Suara burung cucak rowo, beda ropel, semi ropel, nglagu, engkel, “isian” dan “rusak”

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Suara burung cucak rowo – Banyak orang salah dalam menilai suara burung cucakrowo/cucakrawa apakah itu bersuara ropel, semi ropel, nglagu atau engkel. Ada yang menyebut suara engkel sebagai semi ropel, bahkan suara burung cucakrowo “rusak” disebut engkel. Juga ada yang menyebut “semi ropel” padahal sebenarnya hanya engkel/nglagu yang dibawakan dalam speed tinggi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Suara burung cucak rowo ropel

Bagaimana suara burung cucakrowo ropel? Sebenarnya sesuai namanya, maka suara burung cucakrowo ropel hampir mirip dengan suara burung dua cucakrowo yang sedang berkicau secara berpasangan (dua ekor). Namun ingat bahwa suara burung berpasangan ini belum tentu dalam artian jantan dan betina. Sebab jantan dan jantan atau betina dan betina bisa bersuara berpasangan, meski tidak sesempurna atau seserasi pasangan jantan dan betina.

suara burung cucak rowo
Calon induk cucakrowo betina umur 7 bulan.

Oleh karena suara burung ropel hampir sama dengan suara dua burung berpasangan dalam berkicau, banyak rekaman suara burung berpasangan yang disebut sebagai suara burung cucakrowo ropel.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Coba sekarang dengarkan dulu suara burung cucakrowo pasangan di bawah ini, yang terdengar saling bersahut serasi:

Mungkin ada yang mengatakan itu adalah suara burung ropel, bukan pasangan. Nah kalau tidak percaya, inilah video penampakan dua burung yang sedang berkicau berpasangan (file aseli dari youtube.com):

Lantas seperti apa suara burung cucakrowo ropel?

Coba dengarkan suara di bawah ini, ini adalah suara burung cucakrowo ropel. Hanya perlu dicatat, suara burung cucakrowo ini sudah saya edit pada bagian suara-suara yang mengganggu/noise:

Kalau Anda yang masih awam membedakan suara burung cucakrowo, mungkin akan mengalami kesulitan membedakan antara suara burung cucakrowo ropel dan suara burung cucakrowo berpasangan.

Yang jelas, inti dari suara ropel adalah terdengarnya suara lain pada saat satu variasi suara belum selesai, sehingga terdengar bersahutan berirama serasi seperti halnya kalau kita mendengarkan lagu dengan audio player mode stereo.

Sementara banyak juga yang menyebut istilah “semi ropel”. Penyebutan suara burung cucakrowo semi ropel sebenarnya adalah salah kaprah. Biasanya, suara burung cucakrowo yang disebut sebagai “semi ropel” itu merujuk pada suara burung cucakrowo engkel atau sekadar nglagu tetapi dibawakan secara rapat/cepat hampir ngerol.

Suara burung cucak rowo ropel rapat dan lambat

Suara burung ropel ada beberapa jenis dibedakan antara lagu dan kecepatannya juga. Untuk suara burung ropel yang sangat rapat, justru sering tidak disukai karena dianggap terlalu berisik atau tidak bisa diikuti iramanya.

Untuk suara burung ropel rapat saya juga belum menemukan file-nya. Ada file seperti itu tetapi dalam bentuk kaset yang saat ini dimiliki Om Samino, Lintang Songo BF Solo. Sayangnya saya belum sempat untuk mengonversikannya dalam bentuk MP3.

Suara burung cucakrowo engkel atau nglagu

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Suara burung cucakrowo engkel atau tunggal adalah suara burung cucakrowo pada umumnya. Untuk lagunya sendiri, ada banyak variasi suara. Sayangnya, macam-macam variasi itu tidak bisa saya tunjukkan di sini saat ini karena beberapa file lama saya entah terselip di mana setelah pada suatu saat lalu komputer saya crash dan saya lupa menyimpan di data back-up banyak file, termasuk file-file suara burung.

