Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Satu lagi tips pencegahan burung salto

Mengatasi burung kacer, atau jenis burung lain, yang sering salto memang tidak semudah mengatasi burung yang over birahi atau galak. Sebab burung salto bisa disebabkan kebiasaan, penyakit, atau kondisi mental yang sedang drop. Ketika satu tips tidak berhasil, bukan berarti tips tersebut salah, tapi lebih disebabkan tidak tepat dengan kondisi burung Anda dengan faktor pemicu yang berbeda. Karena itulah, perlu dicoba tips lain yang mungkin tepat dengan kondisi burung Anda.

Sekadar menyegarkan kembali, omkicau.com pernah beberapa kali mengulas burung salto dan tips / cara pencegahannya, antara lain dalam artiket berikut ini:

Untuk menambah variasi terapi, kali ini saya akan bagikan tips alternatif untuk mengobati dan mencegah burung salto, sekiranya tips terdahulu tidak tepat dengan konsidi burung Anda.

Berikut ini tips menyembuhkan burung salto, kiriman dari rekan saya yang sudah terbukti sukses membuat burung kacernya bisa melupakan gaya saltonya:

  1. Semprot burung dengan air dingin dari arah atas.
  2. Gantung sangkar burung di luar, pada tengah malam, dengan durasi 2 – 3 jam.
  3. Untuk sementara waktu, burung jangan terlalu banyak diberikan jangkrik dan/atau ulat.

Adapun untuk mencegah burung tidak salto lagi, Anda bisa memasang tali nilon pada bagian atas kandang secara horisontal. Lihat detail gambar di bawah ini:

PASANG TALI NILON SESUAI GAMBAR UNTUK MENCEGAH BURUNG SALTO

PASANG TALI NILON SEPERTI PADA GAMBAR, UNTUK MENCEGAH BURUNG SALTO.

Penggunaan tali di sini dianjurkan menggunakan tali nilon, jangan menggunakan kawat atau  benang yang bisa melukai burung.

Terapi pencegahan seperti terlihat pada gambar di atas bertujuan membuat efek jera pada burung yang sering salto. Ketika burung mencoba salto, ia akan tersangkut pada tali nilon, sehingga bisa membuatnya jera / kapok burung jika mencobanya lagi.

Lakukan hal tersebut hingga  burung benar-benar tidak mau salto lagi. Semoga bermanfaat.
Salam sukses dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

8 Comments »

  1. saya sudah mencoba pakai tangkringan banyak,pernah juga diumbar di kandang besar/di dasar pakai karet kalo dia salto akan blik lagi,dan takut,tp setelah saya lihat sudah mulai tidak salto lg sy pindah ke kandang biasa tp saltonya keluar lg,apa pakai metode ini bisa hilang saltonya pada saat benang nylon di ambil?

    Suka

    • tidak om, ini merupakan alternatif lain dari metode yang sama dengan menambah banyak tangkringan, jadi kandang tidak padat oleh tangkringan om :)

      Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.056 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: