Ulat bambu untuk meredam cendet over birahi

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Ulat bambu atau cangkilung atau cilung biasanya dijadikan pakan hidup bagi ikan. Sebagian pemancing juga kerap menjadikannya sebagai umpan. Belakangan, beberapa penggemar cendet juga menggunakan ulat bambu, terutama untuk menurunkan over birahi (OB).

Ulat Bambu

ULAT BAMBU

Cendet yang mengalami OB memang bisa menjengkelkan, tidak peduli di rumah maupun di arena lomba. Pernah ada kejadian, di mana cendet yang birahinya memuncak di arena lomba, terlihat sering turun di dasar sangkar, seperti mengejar-ngejar juri yang sedang memberikan penilaian.

Untuk mencegah kejadian tersebut, Anda bisa memberikan ulat bambu beberapa saat sebelum burung digantang. Kondisi OB sebenarnya tidak menguntungkan bagi cendet itu sendiri, sebab ia akan menjadi galak dan sangat agresif, yang membuat energinya cepat terkuras, sehingga malah tidak fokus untuk mengeluarkan suara terbaiknya.

Dalam beberapa kasus, ada juga cendet ketika sedang mengalami over birahi lebih sering diam dan hanya diam mondar-mandir atau naik-turun dari tangkringan dan dasar sangkar.

Kandungan nutrisi ulat bambu

Kandungan Nutrisi Persentase (%)
Protein 15,70
Lemak 22,19
Serat kasar 7,69
Air 61,73
Karbohidrat -

Selain cendet, ulat bambu juga digunakan sebagian penggemar anis merah dan anis kembang, terutama saat burung mengalami masa molting atau mabung sebagai tambahan nutrisi selama masa mabung. Ulat bambu juga sering diberikan kepada burung yang terlihat kurus.

Namun, perlu diingat, ulat bambu memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Pemberian ulat bambu tidak boleh terlalu banyak, dan tidak perlu dilakukan setiap hari.  Jika diberikan setiap hari bisa berpotensi menimbulkan kegemukan, sehingga menjadi malas-malasan.

Semoga bermanfaat.

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.790 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: