Kapan dan berapa lama burung kacer mabung?

Masih banyak kicaumania yang bertanya, baik melalui komunitas burung di facebook maupun melalui komentar di omkicau.com, mengenai kapan burung mengalami masa mabung (molting, ngurak) untuk pertama kalinya, dan berapa lama masa mabung itu berlangsung. Di sini saya tak akan membahas masalah perawatan kacer selama mabung, tetapi proses alami dan berapa lama waktu yang dibutuhkan burung selama pergantian bulu ini.

kacer-mabungSebelumnya akan saya jelaskan terlebih dulu bahwa burung yang sedang mengalami rontok bulu itu menggunakan total kalori dan nutrisi yang ada dalam tubuhnya untuk mengeluarkan bulu-bulu lama yang sudah rusak dan untuk menumbuhkan kembali bulu-bulu baru.

Jadi apabila ingin burung Anda lebih cepat melewati masa molting, jangan paksakan burung untuk berbunyi, apalagi banyak bergerak yang bisa membuang energi yang mestinya digunakan untuk menumbuhkan bulu barunya.

Istirahatkan dulu, sambil dibantu dengan pemberian vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan seperti BirdMolt-Pre atau BirdMolt-Post, serta disokong pemberian BirdVit. BM-Pre membantu proses mabung agar segera tuntas dan burung kembali fit, sedangkan BM-Post menormalkan kondisi burung sehabis mabung.

Berikut ini adalah proses alami mengenai usia dan berapa lama burung kacer akan mengalami masa mabungnya:

  • Untuk burung sejenis kacer (magpie robin), usia mabung pertama adalah ketika masih piyik hingga burung berusia 3 bulan. Itulah pergantian bulu dari bulu piyik ke bulu anakan (trotol). Biarkan saja proses ini berjalan secara alami.
  • Tiga bulan berikutnya, atau setelah berumur 6 bulan, burung akan kembali mengalami masa pergantian bulu dari bulu trotol ke bulu dewasa. Ini untuk menguatkan bulu-bulunya agar bisa digunakan untuk terbang dan mencari makan sendiri. Saya menyebut fase ini sebagai masa mabung pertama (dalam arti terjadi ketika ia sudah dewasa). Jadi, peralihan bulu dari piyik ke trotol tidak dianggap sebagai mabung yang sebenarnya.

Jika proses mabung bermasalah, misalnya mabung tidak tuntas, segera atasi dengan pemberian BM-Post. Tetapi disarankan begitu melihat tanda-tanda bulu akan mabung (mulai terlihat beberapa helai bulu halus yang jatuh), asupi dengan BM-Pre sehingga proses mabung akan berlangsung tuntas.

  • Setelah itu, burung mengalami masa-masa normal di mana bulu-bulu mulai mengering. Hal ini biasanya berlangsung cukup lama, sekitar 6-8 bulan (tergantung perawatan). Pada masa seperti inilah burung biasanya turun ke arena lomba atau latber.
  • Namun setelah itu, sekitar umur 12-15 bulan, burung akan mengalami masa mabung kedua. Dia akan membuang bulu-bulunya yang kering dan sudah rusak, untuk digantikan dengan bulu-bulu yang baru (tindakan antisipasi, atau solusi jika proses mabung tindak tuntas, sama seperti pada mabung pertama).
  • Usai mabung kedua, burung bisa dikatakan sudah mapan. Di sinilah banyak burung berkelas yang dilombakan. Anda tidak usah khawatir setengah tahun lagi bakal mengalami mabung ketiga. Tidak! Mabung ketiga biasanya terjadi sekitar 2-3 tahun setelah mabung kedua.

Perlu dicatat, proses alami masa mabung seperti di atas biasanya terjadi pada burung-burung kacer dalam kondisi perawatan yang baik, khususnya perawatan saat mabung. Jadi, Anda pun perlu mengetahui soal nutrisi yang dibutuhkan burung saat mabung.

Grafik Performa Burung

Sebagian besar burung kicauan di kandang penangkaran (kecuali cucakrowo) memiliki grafik performa yang sama. Hal ini sudah pernah diulas Om Duto dalam artikel Grafik performa burung penangkaran dan lomba: sebuah artikel menarik dan penting diketahui setiap penangkar maupun pemerlihara burung kicauan, tidak terkecuali kacer.

Saya refresh sedikit artikel tersebut, terutama berkaitan dengan proses mabung. Kacer, jalak suren, murai batu, anis kembang, dan beberapa jenis burung berkicau lainnya bisa dikatakan akan berhenti berproduksi ketika memasuki masa mabung, terutama induk betina. Sedangkan burung jantan mabung terkadang masih bisa mengawini dan membuahi sel telur betina.

Lain halnya dengan cucakrowo betina, yang masih bisa bertelur dalam kondisi mabung, karena proses mabungnya dengan cara nyulam atau tidak pernah rontok bulu secara berlebihan.

Secara umum, burung dewasa akan mengalami masa mabung setahun sekali. Prosesnya berlangsung seperti ini:

  • Kita anggap bulan ke-1 adalah masa di mana burung selesai mabung, semua bulunya sudah kencang, dan kondisinya sangat fit. Maka ia akan memasuki masa mabung lagi (tanda-tandanya antara lain bulu kecil mulai jatuh) pada bulan ke-7 dan/atau ke-8.
  • Pada bulan ke-8 dan/atau 9, bulu lama sudah rontok sampai habis sementara bulu baru sudah sekitar 50% tumbuh (sebagian besar masih berbentuk rebung).
  • Pada bulan ke-10 dan/atau ke-11, bulu baru sudah tumbuh secara maksimal.
  • Pada bulan ke-12, sudah memasuki proses pengencangan bulu, dan burung menuju ke kondisi fisik yang paling masksimal.
  • Pada bulan ke-13, atau bulan ke-1 tahun berikutnya, burung berada dalam top form dan siap dilombakan bagi yang menginginkan.

Ilustrasi berikut mungkin bisa lebih memudahkan pemahaman kita:

Untuk mengetahui bagaimana cara perawatan yang benar terhadap burung selama mabung, Anda bisa buka kembali beberapa artikel di bawah ini:

Semoga bermanfaat!

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 20 comments

    1. Aries Munandi

      untuk burung nyulam sebaiknya mandi yang rutin saja om, minimal dua kali sehari dan kalau sempet burung bisa diberi minyak ikan agar bulu yang tumbuh lebih sehat, kuat dan berkilauan om.

    1. Aries Munandi

      kalau ada bulu halus atau bulu lain yang berjatuhan setiap harinya itu sudah menandakan burung sedang mabung om, tinggal diberikan perawatan mabung, nanti yang rontoknya akan semakin banyak.

  1. Istanto

    saya punya kacer om,dari pikatan.Pertama rajin bunyi om,tp setelah 3 mgu’an jdi males bunyi.Kira2 knp y om?Ciri2 kacer mau mabung gimana om?Mohon pencerahanya,maklum masih pemula. matur nwun

  2. yulian

    Om ane mau nanya, ane punya trotolan baru mau ganti bulu tp jenkelnya belum tau ane kalau bulu di atasnya hitam mengkilap kebiru-biruan tp dadanya hitam biasa, jantan apa betina om???

    1. redaksiomkicau

      Semua burung yang memasuki mabung cenderung lebih banyak diam karena berkonsentrasi proses mabungnya, burung akan gacor usai mabungnya tuntas.

  3. idim

    om sya numpang tanya, saya punya kacer poci, sya beli dri bakalan, dah 4 bln saya rawat, tp liarx minta ampun. tp yg saya heran, kacer sya da 3 minggu ni gacorx nda tahan. ampe sakit kuping klo dengernya. cmn 1 yg saya heran liarx nda ketulungan klo liat saya. gimna ya om crax biar burung sya jinak… TOLONG INFONYA OM, MAKASI

  4. erwin syah

    om mw tnya nh..sy bli kacer muda hutan,kata pnjual’y sh laki2..tpi koq udh 2 bulanan,bulu didada’y mkin keliatan abu2 sh..kta’y lgi,kn blm gnti bulu..ap bnar,kl kacer MH blm gnti bulu,bulu di dada brwrna abu2..mkasih om

    1. redaksiomkicau

      Kalau masih trotol lumayan sulit dideteksi, salah satu caranya pegang dan amati apakah ada beberapa bulu hitam mengkilap sekitar dadanya, jika ada berarti jantan.

  5. coco

    om ciri2 kacer sudah boleh buka krodong setelah masa mabung gmn om? kacer saya udah selesai rontok bulunya, tinggal sebagian bulu rebung yang tumbuh, ekor sudah panjang.. apa boleh dijemur sama dibuka kerodong.. trims

  6. rahmat

    Salam kicau om….mau nanya nich.:”saya baru mulai menggemari kacer,saya udah pelihara sekitar 6 bln dari bahan hasil pkatan dan sudah ganti bulu 1 x,…sebulan yg lalu saya coba gantung kacer saya dengan kacer teman,hasilnya kacer saya sudah bergoyang,setelah itu saya coba gantung dengan kacer yg banyak,namun ngedrop….masalahnya setelah itu hingga saat ini kacer saya jadi gembung….mohon penjelasannya,bagaimana mengatasi kacer yang gembung om….terima kasih…

  7. eva rosali

    malam om.sy mau tanya.sy punya kacer jantan trotolan.tp masih ad bulu trotolan di bagian dadanya,berapa lama bulu trotolan didadanya berubah menjadi hitam om,satu lg om di indramayu ada ga om toko burung yg menyediakan obat2an buat burung..makasi,salam kicau mania indramayu.

Komentar ditutup.