Tips memilih ciblek gunung ala Yuli Solo Baru: paruh tebal ekor panjang

Banyak tips memilih burung bakalan bertebaran di blog ini maupun di web lain. Namun khusus untuk pemilihan burung ciblek gunung, ada baiknya Anda mengetahui tips yang diberikan Om Yuli Solo Baru yang pernah memiliki ciblek gunung jawara dan kini juga menangkarkan burung ciblek gunung ini.

Pada prinsipnya, memilih burung ciblek gunung perlu dilakukan dengan cara perbandingan khususnya untuk para kicaumania yang belum paham betul dengan performa umum ciblek gunung. Jika Anda memilih satu atau beberapa burung ciblek gunung dari sekelompok anakan, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan mana yang ekornya lebih panjang ketimbang burung lainnya dan/atau yang paruhnya tebal serta kepala relatif lebih panjang dan besar.

Berapa ukuran pasti besar atau panjang itu? Yah tentu tidak bisa dijawab dengan ukuran pasti karena itulah perlunya perbandingan. Pemilihan burung dengan cara perbandingan ini juga yang perlu kita lakukan ketika kita memilih burung-burung yang tidak ada perbedaan warna atau bentuk yang jelas di antara jantan dan betina (monomorfik).

Tips memilih ciblek gunung bakalan

Pemilihan berdasar perbandingan antara satu burung dengan lainnya

Memilih ciblek gunung bakalan yang berparuh tebal

Memilih ciblek gunung bakalan yang berparuh tebal

Pilih ekor panjang untuk ciblek gunung bakalan

Pilih ekor panjang untuk ciblek gunung bakalan

Nah kalau Anda bisa memilih burung ciblek gunung secara tepat sebagaimana disampaikan Om Yuli (Julianto) yang bersama Om Dwi Lovebird Jogja juga merawat-menangkar burung lovebird fenomenal Golden Boy ini, maka jangan lupa dimaster dengan suara-suara masteran yang tajam dan ngerol rapat panjang. Jika Anda sukses, tidak tertutup kemungkinan burung Anda akan punya tampilan seperti di bawah ini:

Siapa yang punya ciblek gunung yang videonya Anda lihat itu? Silakan cek artikel burung ciblek gunung ngedan.

Oke? Salam sukses untuk Anda semua.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

25 pemikiran pada “Tips memilih ciblek gunung ala Yuli Solo Baru: paruh tebal ekor panjang

  1. salam om, mau numpang tanya, sy pny ciblek gunung badannya kecil, paruh atas coklat, paruh bawah agak kuning, warnanya cerah. kata yang jual dulu, burungnya masih bayi.
    apa bener yg dibilang sang penjual ya om?
    atau mungkin malah betina? mohon jawabannya om.
    sama mohon artikel tentang ternak ciblek gunung.
    trimakasih sblumnya.

  2. om kalo ciblek gunung jantan itu sering mainkan ekornya ya om sambil bunyi cek..cek.. kayak murai batu apkah yg betina juga ya om makasi

      • jadi warna paruh g bisa dijadikan patokan menentukan jenis kelamin ciblek gunung ya om??baek jantan maupun betina warna paruh jg hitam bila
        cukup umur ya om?cara paling mudah menentukan jenis kelamin ciblek gunung diliat dari apa’a om??

  3. kulo nuwun Om,mohon bantuanya.perbedaan ciblek gunung jantan sama betina gimana ya?saya pengen beli ni,tapi takut kalo salah plh dan dapat yang betina.atao temen2 ada yang tau kasih tau saya dong.
    Trima ksh

  4. om duto yg baik hati sy mau tanya karna penasaran nih.Bgini om…,sy punya ciblek semi rongga paruh sdh hitam tp knapa ya blm terdengar ngebrennya,apakah suara ngebren itu bawaan/aspek pemasteran?,trus umur brapa kira2 ciblek itu bisa ngebren?…mohon dijwb ya om,trima ksh.

  5. Salam kicau mania.. salam sukses buat om duto , sekali2 dibeberkan doong om , perawatan dan setelan harian burung ciblek . . . Dr mulai sangkar , full kerodong atau tidak , pakan Extra , dan yg lain2nya , sampai burung itu full gacor owor2 …. :D hehehe
    Thanks om..

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s