Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Jadi master chef untuk burung kenari

Selama ini kita hanya mengenal makanan tambahan komersial untuk burung kenari dan finch, misalnya remah roti yang banyak dijual di pasaran. Atau kalau yang berkualitas prima dengan sejumlah tambahan asupan ATP, multivitamin lengkap yang berguna untuk burung kenari siap lomba ada BirdFood produk Om Kicau. Nah bagaimana dengan pakan kenari standar harian dan kita sendiri sebagai master chef atau kokinya? Mau mencoba?

Untuk membuat sendiri makanan bergizi bagi burung kenari/finch, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:

1. Dua butir telur
2. Minyak hati ikan kod (cod liver oil)
3. Minyak gandum (wheat germ oil)
4. Remah roti

Cara pembuatan:

Ambil dua butir telur, lalu masukan ke dalam panci yang berisi air mendidih.

Rebus telur selama 15 – 20 menit (kalau terlalu lama, kuning telurnya bisa berubah jadi agak kehitaman).

Setelah direbus, kupas cangkangnya, lalu pisahkan.

Cangkang telur jangan dibuah, tetapi bisa dikeringkan lagi hingga makin mengeras (boleh menggunakan oven / disangrai/ dijemur).

Telur yang sudah terpisah dari cangkangnya didinginkan selama 20-30 menit.Cara mendinginkan bisa diangin-anginkan, atau dimasukkan ke dalam rantang kosong, dan rantang direndam dalam baskom berisi air dingin.
Sambil menunggu telur dingin, ambillah cangkang telur yang sudah mengering, lalu ditumbuk hingga berbentuk butiran kecil (lihat gambar)
Telur yang sudah dingin dicampurkan ke wadah yg berisi tumbukan cangkang telur.Aduk hingga merata dengan menggunakan garpu, sambil digerus hingga menjadi bagian yang lembut.
Tambahkan 3/4 sendok teh minyak ikan kod ke dalam adonan telur.Campur dan aduk hingga benar-benar merata.
Tambahkan pula 3/4 sendok teh minyak gandum ke dalam adonan, lalu aduk hingga merata campuran.(minyak gandum berguna untuk mencegah campuran agar tidak cepat kering)
Setelah warnanya berubah dan olahan menjadi lengket, sekarang tambahkan 58 gr remah roti yang langsung diaduk rata sampai adonan benar-benar mengering.Kalau kurang kering bisa dicampurkan lagi remah rotinya sampai adonan benar benar kering.
Sampai di sini, adonan sudah bisa langsung diberikan kepada burung.Anda juga bisa mencampurnya lagi dengan bahan lain seperti biji-bijian. Aduk hingga merata.

Nah inilah hasilnya. Makanan tambahan bergizi tinggi untuk kenari / finch anda.

(silakan Chef Marinka dan Chef Juna untuk mencicipi, hi..hi..hi..)

Perlu diingat, makanan buatan ini hanya sebagai makanan tambahan saja ya, bukan sebagai makanan utama. Makanan olahan ini juga mampu memacu birahi kenari / finch, terutama saat proses penjodohan dan penangkaran. Juga sangat baik diberikan pada indukan yang sedang meloloh anaknya.

Oke sebelum saya tutup, ada baiknya Anda juga membuat sendiri pakan berkualitas untuk burung lain. Apapun pakan yang Anda buat, perhatikan komponen dan komposisinya. Untuk referensi lengkap silakan cek artikel di halaman Pakan Burung.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: javafinch.co.uk 

Salam dari Om Kicau!

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

14 Comments »

    • kenari jarang dikasih voer om, kalau mau mencampurnya bisa dicampurkan dengan egg food diatas agar kandungannya bisa bervariasi

      Suka

    • Remah roti beda engan tepung roti om, Remah roti itu roti kering yang dihancurkan jadi bubuk lalu disatukan dalam adonannya. klo om pernah gunakan Cede untuk kenarinya, sebenarnya inilah resep cara membuat Cede om :)

      Suka

    • bisa saja om, dicampur dengan buah buahan .berarti pada bagian akhirnya yang dicampur dengan biji bijiannya dihilangkan diganti dengan buah tetapi makanannya akan menjadi basah dan tidak bisa tahan lama om

      Suka

  1. Pakan olahan itu hanya untuk sekali saji, ato bisa untuk beberapa hari om ?
    seumpama cuma 1x saji aja, bagaimanakah cara agar awet bisa di pakai beberapa hari.
    terimakasih om kicau….

    Suka

    • kalau mau membuat untuk beberapa hari bisa dengan ditambah takarannya om, telur bisa ditambah dua butir lagi juga yg lainnya, penyimpanan bisa di simpan dalam lemari pendingin tetapi karena bentuknya sudah kering jadi sama saja dengan menyimpan pur atau makanan burung lainnya om. bisa dimasukan dalam kaleng, toples, ataupun kantong plastik untuk digunakan lain waktu.

      Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.117 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: