Resep makanan khusus untuk pleci Anda

Melanjutkan artikel terdahulu mengenai alternatif lain agar pleci cepat buka paruh, khususnya terkait dengan pemberian pakan yang berkualitas, kali ini saya akan membagikan aneka resep makanan khusus untuk pleci Anda. Siapkan kertas dan pulpen, atau segera hidupkan printer Anda. Siap???

Pola makan yang teratur, dengan menu bervariasi, diyakini bisa membuat pleci lebih cepat mencapai kondisi puncak (top form). Membuat racikan menu khusus untuk momongan imutnya menjadi solusi terbaik, sekaligus hemat biaya.

Tidak sedikit plecimania yang sudah melakukannya. Pengalaman mereka pun pernah ditulis di beberapa forum, misalnya forum burung asia. Nah, sebagian resep para plecimania inilah yang akan saya share balik untuk Anda.

Bahan baku:

  • Kacang hijau (250 gram)
  • Gula pasir / gula merah (12 sendok teh)
  • Telur ayam mentah (1 – 2 butir)

Proses pembuatan:

  1. Kacang hijau dan gula / gula merah direbus.
  2. Jika kacang hijau sudah lunak, segera buang airnya.
  3. Hancurkan rebusan kacang hijau hingga menjadi pasta.
  4. Tambahkan 1 – 2 telur ayam mentah ke dalam adonan (cangkang / kerabang telur jangan dibuang).
  5. Tumbuk cangkang telur ayam hingga halus, lalu dimasukkan ke dalam adonan. Cangkang  kita jadikan sumber kalsium untuk pertumbuhan pleci.
  6. Sekarang aduk adonan hingga benar-benar merata.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya, kemudian dipanggang dalam oven hingga kering.
  8. Keluarkan adonan yang sudah matang, tutup dengan tudung saji (untuk menghindari lalat), dan biarkan hingga dingin.
  9. Setelah agak dingin, tumbuk adonan hingga halus, dan siap disajikan kepada pleci Anda. Sisa adonan bisa disimpan dalam lemari makan atau kulkas, untuk digunakan esok hari.

Selain untuk pleci kelangenan  adonan ini juga bisa digunakan (bahkan sangat baik) untuk pleci dalam penangkaran. Beberapa penangkar yang menggunakan resep ini mengakui bahwa menu spesial ini mempercepat proses reproduksi burung.

Pemberian buah-buahan

Beberapa plecimania mengatakan pemberian jeruk dan pepaya kurang baik untuk burung pleci, karena bisa menyebabkan diare. Alasannya, setiap mengkonsumsi jeruk, kotoran burung akan berwarna oranye. Atau setiap menyantap pepaya, kotorannya berwarna merah.

Saya jawab hal itu tidak benar. Seperti diketahui, pepaya dan jeruk merupakan buah-buahan yang kaya serat. Pleci dianggap tidak bisa mencerna buah tersebut, dengan alasannya feces atau kotorannya akan berwarna orange seperti jeruk, atau berwarna merah seperti pepaya.

Sebenarnya hal seperti itu lumrah terjadi pada burung. Menurut drh Dharmojono, dalam buku Aneka Permasalahan Burung dan Ayam Hias, kotoran burung cenderung mengikuti makanan yang dikonsumsinya.

Jadi, tidak ada masalah dengan kotoran yang berwarna oranye atau merah, jika ia memang mengkonsumsi jeruk atau pepaya. Yang penting, saripati kedua buah-buahan itu tidak ikut terbuang bersama kotoran, tetapi sudah dicerna dan disebarkan ke seluruh organ tubuh.

Kok pleci ketika makan apel merah atau apel hijau, kotorannya cenderung berwarna cokelat? Mungkin Anda ingin “menggugat” alasan di atas (bahwa kotoran burung cenderung mengikuti makanan yang dikonsumsinya). Karena berbeda dari pepaya dan jeruk dalam hal kotoran, sebagian plecimania kerap menganggap apel jauh lebih bagus daripada pepaya dan jeruk.

Apel memang bagus untuk pleci, karena juga kaya serat. Tetapi keliru jika kita mengelompokkan  apel sebagai buah yang baik, dan pepaya serta jeruk sebagai buah yang kurang baik untuk pleci. Semuanya baik, dan perlu diberikan secara berselang-seling sebagai variasi menu.

Menjawab “gugatan” di atas, perlu saya jelaskan bahwa daging buah apel yang berwarna putih memiliki sifat mudah mengalami oksidasi, terutama dengan udara luar. Jika tidak percaya, coba potonglah buah menjadi irisan kecil-kecil. Biarkan beberapa menit, pasti akan berubah menjadi cokleat.

Jadi ketika pleci mengeluarkan kotoran berwarna cokelat usai mengkonsumsi apel, itu karena sebelum disantap daging buah apel sudah teroksidasi terlebih dulu. Disarankan memberikan apel dalam porsi secukupnya, karena jarang sekali seekor pleci bisa menghabiskan potongan apel ukuran besar dalam waktu sehari.

