Tentang iklan-iklan ini

Manfaat gula merah untuk burung

Gula merah, baik terbuat dari kelapa maupun aren, ternyata sangat bagus untuk mencegah burung dari kemungkinan terserang penyakit. Anda bisa memberikannya kepada burung sebanyak dua kali dalam seminggu, dengan cara melarutkannya dalam air hangat.

Manfaat Gula Merah untuk Burung

GULA MERAH

Gula merah sebenarnya merupakan pakan olahan yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Konsumsi gula merah bisa memperkuat faktor antipatogenik (FAP) atau faktor pertahanan tubuh.

FAP merupakan lawan dari faktor patogenik (FP), atau faktor-faktor yang dapat menyebabkan burung sakit atau terjangkit penyakit. Jika FAP kalah atau tidak mampu menghadapi FP, maka burung dikatakan sakit atau mengalami penyakit. Sebaliknya, jika FAP bisa mengalahkan FP, maka burung dalam keadaan sehat.

Untuk mencegah burung agar tidak sakit atau terserang penyakit, pemelihara atau penangkar harus memperkuat FAP. Salah satunya melalui pemberian larutan gula merah. Jadi gula merah itu bukan obat untuk menyembuhkan penyakit, melainkan upaya mencegah penyakit.

Tentu upaya ini saja tidak cukup, karena FAP merupakan akumulasi dari berbagai faktor. Demikian pula FP yang merupakan gabungan dari berbagai faktor. Jadi, ketika faktor-faktor yang berhimpun dalam FP lebih banyak, tentunya FAP akan kalah sehingga burung pun jatuh sakit.

Itu sebabnya, upaya lain untuk mencegah burung agar tidak sakit tetap harus dilakukan, antara lain memberikan pakan seimbang, air minum yang bersih, dan manajemen lingkungan yang baik. Program vaksinasi juga bisa memperkuat FAP. Sayangnya, hal ini kurang memasyarakat di kalangan kicau mania, tetapi sudah popular di kalangan peternak ayam.

Suplemen untuk memperkuat FAP

Di pasaran banyak dijual aneka suplemen yang mampu memperkuat FAP, sehingga bisa memperkecil kemungkinan burung terserang penyakit. Beberapa suplemen yang kerap direkomendasikan penggemar burung di Indonesia antara lain.

1.  BirdVit

Kandungan BirdVit terdiri atas multivitamin dan multimineral dalam bentuk powder / tepung khusus burung. Vitamin utama meliputi A, B1, B2, B3 (nicotinamide), B6, B12, D3, E, dan K3. Ada juga zat esensial seperti DL Methionine, L-Lysine HCl, folic acid (asam folat) yang termasuk salah satu bentuk dari vitamin B, dan Ca-D Pantothenate.

Sedangkan mineral utama terdiri atas potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate, dan cobalt sulfate.

Dengan komposisi seperti ini, BirdVit memang bisa diandalkan sebagai suplemen untuk perawatan harian burung agar selalu sehat. Tetapi, melihat komposisi itu pula, bisa dipahami jika BirdVit juga dapat mengobati berbagai penyakit karena disefisiensi fungsi organ. Misalnya burung terlihat pucat, kurang gairah (nyekukukruk), malas berkicau, kurang power, mental drop, dan sebagainya.

2.  BirdFine

Sesuai dengan namanya, BirdFine dirancang untuk memastikan atau menjadikan burung selalu dalam keadaan sehat. Kandungan utamanya antara lain vitamin B12, multivitamin, multimineral, dan asam amino esensial.

Meski tujuan utamanya mengatasi berbagai permasalahan burung, sejatinya BirdFine bisa digunakan untuk menjaga kondisi burung agar tetap fit. Adapun permasalahan burung yang bisa diatasi dengan pemberian BirdFine antara lain tidak pernah bisa fit, tubuh kurus karena anemia, kurus kekurangan gizi atau sehabis mabung, atau burung yang baru saja sembuh dari sakit.

3.  BirdShout

BirdShout/BST terdiri atas multivitamin dan multimineral cair, dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang. Kedua komponen ini menjadi faktor penguat FAP sehingga burung memiliki daya tahan yang jauh lebih baik, sehingga potensi terserang penyakit menjadi turun drastis.

Perubahan musim seringkali menyebabkan burung (juga unggas lain seperti ayam dan puyuh) mudah sakit dan stres. Dengan adanya faktor penguat FAP, potensi sakit bisa diturunkan pada level terendah.

Melihat komposisinya, BirdShout juga mengandung bahan aktif yang diracik khusus untuk membuat burung fit dan mau berkicau serta menstabilkan performa burung. Jadi, Anda akan mendapat dua manfaat sekaligus: burung menjadi gacor dan relatif tahan terhadap penyakit.

Sekali lagi, pemberian gula merah secara berkala bisa memperkuat FAP sehingga bisa “mengalahkan” FP. Tapi mengingat faktor pembentuk FAP dan FP cukup banyak, dianjurkan tetap menggunakan suplemen untuk memastikan burung selalu dalam kondisi fit dan sehat.
Salam dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

2 responses

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155.808 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: