Suara burung samyong memekakkan telinga: Dengar-download

Sambyong jantan kiri dan betina kanan

Samyong jantan kiri dan betina kanan

Suara burung samyong memang memekakkan  telinga, khususnya kalau kita berada di dekatnya. Saya pernah punya burung yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Bare-throted Whistler (Pachycephala nudigula) dan merupakan burung penyanyi dari keluarga Pachycephalidae dan masuk ke dalam genus Pachycephala ini.

Menurut John Mc Kinnon dkk, burung endemik Indonesia ini berhabitat di Nusa Tenggara. Berukuran sedang, kira-kira 18-19 cm. Burung jantan mempunyai warna bulu hijau zaitun, ekor berwarna gelap, kepala berwarna hitam dan tenggorokan tidak berbulu berwarna merah. Burung betina memiliki warna bulu hijau kekuningan, kepala abu-abu tua dan tenggorokan mempunyai bulu. Burung pengicau asli Indonesia ini menyukai hutan hutan kering dataran rendah dan mencari makanan berupa serangga dicabang-cabang pohon.

Perbedaan jantan dan betina bisa dilihat dari warna kepala legam pada jantan dan abu-abu pada betina, juga pada tenggorokannya, jantan bulu tidak ada, sedangkan tenggorokan betina agak tertutup bulu.

Klik masing-masing gambar untuk melihat tampilan besar.

Suara burung samyong

Berikut ini adalah suara burung samyong, terdiri dari suara burung samyong rumahan, suara burung samyong rumahan 2, suara burung samyong di hutan, suara burung samyong di hutan  2, dan suara yang diupload di xeno-canto.org.

Cek satu-satu ya:

1. Suara burung samyong di hutan 1


2. Suara burung samyong di hutan 2


3. Suara burung samyong rumahan 1


4. Suara burung samyong rumahan 2


5. Suara burung samyong dari xeno-canto.org


Untuk mendownload suara-suara itu, silakan klik gambar di bawah ini:

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

11 pemikiran pada “Suara burung samyong memekakkan telinga: Dengar-download

  1. Salam KM,
    om mmau nanya nih, apakah jenis samyong itu banyak? soalnya samyong saya lehernya berbulu putih, kepala hitam legam, blkang kepala ada kuning dikit, dada depan kuning, sayap sampai ekor hijau zaitun, samyong atau bukan? kalo dari postur sama om. Matur Suwun

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s