HOT

Sepasang burung nuri kepala hitam itu akhirnya beranak…

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Akhirnya, sepasang burung nuri kepala hitam di kadang penangkaran ala kadarnya di rumah saya, punya keturunan. Si betina bertelur 2 butir dan menetas semuanya. Telur pertama menetas 5 hari lalu, telur kedua 4 hari lalu. Benar-benar masih imut. Tetapi, waduh, si indukan jadi galak-galak yang ditunjukkan sejak si betina bertelur.

Jika Anda menjalankan ibadah puasa, cek Jadwal Imsyakiyah Puasa Ramadhan 2015/1436 H seluruh kota di Indonesia.

Ya, itulah cerita lanjutan dari artikel yang pernah saya tulis berjudul “Sepasang nuri itu semakin ceriwis dan mesra saja“.

Saat itu foto yang saya sertakan antara lain adalah di bawah ini:

Sepasang nuri kepala hitam

Sepasang nuri kepala hitam

Si betina memang menjadi sangat galak. Setiap saya mendekatkan lensa kamera untuk memngambil video atau foto, selalu saja si induk betina menghalang-halangi lensa kamera karena merasa asing dengan benda itu dan tentu juga curiga jangan-jangan membahayakan anak-anaknya. Video dan foto bisa terambil setelah burung digoda-goda dengan tangan dan melupakan sejenak gerak kamera.

Karena indukan menjadi galak itu pula, sampai-sampai yang merawat burung saya di rumah menjadi takut untuk masuk kandang. Sebab si burung langsung nglabrak. Kalau ditepis khawatir burung sakit, kalau dibiarkan tentu saja tubuh robek-robek dicakar dan dipatuki si nuri kepala hitam.

Bertelur dan mengeram di tanah

Meski saya sudah menyediakan glodok (kotak kayu) untuk pasangan nuri ini, tetapi keduanya enggan menempatinya. Sejak saya pasang golodok itu sampai sekarang, saya belum pernah melihat entah si jantan atau betina berada di dalamnya. Oleh karena itu saya pernah khawatir apakah mungkin mereka bakal beranak-pinak kalau masuk glodok saja tidak mau.

Ketika saya memikirkan untuk kemungkinan mengganti glodok, eh saya diberitahu anak kandang bahwa nuri sudah bertelur. Dalam dua hari, bertelur dua butir. Dan saya sudah memutuskan untuk mengganti glodok karena saya tidak yakin si betina mau mengerami telur-telur yang berada di dasar kandang.

Dua anak nuri Irian kepala hitam berada di sarang di dasar kandang

Dua anak nuri Irian kepala hitam berada di sarang di dasar kandang

Anak burung nuri irian kepala hitam

Anak burung nuri irian kepala hitam

Tunggu punya tunggu, si betina kok terlihat sangat rajin mengerami telur. Dan akhirnya saya putuskan membiarkan saja sambil berdoa semoga telur menetas. Eh betul, ternyata beberapa hari lalu kedua telur menetas dan cerita ini pun saya tulis.

Lihat videonya di bawah ini:

Atau bisa dilihat pada tautan youtube ini: http://youtu.be/Dr-C5aw88aI

Kedua burung ini sehari-hari saya beri makan jagung manis, pepaya dan beberapa jenis buah lain. Selama sekitar 10 hari  sebelum menelur dulu, pada pepaya atau buah selalu saya taburi BirdMineral dan disusul dengan pemberian BirdMature serbuk selama 5 hari yang juga saya tabur di buah. Alhamdulillah…. burung menjadi sehat, kawin, bertelur dan menetas. Padahal itu adalah dua telur pertama kedua pasangan itu dan selama ini banyak telur-telur pertama burung muda tidak menetas karena biasanya tidak bisa dibuahi dengan sempurna oleh pejantan.

Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

30 Comments on Sepasang burung nuri kepala hitam itu akhirnya beranak…

  1. sebenarnya ni burung kalo di piara melanggar undang2 gak sich, kok ya banyak beredar

    Suka

  2. siang Om, Ane mau tanya harga anakan nuri kepala hitam berapa ya?

