Rawatan harian ciblek gunung

Ciblek gunung (cigun) seringkali mendominasi kelas ciblek di berbagai lomba. Selama ini, yang banyak diburu cigun mania adalah burung asal Tasik (Jawa Barat). Suaranya oke, mentalnya pun bagus. Tetapi semua itu tergantung perawatan dan karakter burungnya.

Selain dari Tasik, cigun asal Trawas (Jawa Timur juga) punya penggemar tersendiri. Bagaimana cara membedakan jantan dan betina cigun? Secara umum, jantan memiliki tubuh yang tegap, kepala besar, dan terkadang ada beberapa helai bulu halus (seperti rambut) yang menjadi ciri khususnya.

Ekor ciblek gunung jantan juga panjang. Pada burung muda, paruhnya memiliki semburat hitam. Tapi jika sudah dewasa, warna paruh berubah gelap. Warna bulu cokelat tua dan suara ngerol, diselingi tembakan

Adapun tubuh betina lebih kecil daripada burung jantan. Warna bulunya pun cenderung lebih terang. Paruh bawah berwarna putih, ekor pendek, dan suaranya terbatas.

Ciblek Gunung

CIBLEK GUNUNG (CIGUN) ASAL TASIK PALING BANYAK DICARI

Perawatan harian standar untuk ciblek gunung

  • Jangkrik kecil 5 ekor pagi dan sore.
  • Kroto segar 2 sendok teh, diberikan pada pagi hari.
  • Voer yang lembut
  • Mandi setiap pagi dan sore.
  • Penjemuran selama 2 – 3 jam, bisa dimulai dari jam 7.00 s/d 10.00.

Perawatan saat ciblek gunung ngedrop

  • Untuk sementara waktu, burung diisolasi dari burung lain yang gacor.
  • Dikerodong dulu, kemudian sangkar digantang di tempat yang sejuk dan tenang.
  • Pada waktu inilah saat yang tepat untuk men-charge dengan burung betina.
  • Porsi ekstra fooding seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong, dan ulat kandang ditambah, sampai burung rajin berbunyi kembali.

Kalau ingin melihat video ciblek gunung, sekaligus ingin mendownload suaranya, Anda bisa berkunjung KE SINI.

 

Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

24 pemikiran pada “Rawatan harian ciblek gunung

    • sambil terapi mabung juga bisa sambil dijinakin perlahan om, kalau pas seang ngurak di full kerodong saja dulu biar tenang burungnya, sambil dikerodong coba kasih ulat/jangkrik kecil pake tangan kita.

  1. om mau tanya nih, saya baru beli ciblek bakalan tp blm makan voer jd baru saya kasih UH n jangkrik.. nak kok kemarin saya liat kotorannya kok berwarna merah gitu, apa cibleknya ada masalah ya???
    mudahan ada solusinya om. . . mkasih

    • Sendirikan dan perdengarkan suara gemericik air yg bisa om donlod langsung di omkicau, pakan tambahkan porsi ef dan jangan lupa tambahkan multivitamin supaya burung gacor lagi.

  2. Sya mu tanya om,sya punya cigun 2,udh gacoor tpi bulu ekor nyaa knapa patah mulu ya,padahal sering di mandiin..kbetulan sya orng Tasik..
    Tolong penjelasan’a Om…trimakasih..??

  3. digambar ini bukannya ciblek dada kuning, ato cuma figuran saja picnya? Setau saya bedain sexing cigun sangat gampang alis mata untuk betina berwarna putih, jantan polos g ada putihnya

  4. salam kicau…
    saya punya cigun om tapi umur sekitar 3/4 bln lg tumbuh bulu baru,apa perawatan yang om kasih bisa diaplikasiin ke cigun saya yg sedang mabung??seperti di jemur dan di mandiin pagi sore??
    terimakasih…

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s