Lagu aseli burung cep-cep atau cucak kurincang tak seheboh lagu hasil pemasteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung cep-cep yang disebutkan sebagai burung lokal atau asli Bangka dan kini populer di arena lomba, sebenarnya adalah burung yang tersebar di beberapa daerah Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia, burung ini tersebar di Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan. Burung bernama latin Pycnonotus atriceps ini populer disebut sebagai cucak kuricang (Indonesia) atau Black-headed Bulbul (Inggris). Lagu aseli (bawaan) burung ini di habitatnya ternyata tidak seheboh lagu hasil pemasteran.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung bertubuh ukuran sedang (17 cm) dengan warna kekuningan ini memiliki warna kepala hitam berkilau. Tenggorokan hitam. Tubuh bagian atas zaitun kekuningan. Sayap kehitaman. Ekor kehitaman dengan ujung kuning mencolok. Tubuh bagian bawah kuning kehijauan.

Bentuk burung yang jarang ditemui adalah yang berwarna abu-abu dengan ujung ekor putih. Iris biru pucat, paruh hitam, kaki coklat.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Suara burung cep-cep atau cucak kurincang

Sebagaimana informasi awal yang kita terima, burung cep-cep yang termasuk dalam suku Pycnonotidae (cucak-cucakan) ini bisa membawakan aneka lagu dan gaya tarung. Untuk gaya tarung, ada yang seperti kenari tetapi ada juga yang bergaya bak murai batu dengan ngeplay ekor.

Variasi lagu yang dibawakan banyak sekali. Namun menurut saya, variasi lagu yang bisa dibawakan tiap-tiap burung cep-cep tergantung bagaimana pemasteran yang dilakukan para pemiliknya. Sebab, ketika saya mencari suara burung cep-cep atau cucak kurincang ini di xeno-centro.org, yang saya temukan adalah dasar lagu dengan suara “cip”, atau lagu baku yang terdiri dari sederet “ciiip” atau “cik” dan variasinya.

Hal itu tidak mengherankan sebab seperti burung murai batu misalnya, ketika bernyanyi di habitat aselinya, lagunya  tidaklah sevariatif burung rumahan yang dimaster dengan aneka suara masteran.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini adalah beberapa suara burung cep-cep yang direkam di sejumlah habitat aseli seperti di Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Suara burung cep-cep 1:

Suara burung cep-cep 2:

Suara burung cep-cep 3:

Suara burung cep-cep 4:

Suara burung cep-cep 5:

Suara burung cep-cep 6:

Suara burung cep-cep 7:

Demikian sobat, semoga kita bisa segera mendapat kiriman suara burung ini jika sudah dimaster, apalagi kalau suara rekaman burung cep-cep jawara di arena lomba.

Salam cep-cep, salam cucak kurincang, salam dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

7 Comments

  1. om apa masteran xg cocok untuk burung cep cep……..di rumah ada 12 ekor nih……..tolong bls ya………di tunggu……..suwun sgt om……….

  2. Salam kicau
    saya baru aja bli burun cucak kurincang,tp saya masih belom bisa bedakan burung pejanta atau pun betina
    mohom kasih tau cirinya

Komentar ditutup.