Sudah tepatkah tenggeran untuk burung Anda?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kalau manusia memerlukan aksesoris sebagai fesyen, tidak demikian dengan burung. Aksesoris sangkar, khususnya tenggeran, diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ideal bagi burung sebagaimana kehidupan di alam bebas. Tips Om Kicau kali ini adalah bagaimana memilih tenggeran yang tepat dan ideal untuk burung yang kita pelihara.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tenggeran BurungAnda pernah mengamati burung kesayangan di rumah terlihat resah dan gelisah, suka melompat-lompat di dalam sangkar ataupun kandang penangkaran, sering menclok di jeruji sangkar, dan jarang sekali mau duduk manis di tenggeran?

Ada juga kasus di mana burung lebih suka nangkring di atas wadah voer, bahkan mengacak-acak pakan di dalamnya, sehingga berhamburan ke dasar sangkar. Atau membuang kroto dan jangkrik dari cepuk, yang membuat sangkar makin terlihat kotor.

Apapun jenis burung yang dipelihara, perilaku tersebut menunjukkan gejala stres. Banyak faktor yang menyebabkan burung stres, salah satunya ketidaknyamanan burung berada di dalam sangkar. Bisa saja karena ia mau mabung, ada kutu / parasit yang menyerang bulu dan kulitnya, bahan pakan tidak sesuai dengan keinginannya, dan sebagainya.

Tapi, ada satu penyebab lagi yang jarang kita perhatikan, yaitu bagaimana desain tenggeran. Sebagian orang menyebutnya tangkringan atau plangkringan. Coba dicek, sudah tepatkah desain tenggeran yang ada di sangkar / kandang Om?

Tenggeran Burung
TENGGERAN BURUNG KENARI YORKSHIRE

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Idealnya, tenggeran terbuat dari bahan alami terutama ranting pohon. Salah satu bahan  terbaik yang bisa dijadikan tenggeran adalah ranting pohon asam. Sebab ranting pohon asam mempunyai tekstur kasar dan keras. Hal itu membantu burung memiliki cengkeraman kuat terhadap tenggeran.

Selain itu, sesuaikan diameter tenggeran dengan cengkeraman kaki burung. Tenggeran yang pas saat dicengkeram oleh kaki burung akan membuat burung tersebut merasa nyaman saat nangkring.

Tenggeran yang terlalu kecil atau terlalu besar bisa membuat burung kurang nyaman. Itulah yang membuat dia enggan nangkring di sana, malah memilih menclok di jeruji sangkar atau duduk di atas wadah pakan dan cepuk ekstra fooding sambil menghambur-hamburkan isinya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain itu, tenggeran yang pas saat dicengkeram sangat mempengaruhi pertumbuhan kuku-kukunya. Apabila diameter tenggeran terlalu besar, kuku dan jarinya bisa bengkok. Sebaliknya, kalau terlalu kecil, kuku akan tumbuh meruncing dan bengkok. Hal ini sangat membahayakan keselamatan burung itu sendiri, juga keselamatan burung lain jika Anda menangkarnya dalam kandang koloni.

Bukan masalah diameter saja yang mesti diperhatikan. Usahakan memilih tenggeran yang cenderung lurus (kalau benar-benar lurus mungkin sulit mencarinya), dan masih memiliki guratan-guratan kasar. Jangan memilih tenggeran yang sudah diamplas, karena burung tidak / kurang menyukainya.

Di alam bebas, burung selalu nangkring di ranting pohon dengan guratan alami yang kasar. Dengan desain tenggeran seperti ini, burung menjadi tidak ragu-ragu lagi untuk berkicau. Apabila melihat lawan pun ia tak akan pernah ragu untuk bersuara keras dan fight (ngotot).

Lebih baik lagi jika Anda menyediakan tenggeran ganda, sebagaimana pernah ditulis Om Kicau dalam artikel berjudul Tenggeran ganda sejajar cegah burung suka berputar-bergelantungan.

Tenggeran Ganda Sejajar
TENGGERAN GANDA SEJAJAR: CEGAH BURUNG BERPUTAR-BERGELANTUNGAN

Silakan cek kondisi tenggeran di rumah masing-masing. Jika sudah tepat, tetapi perilaku burung masih menunjukkan gejala stres, berarti faktor penyebabnya bukan karena tenggeran. Bisa saja karena kondisi tidak fit, sehingga mentalnya drop.

Artinya, apabila gejala stres yang membuat burung enggan duduk di tenggeran itu muncul bersamaan dengan tanda-tanda lain seperti macet bunyi, tidak gacor, ngeriwik terus, atau mudah mbagong / ngebatman, maka solusi yang direkomendasikan Om Kicau adalah berikan TestoBird Booster/ TBB kepada burung bermasalah tersebut. Apa itu TBB, silakan cek di artikel Hormon testosteron pemicu revolusi perawatan burung kicauan: Hot Topic.

Salam dari Om Kicau!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

10 Comments

  1. ada yang saya tanyakan nih OM Saya punya dua pasang anis merah sudah dua bulan belum ada gejala mau kawin malah masih kadang-kadang berantem,kira2 berapa bulan bisa kawin yah??? capeee deeh

    • Saya belum tahu berapa umur AM jantan dan betinanya. Tapi kalau sudah umur 1 tahun, aman. Masalahnya, burung harus didongkrak birahinya sebelum kedua sangkar ditempel untuk memulai proses penjodohan.
      Kebetulan hari ini ada rencana bikin tutorial penjodohan AM, plus videonya. Ditunggu aja hari ini, he.. he..semoga nggak capee deh lagi…

  2. mohon bimbingan nya , LB saya sukanya turun dan sembunyi (ndlesep jawa red) dibawah jeruji bawah . apa kira2 penyebab dari kebiasa’an ini . trim’s

    • Tidak ada ukuran pasti, bahkan untuk burung yang sama jenisnya (misalnya cendet), karena tergantung dari kebiasaan burung itu sendiri, serta panjang jarak antara ujung jari depan terpanjang dan ujung jari belakang.
      Coba Om ukur dulu (kayak ngukur sepatu saja ya…) berapa panjang jarak tersebut. Carilah tenggeran yang diameternya 1/2 dari panjang jarak tersebut. Ini untuk tenggeran 1. Kemudian carilah tenggeran 2 yang diameternya sedikit lebih kecil atau sedikit lebih lebar dari tangkringan 1.
      Pasang kedua tenggeran ini dalam posisi sejajar, seperti pada gambar. Lihat tenggeran mana yang lebih sering diduduki burung. Jika sudah ketemu tenggeran yang pas, maka tenggeran yang lain diganti dengan ukuran yang sama dengan tenggeran yang pas tadi. Selamat mencoba, Om.

  3. mau nanya ni om..aku pny cucak keling n bulu2 halusnya kok ada wrna putihnya sdikit,itu b,earti cucak keling apa om?n soal makan,apa saja doyan dg porsi yg byk tp klo mkn uk/uh kotoronya ko msh utuh uk/uh itu knp ya om?mhon pncerahanya,trms

Komentar ditutup.