Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

6 Komponen makanan menyehatkan untuk burung paruh bengkok

Burung dari keluarga parrot (paruh bengkok) memiliki ukuran tubuh yang beragam, tergantung dari spesiesnya. Sebagian besar memiliki pola makan yang sama, meski ada beberapa bagian yang beda. Artikel ini membahas enam komponen makanan yang menyehatkan burung parrot. Satu komponen sebenarnya bukanlah makanan, yaitu air bersih, namun tetap dikelompokkan sebagai komponen makanan.

Masalah pakan pada burung parrot memang harus mendapat perhatian, karena sebagian besar burung berparuh bengkok memiliki temperamen tinggi (mudah marah) ketika menghadapi sesuatu yang kurang menyenangkan, termasuk masalah pakan.

1. Air Bersih

parrot-airbersih

Air bersih, mutlak untuk burung parrot Anda

Untuk memastikan kebersihan air minum, usahakan selalu mengganti wadah minum setiap hari. Boleh juga menggunakan wadah yang sama, tetapi harus dibersihkan setiap kali mau mengganti air minum yang baru.

Burung parrot senang mengacak-acak benda yang ada di dekatnya, tidak terkecuali air minum yang ada dalam wadah. Bahkan, beberapa parrot senang merendam biji-bijian atau sayuran yang ada di paruh ke dalam air, sehingga membuat air cepat sekali kotor.  Bukan hanya kotor, potensi bakteri masuk ke dalam air pun sangat besar, sehingga berbahaya bagi kesehatan burung.

Kebersihan wadah air sama pentingnya dengan kebersihan air itu sendiri. Meski Anda rutin mengganti air minum ke dalam wadah, tetapi menjadi percuma jika wadah tak pernah diganti atau setidaknya dicuci.

Untuk mencuci wadah minum, sebaiknya diawali dengan air panas untuk melepas semua kotoran yang menempel di permukaan wadah. Lebih baik lagi jika menggunakan sabun tanpa deterjen. Setelah itu, kembali dibilas dengan air panas, kalau perlu menggunakan desinfektan (obat penyapu hama), dan biarkan wadah hingga kering. Untuk mempercepat pengeringan, Anda bisa menggunakan hairdryer.

Air minum yang diberikan bisa bersumber dari sumur maupun PDAM, tetapi sebaiknya dimasak dulu untuk membunuh bakteri-bakteri yang berbahaya. Lebih baik lagi jika menggunakan air galon isi ulang yang banyak dijumpai di sekitar Anda.

2. Buah dan Sayuran Segar

Buah untuk burung paruh bengkok

Pilihlah buah yang bergizi untuk burung paruh bengkok Anda

Makanan segar harus tersaji setiap hari, karena ini merupakan menu penting yang harus diberikan kepada parrot. Tidak ada bahan makanan yang bisa menjamin keseimbangan nutrisi seperti sayuran. Buah-buahan juga bagus, tetapi beberapa buah memiliki kadar gula sangat tinggi dengan nilai gizi yang rendah, sehingga Anda harus selektif dalam memilih buah. Misalnya anggur. Buah ini sangat disukai burung parrot, dan lebih sedikit nilai perihal gizi. Contohnya buah anggur yang sangat manis dan disukai sebagian besar burung parrot. Tetapi anggur kurang bermanfaat dalam memelihara kesehatan parrot dibandingkan dengan buah-buahan yang lain.

Sayuran yang baik untuk parrot antara lain sayuran hijau (kacang hijau, brokoli, dll), sayuran dengan warna daun hijau gelap (lobak), dan sayuran berwarna oranye ( wortel, kentang, ubi jalar). Makanan ini perlu disediakan setiap hari.

Sebagai selingan, atau tambahan, Anda bisa memberikan satu atau dua jenis sayuran lain atau buah-buahan. Misalnya jagung dan kacang polong. Namun karena kadar gulanya tinggi, pemberiannya tidak boleh terlalu sering.

