Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Kacer ngentrok setelah dicas dengan glatik…

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengecas burung agar stabil saat main di arena lomba. Nah ini ada satu hal unik dan sempat mencuri perhatian kicaumania, khususnya para penggemar kacer saat Lomba Burung Kicau Mania Bersatu di Kompleks Yon 400 Raider Semarang,  16 September 2012. Seorang kicaumania asal Banyumanik Semarang, yang mengaku masih pemula (belakangan di FB, Om Yang Wen Qiang, mengaku itu kacer miliknya) dan akan menggantung kacer yang juga masih dalam level dicoba, mengecas jagoannya dengan seekor glatik, saat mengikuti salah satu kelas kacer pada lomba tersebut.

Cas kacer dengan gelatik

Cas kacer dengan gelatik

Cas kacer dengan gelatik2

Cas kacer dengan gelatik2

Cas kacer dengan gelatik3

Tetap dicas setelah burung digantang

Proses cas dilakukan mulai sejak beberapa sesi sebelum lomba di bawah, hingga saat burung digantung juga masih tetap ditempel dengan glatik.

Saat digantung, terlihat burung kacer memang bereaksi bagus terhadap cas glatik dengan nampil sambil ngentrok dan mengibaskan sayap.

Mungkin Anda pengin mencoba juga?

Untuk melengkapi artikel ini, berikut saya turunkan tanya jawab Om Kicau dengan pemilik baru kacer tersebut (transfer setelah diturunkan di lomba tersebut) di halaman grup Kacer Mania Indonesia di facebook:

Yang Wen Qiang (Dendy Yuwono): Itu kacernya saya beli om hehehe. Habis saya beli banyak yang mau ngasih untung tapi ga saya jual. Burungnya sudah sering juara. Kebiasaannya memang dicas gelatik.

Om Kicau: Hehehe, lha itu gelatik sembarang atau disiapkan khusus? (yang biasa utuk cas?)…

Yang Wen Qiang: Kacer yang dicas gelatik habis saya transaksi saya beli, ada 5 orang yang menanyakan mau dijual kembali ga. Saya diminta buka saja harga berapa Saya bilang nanti saja. Hehehehe.

Memang itu kata pemiliknya memang gandengannya di rumah Om. Dia menemukan cara itu secara tidak sengaja. Ketika dijemur, didekatkan dengan gelatik watu, kacernya semakin ngotot. Dan dia coba ngecas kacernya dengan gelatik ke lomba. Hasilnya beberapa kali juara. Dan kerjanya tambah edan. Tancap roll ngentrok.

Om Kicau: Oh begitu ya Om Dendy…. saya nggak sempat main ke Semarang sih kemarin….

Yang Wen Qiang: Sebelumnya waktu itu di latber Lindu Aji juara 1 hari Jumat. Saya sms-an terus sama pemiliknya, dia ga mau buka harga dan bilang terus ga dijual. Sampai saya suruh coba lombakan ke PBI Semarang. Sesudah itu dari pertama dia datang sampai main kelas kacer yang dia ikuti dia tetep bilang ga buka harga. Selama 3 jam saya ajak ngobrol, sampai akhirnya pas dilombakan dia luluh hatinya bilang ywd saya jual. Barulah dia buka harga.

Tapi ya itu sudah saya bilang ke pemilik sebelumnya dari Jumat kemarin kalau dijual, jual kesaya ya Mas. Dan akhirnya karena sudah janjian sama saya, dia akhirnya melerakan kacernya saya beli.

Meski pada waktu itu banyak yang mengejar juga.

Meski banyak yang bilang harusnya juara 3 besar. Tapi ternyata ga masuk. Akhirnya tetap saya beli. Kerjanya bagus, rool, nembak, tancap, ngentrok, nyeklek seperti tledekan. Mungkin karena gelatik watunya apa gimana bisa jadi Om hehehe.

Om Kicau: Oke deh, kalau begitu saya copas saja keterangan Om Dendy Yuwono (Om Yang Wen Qiang) untuk melengkapi artikelnya ya hehehe.

Yang Wen Qiang: Katanya dia memang gelatiknya merupakan pasangannya om. Juga bisa menjaga birahinya, mencegah mbagong juga. Dendy Yuwono Lindu Aji BC ya Om, yang pernah punya pentet Ancaman hehe. Tulis gitu ya om. Setiap kali lomba selalu dicas katanya. Siap om.

Beberapa model cas

Beragam cara bisa dilakukan untuk menstabilkan performa burung memang. Hanya saja, kadang tidak ada cara yang sama untuk semua burung. Masing-masing tergantung kebiasaan dan pola perawatan burung bersangkutan. Semuanya berdasarkan trial and error (beberapa kali percobaan).

Beberapa artikel tentang cara mengecas burung agar stabil antara lain adalah Super Jack, cucak jenggot jawara yang demen dicas betina ♥ Om Kicau, Cas pleci betina ala Budi Aserehe Madiun dan juga Tips (lain) mengurangi anis merah birahi secara cepat…

Perlu saya tegaskan lagi bahwa tidak semua tips bisa berhasil untuk semua burung. Bisa berhasil, bisa tidak maksimal atau malah sebaibaliknya, burung tidak nampil sama sekali. Jadi, semuanya perlu percoban panjang dan lama sampai Anda benar-benar bisa menemukan setelan yang pas untuk burung Anda.

Salam sukses. (Om Kicau-laporan Waca Jogja)

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

13 Comments »

  1. persis eksperimen sy ” kacer dicas glatik bs menambah gaya tarung bagi si kacer ” tp seumpama sy mau pake sistem itu sy malu nanti dikira ikut2an sesama peserta yg udah tahu

    Suka

  2. Sepertinya betul boss,karna saya juga pnya glatik,Diwaktu bersamaan bunyi,pasti kacer langsung tambah nggacor.. betul yang dibilang didalam artikel di atas,Mungkin hanya karna agak ada kesamaan warna,jadi merasa tersaingi,,hehehehe..
    Tapi yang penting sih Waktu istrhrt Dijaga,seperti manusia,
    Maturnuwun…

    Suka

  3. Proses cas dilakukan mulai sejak beberapa
    sesi sebelum lomba di bawah, hingga saat
    burung digantung juga masih tetap ditempel
    dengan glatik.

    Emg boleh to om, saat d gantang dtempel cas? Mkstnya selesai penjurian apa om?

    Suka

  4. Mantep tenan. Boleh nanya ya om, semua burung cas-nya (kl yg ini gelatik) itu harus burung teman sehari2/masteran trs harus dekat juga sehari2 gitu ya om. makasih & salam

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.088 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: