Tips pemberian makanan anak lovebird (5): Spet berselang untuk umur 7-28 hari

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Handfeeding anakan lovebird menggunakan spet dengan karet angin merupakan metode yang paling banyak digunakan breeder di Indonesia. Dalam metode ini, proses pelolohan menggunakan alat bantu spet (spuit) yang bisa dibeli di toko unggas maupun toko kimia. Pilihlah spuit yang berukuran kecil (volume 50 ml atau 100 ml).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cabut jarumnya dari ujung spet, kemudian diganti dengan karet angin. Karet angin merupakan istilah yang kerap digunakan para penangkar burung. Adapun peternak ayam menyebutnya sebagai selang plastik berdiameter kecil. Diameternya harus pas dengan ujung spet. Jika terpaksa, boleh lebih sempit tapi tidak boleh lebih longgar dari ujung spet. Jika lebih sempit, kita bisa memodifikasinya dengan jalan memanaskan ujung selang, sampai akhirnya benar-benar masuk ke ujung spet.

Spet berselang untuk handfeeding
Spet berselang untuk handfeeding

Handfeeding menggunakan spet dengan selang lebih dianjurkan untuk anakan lovebird yang berumur 7-28 hari. Sebab ujung saluran pencernaannya, yaitu kerongkongan, masih sangat kecil. Jika sudah berumur 4 minggu lebih, selang sudah tidak diperlukan lagi dan boleh dilepas.

Pelaksanaan Handfeeding

Volume makanan yang diisikan pada spuit dibatasi sampai 50 cc saja. Masukkan spet ke paruh dengan agak ditekan dan harus cepat, agar piyik lovebird dapat segera menelan sesuai dengan refleks alaminya. Untuk menjaga agar makanan masuk secara efektif, spet dimasukkan dari sisi kiri paruh dan segera digeser ke kanan saat memulai penekanan spet ke kerongkongan.

Hati-hati saat melakukan penekanan spet. Penekanan secara berlebihan dapat menyebabkan piyik tersedak. Namun jika terlalu lamban, terkadang anakan terlihat agresif (seperti marah), sehingga dapat menyebabkan cairan tumpah. Kata kuncinya adalah terus mencoba dan mencoba, sampai Anda benar-benar lihai menjalankan metode handfeeding ini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selesai memberi makanan, spet harus selalu dicuci dengan air bersih, bahkan kalau perlu didesinfaktan agar selalu terbebas dari hama.

Bagaimana detail cara meloloh anakan lovebird menggunakan spet dengan karet angin, silakan lihat video tutorial berikut ini:

Handfeeding Menggunakan Selang

Ayo, terus semangat dalam menangkar lovebird. (Ir. Dudung Abdul Muslim Artikel V dari 6 Artikel Bersambung)

Apa itu Nutri-love Hand-Feeding Formula Plus? Klik di sini
Makanan instan untuk anak lovebird tidak pakai repot…

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.