Ulat bambu untuk meredam cendet over birahi

Ulat bambu atau cangkilung atau cilung biasanya dijadikan pakan hidup bagi ikan. Sebagian pemancing juga kerap menjadikannya sebagai umpan. Belakangan, beberapa penggemar cendet juga menggunakan ulat bambu, terutama untuk menurunkan over birahi (OB).

Ulat Bambu

ULAT BAMBU

Cendet yang mengalami OB memang bisa menjengkelkan, tidak peduli di rumah maupun di arena lomba. Pernah ada kejadian, di mana cendet yang birahinya memuncak di arena lomba, terlihat sering turun di dasar sangkar, seperti mengejar-ngejar juri yang sedang memberikan penilaian.

Untuk mencegah kejadian tersebut, Anda bisa memberikan ulat bambu beberapa saat sebelum burung digantang. Kondisi OB sebenarnya tidak menguntungkan bagi cendet itu sendiri, sebab ia akan menjadi galak dan sangat agresif, yang membuat energinya cepat terkuras, sehingga malah tidak fokus untuk mengeluarkan suara terbaiknya.

Dalam beberapa kasus, ada juga cendet ketika sedang mengalami over birahi lebih sering diam dan hanya diam mondar-mandir atau naik-turun dari tangkringan dan dasar sangkar.

Kandungan nutrisi ulat bambu

Kandungan Nutrisi Persentase (%)
Protein 15,70
Lemak 22,19
Serat kasar 7,69
Air 61,73
Karbohidrat -

Selain cendet, ulat bambu juga digunakan sebagian penggemar anis merah dan anis kembang, terutama saat burung mengalami masa molting atau mabung sebagai tambahan nutrisi selama masa mabung. Ulat bambu juga sering diberikan kepada burung yang terlihat kurus.

Namun, perlu diingat, ulat bambu memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Pemberian ulat bambu tidak boleh terlalu banyak, dan tidak perlu dilakukan setiap hari.  Jika diberikan setiap hari bisa berpotensi menimbulkan kegemukan, sehingga menjadi malas-malasan.

Semoga bermanfaat.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

6 pemikiran pada “Ulat bambu untuk meredam cendet over birahi

  1. ane mau nanya om, maaf ya nie sekitar tuk murai batu, ane baru dapet kmaren dari muda hutan masih liar dan juga belum bunyi ngeplong perawatan udah ada 6 bulan , gak mau ngeplong cuman ngriwik aja waktu kondisi sepi gak ada orang,,”SINGKAT KATA’ supaya MB sy cepat ngeplong gmana ya om caranya ..ane tunggu jawabanya om .. makasih.

    ________________________________

    • jangan pelit kroto, bisa diberikan setiap hari secukupnya. dan rawat bakalan memang kudu sabar, jika mentalnya baik akan ngeplong atau gacor, namun jika mentalnya payah bisa 1-2x ngurak baru mau bunyi.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s