Perawatan plus-plus untuk branjangan bakalan di musim hujan

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Kebetulan di daerah saya masih banyak yang menjual burung branjangan bakalan, dengan harga sangat miring tentunya. Membeli branjangan yang masih bakalan menuntut ketelatenan dan kesabaran selama merawatnya. Apalagi perawatan selama musim hujan. Kali ini kita akan berbagi tips mengenai perawatan plus-plus untuk branjangan bakalan agar cepat bunyi dalam musim hujan seperti sekarang.

mirafra-javanica

Pemilihan dan perawatan standar burung branjangan sudah pernah diulas di sini, Saya tidak akan panjang lebar membahas bagaimana cara memilih burung branjangan yang bagus dan memiliki prospek bagus ke depannya.

Pemberian pakan harus teratur setiap hari, dengan pakan tambahan yang kaya nutrisi seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik. Jangan lupa pemberian vitamin selama masa perawatan, agar burung bakalan terhindar dari stres berlebihan.

Mendongkrak birahinya

Jika burung branjangan yang dibeli sudah berusia lebih dari 6 bulan, kunci untuk membuatnya mau bersuara adalah meningkatkan kondisi birahinya. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti melakukan setelan ekstra fooding (EF) dengan pemberian 1 sendok makan kroto setiap pagi, 10 ekor jangkrik, dan 5 ekor ulat hongkong.

Untuk burung muda, dan cenderung masih takut kepada manusia, penjemuran dilakukan di tempat sepi (jarang dilewati orang), dengan durasi cukup lama. Biasanya setelah 1,5 – 2 minggu kemudian, burung sudah mulai bersuara meski masih tahap ngeriwik pelan.

Biarkan saja dulu di tempat tersebut hingga burung benar-benar mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Setelah jinak (minimal jinak lalat), burung bisa dipindahkan ke tempat yang lebih ramai.

Perawatan kali ini ditambah dengan memberikan pakan ekstra berupa belalang hijau yang merupakan pakan alaminya di sawah. Jangan memberikan belalang yang berwarna hitam atau blorok, karena diyakini bisa berdampak kurang bagus jika dimakan burung. Selain belalang, kita juga bisa memberikan undur-undur.

Dengan perawatan telaten dan penuh kesabaran, saya yakin suatu hari nanti branjangan Anda mampu menghasilkan kicauan yang keras dan bervariasi.

Perawatan selama musim hujan

Salah satu tips dari forum kicaumania mungkin bisa menjadi panduan dalam merawat burung branjangan selama musim penghujan. Seperti diketahui, branjangan merupakan burung yang senang berjemur di bawah sinar matahari. Lalu bagaimana menghadapi musim hujan seperti sekarang?

Caranya dengan memasukankan pasir hangat di dalam kandang. Pasir hangat di sini adalah pasir bersih yang sudah terlebih dulu disangrai (digoreng tanpa minyak) dalam wajan. Setelah itu diangin-anginkan sampai suhu pasir terasa hangat-hangat kuku sekitar (37-40^C), lantas dimasukan ke dalam kandang branjangan.

Biasanya burung branjangan setelah beradaptasi dengan suhu pasir tersebut akan langsung mandi pasir, sambil mengeluarkan kicauannya yang merdu.

JIka membutuhkan suara branjangan untuk memancing burung branjangan Anda agar lebih cepat bunyi, silakan buka kembali artikel downloadnya di sini. Semoga bermanfaat.

Salam sukses dari Om Kicau.

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159.355 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: