Sediakan potongan kayu: Rahasia tampil stabil burung lovebird Rofiq raih gelar juara

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ingin lovebird Anda bisa tampil stabil? Cobalah tips sederhana yang dilakukan oleh Rofiq dari Magelang. Rofiq yang datang ke Sumpah Pemuda Cup Krajan, Godean, Yogyakarta 14 Oktober 2012, membawa dua ekor jagoan lovebird, yaitu Badik dan Tuan Muda. Meskipun peserta cukup banyak dan bagus-bagus, kedua jagoan itu ternyata masuk juara semua. Badik juara 2 di kelas Putra Krajan, sementara Tuan Muda juara 1 di kelas Putra Istimewa.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Setelah ditelisik lebih jauh, prestasi keduanya ternyata sudah berderet-deret, pertanda penampilan yang oke dan sangat stabil. Ini dia sebagian catatan yang berhasil dirunut: 29 Januari juara 1 di Kutoarjo, 5 Februari juara 1 di Minggu Wage Magelang, 24 Maret Juara 1 di Parakan, 24 Mei juara 1 di Minggu Wage Magelang, 3 Juni juara 1 dua kali di Gombong Fiesta, 10 Juni juara 2 di Wonosobo Fiesta, 24 Juni Juara 1 di Minggu Wage Magelang, 29 Juli Juara 1 di Ramadhan Magelang, 10 Agustus juara 6 di XT Square Jogja, 16 September Juara 2 di Purbalingga, 30 September Juara 2 di Nglaras Swara Taman Kuliner Jogja.

kayu kendali birahikayu sebagai pereda birahi burung lovebird

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Ada yang menarik pada kedua sangkar milik Badik dan Tuan Muda, yaitu di dekat pangkringan ada potongan pendek kayu sengon atau albasia. Potongan dari papan kayu sengon yang memang tidak keras itu sudah tidak utuh lagi, sebagian sudah tampak bekas gigitan lovebird.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Apa tujuan dikasih potongan kayu itu, apakah untuk pengalihan supaya tidak menggigit pangkringan, atau semacam menjadi asinan?

ROFIQ MAGELANG -JUARA 1&2 LOVEBIRD
ROFIQ MAGELANG

Menurut Rofiq, potongan dari papan kayu sengon itu dimaksudkan untuk mengurangi atau mengendalikan birahi. Kalau birahi berlebih, lovebird akan menggigit-gigit potongan kayu itu. “Itu alamiah, di kandang breeding, seringkali lovebird juga menggigit-gigit papan gelodok, bila terbuat dari bahan yang lembek seperti papan sengon atau albasia.”

Untuk perawatan detil yang lain adalah sebagai berikut. Tiap hari dijemur mulai jam 8 sampai jam 11. Makanan harian hanya diberi milet putih saja. Mandi dua hari sekali, mandi sendiri di cepuk. Agak unik, sebab Badik dan Tuan Muda hanya mau mandi kalau cepuknya warna merah. Pembeda dengan Tuan Muda hanya pada cara mandinya, kadang mau di cepuk, kadang mesti disemprot.

Kalau mau lomba, dari Kamis sudah harus dikarantina, Jumat mandi, setelah mandi diberi jagung dan milet, kemudian jemur sampai jam 11. Hari Minggu, pagi harus mandi lagi.

Kedua jagoan itu disebutkan masih belia, umurnya baru sekitar 9 bulan, dengan lagu isian SUARA KENARI saat nembak. (Waca – Jogja)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

5 Comments

Komentar ditutup.