Anda bisa mendengarkan salah satu contoh variasi lagu cucakrowo engkel/nglagu di bawah ini:

Suara burung cucak rowo engkel/ nglagu dengan speed relatif rapat (sering disebut “semi ropel”)

Coba dengarkan suara cucakrowo engkel dengan speed rapat di bawah ini yang sering disalah-kaprahkan dengan disebut sebagai suara semi ropel:

Kalau Anda mendengarkan secara seksama suara di atas, maka sangat berbeda dengan suara burung ropel karena tidak ada “penumpukan” suara.

Suara burung cucak rowo rusak

Yang saya maksud dengan suara burung cucakrowo rusak adalah suara burung cucakrowo yang patah-patah tidak berirama/tidak beraturan dan hanya mengeluarkan suara-suara berlagu tunggal tanpa variasi.

Coba dengarkan salah satu contoh suara burung cucakrowo rusak di bawah ini:

Nah, Anda pasti bosan mendengarkan suarau burung cucakrowo di atas. Itulah suara rusak dari burung cucakrowo.

Suara burung cucakrowo “isian”

Agak mirip dengan suara burung cucakrowo rusak di atas, adalah suara burung cucakrowo isian dengan suara-suara aneh bisa suara burung jenis lain, kucing, manusia dan sebagainya yang meskipun tidak sedap didengarkan, namun masih lumayan bagus, minimal ada unsur “lucu”-nya di sini.

Coba dengar suara burung cucakrowo isian di bawah ini yang bahkan seperti burung yang sedang bercakap-cakap seperti manusia, ada suara beonya sementara suara aseli burung cucakrowo-nya “tenggelam”:

Mungkin Anda tidak percaya kalau itu suara burung cucakrowo ya? Silakan lihat videonya di bawah ini (dari youtube.com):

Nah begitu sobat, beberapa referensi tentang apa itu Beda suara burung cucakrowo ropel, semi ropel, nglagu, engkel, “isian” dan “rusak”.

Pada tulisan lain nanti akan saya ceritakan serba sedikit tentang menjaga suara burung cucakrowo agar tidak rusak, dan tulisan lain berkaitan dengan apa benar cucakrowo yang pada dasarnya bersuara engkel bisa dimaster dengan suara ropel agar menjadi ropel dan sebagainya.

Salam.

Anda mau mendownload suara-suara burung di atas? Silakan pencet saja judul bertautan di bawah ini:

Download jenis-jenis suara burung cucakrowo.

=
=
=

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. Om, maksud di tempel terus dengan suara CR yg asli itu gimana om? apa maksudnya diperbolehkan dengan menggunakan alat sonic (memorycard/USB) gitu ya om? mohon di reply ya om, sukses om

  2. Mantap Gan menambh wwasan, ccak rwo ku dah umur 9 bln tp blm mau buyi kalopun bnyi, kayak suara ccak rwo yg rusak gmana cra mgatasi,?

  3. met kenal om duto sy awam masalah cucak rawa, sy ingin pelihara cr cm bingung apa betul kt orang yg bagus cr betina bukan yg jantan?

    • Gak perlu bingung, pilih CR yang sudah gacor saja. bagusnya memang peliara jantan dan betina supaya bisa saut2an.

  4. Om kenapa di topik macam-macam suara cucak rowo ropel itu suaranya (murni) tapi kenapa di topik dengar dan download itu suaranya kok ada suara perkututnya??????
    Apakah boleh saya minta tolong untuk dikirimkan suara cucak rowo ropel seperti yang di topik macam-macam suara cucak rowo ropel (murni) dalam bentuk mp3???????????

    Briyan.

  5. wahhh..mantab neh Ilmu baru dari um dhe…jd bisa disimpulken bahwa nda ada yg namanya Semi Ropel yak…soalnya diRumah ada spasang dan siEmpunya terdahulu bilang SEMI ROPEL..ehheee,sy jd ngerti neh klo ternyata tuh CR Engkel-ngelagu…mantabbb dah Infonya,smoga bisa menambah reff buat yg minat dgn kicauan CR(yg sdh melangka)hehehee..mtrswun!

Komentar ditutup.