Pemberian nektar

pleci dan nectar

Nektar adalah sari bunga yang rasanya manis dan kerap dicari pleci di alam bebas. Kalau mau tidak mau repot, Anda bisa mencari beberapa putik bunga yang mengandung nektar, kemudian dikumpulkan dalam wadah. Nektar harus cepat diminumkan ke burung, karena akan cepat menguap jika didiamkan selama beberapa menit.

Alternatif lainnya adalah membuat nektar tiruan di rumah. Meski tiruan, kandungannya tidak jauh berbada dari nektar sungguhan. Bahan baku yang dibutuhkan adalah gula pasir putih yang dicampur air panas dengan perbandingan 1 : 4.

Campurkan kedua bahan dalam wadah bersih, aduk hingga merata, lalu simpan dalam kulkas. Setelah dingin, masukkan nektar buatan itu (sedikit saja) ke dalam wadah keramik, dan sajikan untuk pleci kesayangan Anda.

Perlu diketahui, kalau kita melihat sangkar pleci di negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam, umumnya ada wadah yang terbuat dari bahan keramik. Selama ini saya mengira itu hanya sekadar aksesoris sangkar semata, ternyata tempat untuk menyimpan nektar.

pisahkan wadah untuk menampung nektar dalam wadah tersendiri seperti wadah yang terbuat dari keramik ini

Pisahkan nektar dalam wadah tersendiri. Lebih baik jika wadah terbuat dari keramik.
(foto: pet-cocktail.com)

Jangan pernah menaruh nektar ke wadah air minum, atau mencampurnya dengan air minum, karena pleci senang mandi dalam cepuk minumnya. Jika sampai mandi air bercampur nektar, akibatnya bulu-bulunya akan lengket dan menyebabkan iritasi pada mata akibat cairan gula tersebut. Karena itu, dianjurkan menggunakan wadah keramik berukuran kecil sebagai tempat
menyimpan nektar.

Untuk tambahan energi, Anda bisa mencampurkan vitamin B kompleks ke dalam larutan nektar. Berikan kepada burung setiap Minggu pagi, dan diusahakan habis dalam waktu 1 jam (takaran harus disesuaikan).

Pemberian ekstra fooding

Makanan tambahan (ekstra fooding) yang baik untuk pleci adalah makanan hidup, terutama jangkrik (ambil bagian perutnya saja) dan ulat hongkong yang masih muda. Kedua bahan pakan ini kaya protein, sehingga bisa mempercepat pertumbuhan burung muda, dan menjaga kondisi burung dewasa agar selalu fit.

Ada juga beberapa plecimania yang mencampurkan tulang sotong ke dalam pakan hariannya (voer) sebagai tambahan mineral. Caranya dengan menggerus (dikerok) dengan sendok, lalu dicampurkan ke dalam makanannya.

Namun penggunaan sotong untuk burung ada plus-minusnya. Harga yang murah dan gampang didapatkan di kios pakan burung adalah kelebihannya. Kelemahannya, sotong terlalu banyak mengandung garam (NaCl). Ketika burung masih membutuhkan beberapa unsur mineral lainnya di dalam sotong, dia sudah terpaksa menghentikan konsumsi karena merasa “kasinan“.

Mineral, bersama vitamin, sering dianggap sebagai pelengkap dari nutrisi utama seperti energi metabolis, protein, lemak, dan serat kasar. Meski hanya sebagai pelengkap, tetapi kekurangan atau defisiensi pada salah satu atau beberapa jenis mineral saja bisa membahayakan burung Anda. Lihat artikel lengkap mengenai mineral di sini.

Untuk mencukupi kebutuhan mineral, sebenarnya Anda bisa menggunakan produk jadi seperti BirdMineral. Dijamin tidak kasinan!

Semoga bisa bermanfaat buat para plecimania.

Salam plecimania. Salam sukses dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 29 comments

  1. manges

    om sya pnya plci dah gcor, dan dah bnyk isinya klau tiap hri bnyu trus ga prna diam. sya cba ntk dlmbhkn plci sya diam ja ga da reaksinya.
    knpa tu om aku mnta sranya dri om…

  2. ANDI TARIGAN KABANJAHE MEDAN

    knapa kebanyakan brung tidak suka bridpower om .KLO DIOLESKAN KE EF PASTI DIMUNTAHKAN.APA KURANG DIBISAIN YA OM

    1. Duto Sri Cahyono

      Itu disebabkan banyak burung peka terhadap benda asing dan terutama lagi karena dosisnya kebanyakan. Kalau 3 tetes BirdPower misalnya, dicampur ke sesendok kroto dimutahkan burung, coba setetes saja dulu campur secara merata. Atau setetes dulu dioles ke buah untuk burung pemakan buah pada pagi, dan setetes lagi siang, dan setetes lagi sore.
      Kalau burung sudah terbiasa, dia akan lahap saja makan makanan yang diolesi BirdPower.

  3. Oi ciamis

    Om apa betul jika dalam lomba pleci mesti sejenis?
    Saya punya pleci sunko/bnten pas ikut latberan pleci saya ngalas trus bnyak pemain lain bilang bkal dpat nlai a,tpi ternyata kalah jga,pas dtnya mengapa kalah pdhal pleci ngalas+nagen juri beralasan jenis pleci’y beda dngan yg lain makanya kalah,,,

  4. mulyana

    om saya punya 1 pleci dakun masih alasaan baru beli baru 1 minggu dah niru suara prijak liar dan burung greja tapi suaranya kecil bagai mana ya om.. supaya suaranya nyaring dan kenceng ….?!

  5. blasius adindra adisukma

    kalo montanus perawatanya gimana ya gan, ini saya punya tapi masih semi gacor, biar gacor terus sama gak diikuti ngriwik panjang perawatan untuk kedepanya gimana ya gan, mohon saranya..

  6. Aga Gegog

    Di daerahku (probolinggo) pleci begitu banyak di minati oleh para pemula, tapi meskipun stok bakalan masih banyak kita gak pernah dapat bakalan yg kita inginkan. Mungkin dari kualitas bahan atau karna jenisnya pleci yg o’on, jadi kita banyak kendala untuk memilih jenis bahan.. Nuwun sewu sanget mungkin om kicau ada pnjelasan lebih detail lagi gambar dan keterangnya untuk pleci brkwalitas di jwa timur ini.. matur nuwun om..

    1. Dhana Wong

      Saya nyoba menanggapi permasalahan yang om Aga hadapi karena saya juga berasal dari Probolinggo.
      Jangan pikir kalo bahan pleci di Probolinggo g bagus om…kalo Om Aga pengen denger gimana bagusnya kualitas PC Probolinggo, silahkan cek sendiri di Tempat Pelelangan Ikan Mayangan…disana tiap pagi selalu ada PC yg ngalas dan suara ngalasnya indah sekali.
      Dulu di daerah saya juga banyak om, tapi sekarang dah mulai berkurang.
      Mungkin 1 hal yang perlu om Aga pahami dan terapkan adalah, kesabaran dan ketelatenan om, karena untuk membentuk mental PC yang bagus tidak ada cara instan…semuanya butuh waktu. Dan 1 hal yang mungkin tidak boleh dilewatkan adalah, PENGEMBUNAN…karena biasanya PC liar yang kita pelihara, akan butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi lingkungan sangkar dan lingkungan rumah kita…dan PENGEMBUNAN adalah salah satu cara yang ampuh (menurut saya) untuk membuat PC yang kita pelihara agar cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.
      Saya juga merasakan hal itu.
      Dulu waktu saya masih singgle (sekarang dah ganda campuran,,,hehehe), saya selalu lakukan hal itu, dan alhamdulillah PC mau ngalas. Bedanya dengan sekarang, dirumah baru saya masih belum ada gantangan yang cocok buat NGEMBUNKAN si PC…..karena alangkah lebih baiknya kalo PENGEMBUNAN itu dilakukan dengan posisi sangkar si PC berada tepat dibawah langit.
      Mungkin sedikit info ini bisa memberi maanfaat buat om Aga..
      .: SEMANGAT :.

  7. andri,,, di cipete

    Om,,, saya punya pleci d rmh tpi qo tu suara nya msi yg asli… gmna cara nya tu pleci biar bisa b’kicau lantang… trima kasih

    1. Aries Munandi

      kalau saya sendiri belum pernah melihat atau mendengar burung pleci dikasih air susu om, kecuali anakan burung beo mungkin iya agar beo cepat jinak,, kebanyakan pleci hanya diberi air minum biasa dengan air gula (nektar) sebagai minuman tambahannya.

  8. Endang mukhtar

    share mb nih om,mabung kedua dah dua bln ini bulu jatohnya sedikit,bulu dah tua dan rusak,stelan pagi jngkrik 5+kroto,baru 4hr ini pk bird moltpre.tp gak ada tanda2bulu jatoh,mohon saranya dong

    1. Duto Sri Cahyono

      Om, BirdMolt-Pre fungsinya adalah mendorong pertumbuhan bulu baru yang selanjutnya akan mendesak bulu lama/bulu tua agar rontok. Jadi prinsipnya, BMT Pre bukan perontok bulu. Artinya, secepat apa bulu tua rontok, juga tergantung pula pada kondisinya. Kalau pernah menggunakan shampoo burung yang mengandung removal misalnya, biasanya kulit pada bagian pangkal bulu menjadi keras dan membuat bulu susah rontok karena terikat lilitan kulit yang mengeras.
      Silakan cek lagi artikel ini ya: http://omkicau.com/2010/12/19/burung-mabung-antara-cabut-paksa-versus-mandi-sauna/
      Salam.

    1. Aries Munandi

      dioven tujuan agar adonan jadi matang dan kering om, jadi bisa dibuat bubuk seperti halnya voer lembut. kalau di kukus ada kemungkinan adonan akan jadi lembek dan berair kalau sudah begitu pasti cepat basi, karena kandungan telur dan kacang didalamnya :)

  9. MhifthA

    pleci skrang memang pamor.x naik turun ..
    tpii sya ingin pamor pleci tetap n agr tdk trjdu kpunahan bnyk yg menangkarkan jenis burung ini …
    ane doain agr pamor.x tmbah naik ..
    salam cuiiitt_cuiiitt !

Komentar ditutup.