Menangkar gould amadin dalam sangkar

Gould amadin dikenal sebagai burung pipit tercantik di dunia. Penggemarnya bukan hanya pria, tetapi juga kaum hawa. Usaha penangkaran gould amadin memiliki prospek cerah, apalagi nilai jualnya tinggi. Anda pun bisa menangkarkannya, hanya menggunakan sangkar biasa.

Sangkar Gould Amadin

SANGKAR PENANGKARAN GOULD AMADIN

Menangkar gould amadin (Chloebia gouldiae) menggunakan sangkar sangat cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan. Cara inilah yang diterapkan M Jamal yang menangkar gould amadin di rumahnya, Desa Sido Gemah RT 2/RW I Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak (Jalan Raya Semarang – Demak Km 9).

Sebenarnya Jamal juga memelihara gould amadin dalam kandang soliter (satu kandang untuk satu pasangan) di samping rumahnya. Karena kewalahan memenuhi permintaan pasar, ia pun menambah indukan. Ketiadaan tempat membuatnya harus memilih sangkar sebagai kandang tambahan.

Sangkar yang digunakannya berukuran 40 cm x 40 cm, tinggi 60 cm.  Di dalam sangkar, bagian atas, terdapat kotak sarang ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm. Kotak sarang bisa dibuat dari bahan tripleks atau papan. Bagian depannya diberi lubang pintu untuk keluar-masuk burung. Adapun pada kedua sisinya diberi lubang kecil (3-4) untuk sirkulasi udara.

Kotak Sarang Gould Amadin

BEBERAPA MODEL KOTAK SARANG

Selain untuk tempat bertelur, kotak sarang juga berfungsi sebagai tempat bercumbu bagi induk jantan dan betina. Bagian dasar kotak tersebut diisi dengan rerumputan kering, atau serutan kayu yang sudah disterilkan, sehingga induk maupun anak-anak yang baru menetas terbebas dari hama penyakit.

Jangan lupa sediakan tangkringan di dalam sangkar, yang merupakan kebutuhan dasar bagi kebanyakan burung. Karena di alam bebas, burung ini sering berjingkrak-jingkrak di atas ranting, atau terbang dari ranting ke ranting.

Untuk proses penjodohan, perawatan, pemberian pakan, dan sebagainya, silakan mampir ke halaman gould amadin.

Model kandang lainnya

Selain penangkaran model sangkar, Anda juga bisa menangkar gould amadin menggunakan kandang soliter dan kandang ombyokan. Kandang soliter sudah dijelaskan di halaman gould amadin. Artikel ini sekadar memberikan alternatif ukuran, sebagaimana dilakukan Jamal di samping rumahnya.

Jamal membuat kandang soliter dengan panjang 120 cm, lebar 60 cm, tinggi 90 cm. Kandang disekat menjadi tiga bagian, sehingga setiap bagian memiliki panjang 40 cm dan digunakan untuk menampung sepasang induk.

Tentu saja ukuran kandang tersebut bisa dimodifikasi, disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Jika ingin membuat dua bagian saja, panjang kandang diubah menjadi 80 cm. Jika ingin membuat empat bagian, panjang kandang bisa ditingkatkan menjadi 160 cm.

Setiap bagian kandang dilengkapi dengan kotak sarang, dengan ukuran sama seperti kotak sarang pada sangkar. Sediakan pula tenggeran yang terbuat dari ranting yang sudah dikeringkan.

Untuk menghemat lahan, kandang bisa disusun bertingkat, berjejer, atau saling membelakangi. Dengan cara seperti ini, delapan kandang (24 pasangan induk) hanya membutuhkan lahan seluas 240 cm x 120 cm, dengan posisi dua berjajar, bersusun dua, dan saling membelakangi. Irit kan?

Adapun model kandang ombyokan (koloni / aviary) bisa dibangun dengan ukuran 6 m x 6 m dan tinggi 2 m. Kandang ini bisa digunakan untuk menampung 30 pasangan induk sekaligus. Perawatan burung jadi lebih praktis, tetapi model ini hanya bisa diterapkan jika kita memiliki lahan cukup luas.

Proses penjodohan berjalan alami, di mana masing-masing burung memilih sendiri pasangan yang disukainya. Sediakan kotak sarang dan ranting pohon di dalam kandang ombyokan.

Silakan mau memilih model kandang yang diinginkan, dan disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada di sekitar rumah. Semoga bermanfaat.

Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 5 comments

  1. ipik

    saya tertarik dengan gold amadin ini dan berminat menangkarnya. beli indukannya dimana? tlg juga kasih tahu no telp./hp nya Bp M.Jamal dari Demak.terima kasih.

    1. Dudung Abdul Muslim

      Maaf Om, kalau no telp dulu pernah punya, tapi ketlingsut entah kemana. Kalau mukim dekat Semarang, langsung saja ke sana sesuai alamatnya. Beliau kebetulan juga guru SDN di Sayung. Di kaskus dan toko bagus banyak yang jual.

  2. abdullah/dola

    Saya pingin menangkarkanya burung golden amadin, tapi diamana saya bisa dapat indukannya. Saya tinggal di surabaya. Kalau boleh tau no telp pak jamal atau penangkaran lain yang jual indukan please kasih info saya ya… Ini no saya 081331127420, o85851853233. Please infonya. Thanks before

Komentar ditutup.