Sangkar gantung untuk penangkaran burung

Beberapa penangkar yang memiliki lahan luas tentu bisa dengan leluasa menentukan model kandang penangkaran yang akan dibangun. Tetapi bagaimana jika lahan tersisa di rumah kita terlalu sempit, dan tidak memungkinkan untuk membangun kandang penangkaran? Apakah usaha kita ingin mencoba berternak burung harus berhenti sampai disini? Jangan menyerah, Om.  Masih ada alternatif lain yang cukup banyak dilakukan beberapa penangkar berskala kecil, yaitu menggunakan sangkar gantung.

Metode ini kerap digunakan para penangkar burung dengan skala usaha kecil, yang kesulitan mencari lahan untuk membangun kandang ideal. Dari penangkar inilah kita bisa melihat beberapa contoh sangkar gantung untuk penangkaran, yang mungkin bisa menjadi alternatif untuk mewujudkan impian Anda sebagai penangkar burung.

Kandang adalah rumah bagi burung. Ada rumah besar, dan ada pula rumah kecil. Penghuni rumah besar terkadang bisa bahagia, tapi terkadang malah sebaliknya. Demikian pula dengan rumah kecil, bisa bahagia dan bisa juga tidak.

Yang terpenting bagaimana kita sebagai penangkar bisa memberikan apa yang dibutuhkan burung selaku penghuni. Misalnya pakan berkualitas, perawatan rutin, juga kasih sayang. Banyak kok, penangkar kecil yang mampu menghasilkan burung berkualitas.

Bagian terpenting dari penangkaran dengan menggunakan sarang gantung adalah kedua induk yang akan diternak harus dalam kondisi sudah jodoh terlebih dahulu. Usahakan pula agar kedua induk dalam keadaan sudah jinak, untuk memudahkan penanganannya.

Berikut ini gambar mengenai beberapa cara penangkaran burung dengan model sangkar gantung. Anda bisa memodifikasikannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Sangkar gantung untuk penangkaran cucak hijau

Penjodohan Cucak Hijau

SANGKAR BETINA DAN JANTAN SALING MERAPAT

  • Proses penjodohan cucak hijau diawali dengan mendekatkan sangkar induk jantan dan betina, sehingga posisinya saling merapat atau menempel. Biarkan kedua burung berbeda jenis kelamin ini berasyik-masuk, indehoy, saling merayu.
  • Jika kedua induk sudah berjodoh, pindahkan cucak hijau jantan ke dalam sangkar induk betina yang sudah disediakan tempat untuk bersarang.

Sangkar gantung untuk penangkaran murai batu

Sangkar Gantung Murai Batu

SANGKAR PENANGKARAN MURAI BATU

  • Proses penjodohan hampir sama dengan cucak hijau.
  • Setelah berjodoh, kedua induk murai batu disatukan dalam sangkar ukuran besar.
  • Pada jeruji sangkar bagian atas bisa ditempelkan kotak sarang yang terbuat dari kardus.
Model Lain Sangkar Murai Batu

MODEL LAIN SANGKAR PENANGKARAN MB

Sangkar Gantung Murai Batu

MODEL KOTAK SARANG DI LUAR SANGKAR

Sangkar gantung untuk penangkaran branjangan

Semoga bisa menginspirasi Anda yang ingin menjadi penangkar burung dengan lahan terbatas.

Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

8 pemikiran pada “Sangkar gantung untuk penangkaran burung

  1. 1. Om kalo ternak kacer di sangkar gantung bentuk kotak bisa ukuranya kira2 seperti kandang cucak rawa? 2. sarangnya itu apa harus pake yg kotakan/ terbuka? 3. Saya iseng coba masukkan KC poci jantan dan KC betina hitam ke kandang tapi gk tengkar cuma yg betina kalo dideketin jantan mulutnya membuka itu kenapa? Apa kalo dijadikan satu tidak apa ? TRIMS OM KICAU

  2. Mantap artikelnya om,semoga menjadi inspirasi buat teman2 kicaumania yg punya lahan sempit, sangat bermanfaat…top abisss..salm kicau mania.

    • kalau cuma 1 pasang pakai sangkar ternak yang biasa untuk ternak lovebird saja, kalau beberapa pasang bisa pakai kandang koloni ukuran disesuaikan jumlah indukan.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s