Perawatan plus-plus untuk branjangan bakalan di musim hujan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kebetulan di daerah saya masih banyak yang menjual burung branjangan bakalan, dengan harga sangat miring tentunya. Membeli branjangan yang masih bakalan menuntut ketelatenan dan kesabaran selama merawatnya. Apalagi perawatan selama musim hujan. Kali ini kita akan berbagi tips mengenai perawatan plus-plus untuk branjangan bakalan agar cepat bunyi dalam musim hujan seperti sekarang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

mirafra-javanica

Pemilihan dan perawatan standar burung branjangan sudah pernah diulas di sini, Saya tidak akan panjang lebar membahas bagaimana cara memilih burung branjangan yang bagus dan memiliki prospek bagus ke depannya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Pemberian pakan harus teratur setiap hari, dengan pakan tambahan yang kaya nutrisi seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik. Jangan lupa pemberian vitamin selama masa perawatan, agar burung bakalan terhindar dari stres berlebihan.

Mendongkrak birahinya

Jika burung branjangan yang dibeli sudah berusia lebih dari 6 bulan, kunci untuk membuatnya mau bersuara adalah meningkatkan kondisi birahinya. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti melakukan setelan ekstra fooding (EF) dengan pemberian 1 sendok makan kroto setiap pagi, 10 ekor jangkrik, dan 5 ekor ulat hongkong.

Untuk burung muda, dan cenderung masih takut kepada manusia, penjemuran dilakukan di tempat sepi (jarang dilewati orang), dengan durasi cukup lama. Biasanya setelah 1,5 – 2 minggu kemudian, burung sudah mulai bersuara meski masih tahap ngeriwik pelan.

Biarkan saja dulu di tempat tersebut hingga burung benar-benar mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Setelah jinak (minimal jinak lalat), burung bisa dipindahkan ke tempat yang lebih ramai.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perawatan kali ini ditambah dengan memberikan pakan ekstra berupa belalang hijau yang merupakan pakan alaminya di sawah. Jangan memberikan belalang yang berwarna hitam atau blorok, karena diyakini bisa berdampak kurang bagus jika dimakan burung. Selain belalang, kita juga bisa memberikan undur-undur.

Dengan perawatan telaten dan penuh kesabaran, saya yakin suatu hari nanti branjangan Anda mampu menghasilkan kicauan yang keras dan bervariasi.

Perawatan selama musim hujan

Salah satu tips dari forum kicaumania mungkin bisa menjadi panduan dalam merawat burung branjangan selama musim penghujan. Seperti diketahui, branjangan merupakan burung yang senang berjemur di bawah sinar matahari. Lalu bagaimana menghadapi musim hujan seperti sekarang?

Caranya dengan memasukankan pasir hangat di dalam kandang. Pasir hangat di sini adalah pasir bersih yang sudah terlebih dulu disangrai (digoreng tanpa minyak) dalam wajan. Setelah itu diangin-anginkan sampai suhu pasir terasa hangat-hangat kuku sekitar (37-40^C), lantas dimasukan ke dalam kandang branjangan.

Biasanya burung branjangan setelah beradaptasi dengan suhu pasir tersebut akan langsung mandi pasir, sambil mengeluarkan kicauannya yang merdu.

JIka membutuhkan suara branjangan untuk memancing burung branjangan Anda agar lebih cepat bunyi, silakan buka kembali artikel downloadnya di sini.

Salam sukses dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

14 Comments

    • bubukan batu bata sengaja digunakan karena berfungsi sebagai sumber mineral dan digunakan oleh burung untuk membersihkan perutnya om

    • bisa om, BR yang tidak dimaster juga bisa meniru suara burung lainnya berdasarkan ingatannya sewatu masih dirawat oleh induknya (lolohan)

        • Tergantung BRnya om, klo dapat dari liar bisa makan waktu juga untuk burung mau bunyi, kecuali dapat dari anakan / trotolan kemungkinan bunyinya lebih cepat biasanya diatas 5 bulan udah mulai bunyi ngeriwik , 7-8 bulan udah ngeplong, 1 tahun udah ngeroll

  1. misi om, mau numpang tanya, saya punya BR sayapnya rusak sebelah, katanya temen saya, BR saya kurang singset karena kurang jemur, soalnya pernah saya krodong sebulan penuh tanpa jemur karena saya pikir BR saya mabung, ehh ternyata cuma nyulam.
    pertanyaan, saya apakah bisa sembuh om?
    dan pertanyaan satu lagi, gimana caranya supaya BR saya mau makan jangkrik?, tiap saya kasih jangkrik cuma dipatukin sampe mati, abis itu ga dimakan sama sekali. mohon pencerahannya om, trimakasih banyak sebelumnya.

    • 1. kemungkinan masih bisa dengan pola rawatan tepat, tunggu hingga masa mabung sehingga bisa setting lagi.
      2. coba berikan jangkrik yang paling kecil, dan bersihkan kaki serta kepalanya. jika sudah mentok gak mau jangkrik coba ef lain seperti undur-undur, uh, kroto, dan lainnya.

  2. trims om infonya , kebetulan sekarang udah masuk musim hujan, om mau tanya masteran branjangan yg pualing buagus dan mudah diingat oleh brnya apa ya om? sekalian sama link downloadnya

    • tergantung dari tingkat kecerdasan, karena kecerdasan tiap burung berbeda. masteran yang umum kenari, blacktroath, prenjak/ciblek, glatik wingko. untuk donlod bisa langsung ke suaraburung.

      • blacktroath,glawing, ciblek uda saya donload. tapi saya bingung yg kenarinya , kenari jenis apa om? kalo suara kolibri ada gak om? sekalian sama link donlodnya

Komentar ditutup.