Jalan-jalan ke penangkaran burung Yayasan BnR

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Anda pernah berwisata ke Gunung Salak Endah di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor? Ternyata, tidak jauh dari sana, terdapat sebuah penangkaran burung yang cukup lengkap. Ya, penangkaran itu milik Yayasan BnR yang juga menerbitkan tabloid burung. Yuk kita jalan-jalan ke sana.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lokasi penangkaran ini berada di Jalan Raya Ciapus, sebelum masuk ke daerah wisata Curug Nangka atau Gunung Salak Endah. Dari Terminal Baranangsiang langsung ke Ramayana, lalu ke arah Empang dan ambillah jalan ke arah Ciomas, Ciapus, hingga menuju kawasan wisata Gunung Salak Endah.

Penangkaran Burung BnR kini menjadi mitra bagi Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam setiap pelatihan / praktik kerja atau studi banding. Di Bogor juga ada penangkaran lain yang kerap dijadikan sarana pelatihan dan studi banding, yaitu Mega Bird and Orchid Farm (MBOF), yang berlokasi di Ciluar Bogor.

Tidak sulit untuk menemukan lokasi Penangkaran Burung BnR, karena di bagian depan ada pintu gerbang besar dengan beberapa patung burung elang yang seakan menyambut setiap tamu yang datang.

Gerbang Yayasan BnR
PINTU GERBANG KAWASAN PENANGKARAN BURUNG BnR
(Foto: didisadili.blogspot.com)

MB dan cucakrowo paling dicari

Burung-burung yang ditangkar di tempat ini cukup beragam, antara lain cucakrowo, kacer, murai batu, dan lovebird. Namun yang paling popular dan banyak dicari adalah murai batu, menyusul kemudian cucakrowo.

Kandang Penangkaran Murai Batu
KANDANG PENANGKARAN MURAI BATU
(Foto: didisadili.blogspot.com)

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Indukan murai batu mulai ditangkar pada umur 1,5 tahun. Karena Bogor berhawa dingin (habitat MB cenderung panas), maka ruang penangkaran murai batu pun dilengkapi fasilitas khusus agar kondisinya bisa menyerupai habitat asli MB di hutan-hutan Sumatera.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ruang Penjodohan dan Penangkaran Murai Batu
RUANG PENJODOHAN DAN PENANGKARAN (Foto: didisadili.blogspot.com)

Adapun cucakrowo mulai dikembangbiakan setelah berumur dua tahun. Setiap bulan burung ini akan bertelur. Dari bentuk telurnya saja bisa diprediksi apakan telur ini berisi embrio jantan atau betina. Biasanya telur yang berbentuk lonjong diprediksi akan menghasilkan anakan jantan. Jika bentuknya hampir bulat, kemungkinan besar betina.

Harga indukan cucakrowo ini cukup mahal, sekitar Rp 20 juta/pasang. Bakalan yang berusia 6 bulan saja harganya sekitar Rp 6 juta.

Ring BnR
RING BnR (Foto: didisadili.blogspot.com)

Kandang penangkaran lovebird juga menarik perhatian para pengunjung. Beberapa SMK di Bogor dan sekitarnya kerap melakukan studi wisata ke tempat ini. Apakah Om dan Tante juga ingin mampir ke Penangkaran Burung BnR? Yuk, mari….

Salam sukses kicaumania, salam sukses dari Om Kicau. (*)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

15 Comments

  1. Om, saya dari Bali. saya mau tanya apakah Yayasan BnR Bird Farm yang ada di Malang itu sama dengan yang ada di Bogor? yang di kelola oleh Om Agus Wahyudi, mohon sarannya Om, Makasi.

    • Untuk informasi lengkap, coba Om kontak agen produk Om Kicau di Bandung:
      Bintang Matahari Bird Farm (Bp. Dindin Haryana/ Ibu Dewi Rahmawati), Jl. Sawah Baru No. 61 Babakan Baru, RT 02 RW 08 Kelurahan Sukapada, Bandung, Telp. 0818639117;

  2. wahhh…
    kula kinten om Duto yang liputan kesini…
    ketegelen kalau ngak mampir… meski belum pernah nengok, tapi lokasinya ngak jauh nih dari kontrakan di bogor… hehehe…

Komentar ditutup.