3. Pellet

Makanan burung dalam bentuk pellet untuk paruh bengkok

Makanan burung dalam bentuk pellet untuk paruh bengkok memudahkan penyiapan pakan

Mengingat tidak semua burung parrot mempunyai selera yang sama, maka pemberian pellet juga bisa dilakukan untuk memastikan kecukupan gizi. Jika burung tidak menyukai sayuran, Anda bisa memberi pellet sebagai penggantinya. Beberapa parrot sangat menyukai pellet sebagai pengganti makanan segar.

Pellet sebaiknya tidak berwarna, karena pewarnaan biasanya mengandung bahan kimia, bahkan gula. Meski parrot lebih menyukai makanan yang berwarna, kita bisa melatihnya untuk mengkonsumsi pellet yang berwarna natural (coklat muda hingga coklat tua).

4. Bubur spesial

Burung paruh bengkok kasdang perlu makanan dalam bentuk bubur

Burung paruh bengkok kasdang perlu makanan dalam bentuk bubur

Anda juga bisa membuat bubur spesial untuk parrot, yang terdiri atas gandum, sayuran (dicincang), serta beras merah, jewawut, dan millet yang sudah dimasak. Selain bergizi, bubur special ini disukai semua burung parrot, apalagi disajikan dalam bentuk hangat.

Di mancanegara, bubur spesial ini dijual dalam bentuk instan. Misalnya, bubur instan khusus parrot yang mengandung 16 jenis sayuran. Apakah di Indonesia sudah ada? Kalau belum ada, semoga kelak ada pengusaha yang memproduksinya.

Hanya saja, makanan seperti ini tidak perlu diberikan setiap hari. Mungkin cukup dua kali dalam seminggu, untuk memberikan variasi makanan kepada burung parrot.

5. Campuran Biji-bijian

Bijian untuk burung paruh bengkok

Bijian untuk burung paruh bengkok

Biji-bijian tidak selalu menjadi makanan utama burung parrot. Sebagian besar burung berukuran besar hanya menerimanya sebagai makanan selingan. Bahkan jika burung parrot sudah lama tidak mengkonsumsi biji-bijian, sebaiknya jangan pernah diberikan. Sebagian besar burung kecil, yang secara alami sering mengkonsumsi biji, sebaiknya tetap diberikan biji-bijian.

6. Snak Sehat

Snak untuk burung paruh bengkok - bahan bakunya sama dengan bubur spesial

Snak untuk burung paruh bengkok – bahan bakunya sama dengan bubur spesial

Snak untuk burung parrot mungkin belum dijumpai di Indonesia. Atau, Anda ingin mencoba membuatnya di rumah? Bahan bakunya sama dengan bubur spesial, tetapi diproses menggunakan oven sehingga berbentuk roti atau snak.

Catatan akhir: Untuk memastikan kesehatan burung paruh bengkok, pastikan kecukupan vitamin dan mineral.

Jika Anda ragu apakah selama ini Anda sudah cukup menyediakan makanan bervitamin dan mineral dengan komposisi pas dan seimbang untuk burung, gunakan produk multivitamin dan mineral seperti BirdVit dan BirdMineral.

BirdVit adalah multivitamin dan multimineral dalam bentuk powder/ tepung khusus untuk burung. Selain untuk pengobatan berbagai penyakit karena disefisiensi fungsi organ, juga MENJAGA KESEHATAN BURUNG AGAR SELALU PRIMA.

Kandungan utama BirdVit adalah vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate; Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Sedangkan BirdMineral berguna untuk mencegah dan mengatasi rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal), paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), anak burung menetas cacat, urat keting (tendo), terlepas sendinya, tercerai (luxatio); paruh meleset, kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran tidak segera bertelur, telur tidak berisi, produktivitas rendah, daya tetas rendah, serta banyak terjadi kematian embrio.

BirdMineral (BMN) berisi multi mineral dalam bentuk serbuk/ tepung, antara lain Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin, Kalium, Vit B12, Vit D3.

Semoga bermanfaat ! (Dudung Abdul Muslim – Sumber: birdtricks.com plus referensi lain).

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

1 Komentar »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.088 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: