah bikin dubing di video editing,belum lag I kalau yg ngrekam dari atas atau bawah sangkar

    Suka

  2. Sekedar sumbangsaran, untuk meyakinkan bahwa itu bukan milik orang lain, ada baiknya pemiliknya mejeng dulu bersama burung jawaranya……

    Suka

    • potongan video adalah video yang diambil terbaik, misalnya om take rekam durasi 30 menit, dan penampilan burung terbaik mengeluarkan isian di menit ke 15-20, nah om potong/pangkas lagi dari menit ke 15-20, pilih durasi 3 menit yang terbaik, misalnya menit ke 15 sampai menit ke 18.

      Suka

  3. tanya Om Duto, apakah burungnya harus milik sendiri, burungnya harus ada..( artinya burungnya setelah dibikin video klip trus ikut lomba tapi kemudian laku..) mungkin perlu ditambahkan diaturan untuk hal ini..

    Suka

  4. Om usul saya tentang penjurian.
    Sebaiknya di adakan voting dari penonton sebagai tambahan untuk peenilaian juri supaya tidak ada dugaan2 yg macam2.
    Untuk rumusnya terserah saja.misal penilaian juri 70% – 30% voting pengunjung.

    Suka

  5. sorry ni om. satu lagi,
    klo boleh ngasi saran apa lebih enak lomba vidio’y tiap2 kelas aja ,kan lebih bagus itu… dri pada di campur kategorinya seperti yang tercantum pada poin 3 ,Peraturan umum. seperti pada umum’y aja jadi ada kelas masing2 burung yag di lombakan
    .tks

    Suka

Komentar ditutup.