    Suka

  3. Maaf saya mw tanya nih, udh bbrapa wkt ni punya butung nuri alhamdulillah jinak dan gampang bgt diajak interaksi… mah agk bingung sma jns klamisnua, kalo dr ciri yg dsebutin sih 1 jntan 1 btina, sbelumnya pisah kandang dan say coba satiin tp ga sampe 1 hati msh takut brantem maklum nlm tau pdkt mreka ni ky apa, hari nidicoba lg 1 kandng samp bsk kadang akurr kdg ky brantem nih, mw tanya dlu spadanb burung nurinya langsung akur atau kadg ky brantem? Butuh infonya bgt nih.. makasih bgt

    Suka

  4. saya pernah punya nuri kpl htm 2 ekor, karena keteledoran jadi mati. sekarang sy pingn punya lagi. untuk membedakan jantan dan betina gimana ya om? trims banyak om.

    Suka

  5. om ane punya burung srindit, tapi kepalanya ada bintik2 putih itu gimana, obatnya apa ?

    thanks om kicau :)

    Suka

    • redaksiomkicau // 30/03/2013 pukul 19:12 pukul 19:12 //

      Mungkin rebung bulu baru / mau tumbuh bulu baru om.

      Suka

  6. burung nuri saya barusan bertelur…berapa hari mau menetesnya om

    Suka

  7. om2 ada yang mau jual betinanya ndak?, saya ada jantannya udah lama jomblo minta pasangan. klu udah ada tolong diinfo ya. tks.

    Suka

  8. saya ada sepasang, sudah jinak, tapi dari ternate. posisi saya di gorontalo. bingung mau bawanya ke jawa. sebenarnya ngelatih biar jinak dan pinter ngomong gampang koq. sueerrr…….ada makanan dan minuman yg dia suka. hmmm….kasih tau nggaaa yaaah…..

    Suka

  9. Ada yg jual anakan Nuri ga om…

    Suka

  10. om, saya juga punya sepasang…udah nelor dan produksi 1 kali. tapi ni kok macet produksinya kenapa ya? harus dikasih apa? plus, bagi agan2 yang mau nyari nuri irian ane ada 7 ekor…

    Suka

    • Brapaan om??

      Suka

    • masih ada gak gan? saya mau cari jantan nya… email ya adit_ride@yahoo.com

      Suka

    • Salam kenal om, mau tanya ni kalo nuri yg betinanya masih ada ngga om? saya punya yg jantan, berapa harganya, please kabarin ya om, makasih
      email saya : ragilsetiawan76@gmail.com

      Suka

  11. ada info yg punya nuri jantan ngga, saya ada betina yg sedang produktif bertelur kasian ngga ada pejantan umur sdh kurang lebih 15 th

    Suka

    • saya punya, kayaknya jenis kelamin jantan (soalnya udah nanya ke pakar burung di k**k*s), ada fotonya, kalau minat bisa minta ke herja_0202@yahoo.com. saya posisi di jakarta utara dekat itc cempaka mas dan AHM motor.

      Suka

  12. Menurut orang2, Kalo yg jantan badannya agak langsing sedangkan yg betina badannya agak bulat…. menurut om, gimana nih????

    Suka

  13. Pak sy mau beli anakan nuri kepala hitam, apa di jual?

    Suka

    • Aduh jangan ya…

      Suka

  14. manstab, om

    Suka

  15. Benny Benjamin // 09/08/2012 pukul 13:37 pukul 13:37 //

    Yang Jantan yang mana, kiri atau kanan.

    Suka

    • Kiri Om.

      Suka

  16. om, saya punya nuri cow, tapi paruhnya warna agak kemerahan,
    nah saya yakin itu kelamin jantan, tapi masih ragu,
    saya bisa cari burung nuri kepala hitam di mana ya ??
    pengen cari nuri betina, kemarin jln2 di depok gak dapet e

    Suka

    • Saya juga kebetulan saja itu dapat sepasang.

      Suka

      • om klu melatih burung nuri bisa bicara gmana? thnx om

        Suka

    • saya bisa kalu gan minat hub no hp 081287756824

      Suka

    • saya ada om 0856 473 954 90

      Suka

  17. menggiurkae…(dr0ll)

    Suka

  18. Ajib neh om duto….selamat y om atas netas ny 2telur nuri irian kepala hitam ny…semoga bs tumbuh sehat sampai dewasa nt…
    (Y)

    Suka

  19. Mantab boss ini baru…yang namanya pelestarian… dua jempol deh…

    Suka

Komentar ditutup.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 160.221 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: