Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Ramuan herbal untuk burung paruh bengkok

Anda memiliki burung paruh bengkok (parrot) seperti lovebird, kakatua, nuri, amazon, atau macaw? Burung seperti ini biasanya diberi pakan buah-buahan dan sayuran seperti pisang, apel, wortel, selada, dan sebagainya. Sebenarnya ada variasi buah, sayuran, bahkan rempah-rempah yang bisa digunakan, sekaligus menjadi ramuan herbal yang menyehatkan untuk burung paruh bengkok.

Berikut ini beberapa tanaman yang bisa dijadikan ramuan herbal untuk burung paruh bengkok yang dihimpun dari berbagai sumber:

Berbagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi burung

Berbagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi burung

Lidah Buaya

Jika burung paruh bengkok sering mencabuti atau menggigiti bulu-bulunya, campurkan cairan lidah buaya ke dalam air, lalu masukkan dalam hand sprayer. Semprotkan cairan ini saat burung mandi.

Lidah buaya (Aloe vera) memiliki rasa pahit, sehingga bisa menghentikan kebiasaan burung yang suka menggigit atau  mencabut bulu-bulunya sendiri. Selain itu, lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan permukaan kulit burung, mengurangi rasa gatal, dan iritasi.

Cabai Cayenne

Cabai memiliki khasiat untuk membantu pencernaan burung, karena mengandung vitamin A, C, dan B kompleks, serta mineral penting seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Bahkan cabai juga berkhasiat sebagai obat antiradang dan menyembuhkan radang sendi pada burung paruh bengkok.

Burung paruh bengkok pun menyukai rasa pedas dari cabai ini. Ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan herbal untuk burung anda, tentu dengan pemberian yang tidak berlebihan.

Chamomile

Chamomole adalah tumbuhan semusim dari keluarga bunga matahari (Asteraceae). Tanaman ini tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan Asia yang memiliki empat musim. Khasiat bagi burung paruh bengkok adalah memberikan efek menenangkan.

Karena itu, chamomile kerap digunakan sebagai bahan obat penenang alami paling aman dan paling ringan, sehingga bisa diberikan kepada burung dalam bentuk bunga segar atau kering. Anda juga bisa merendamnya dalam air minum, untuk menenangkan burung yang stres.

Kayumanis

Manfaat kayumanis juga bisa dirasakan burung paruh bengkok. Kayumanis yang masih berujud batangan bisa digunakan sebagai mainan sekaligus makanan untuk parrot. Bahkan serbuknya jika ditaburkan ke dasar kandang bisa menimbulkan aroma wangi dan mengusir semut.

Khasiat lain dari kayumanis adalah memiliki efek antibakteri yang ringan, yang penggunaannya bisa ditaburkan pada makanan segar dalam cuaca panas untuk mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada makanan burung.

Dandelion

Bunga dandelion merupakan  makanan bergizi, bahkan dapat  membersihkan hati / liver burung. Ramuan ini juga bisa mengatasi burung yang kondisinya sedang ngedrop. Selain itu, dandelion mampu menetralisasi burung yang terlalu berlebihan mengkonsumsi biji bunga matahari.

Perlu diketahui, biji bunga matahari memang baik dan lazim dikonsumsi burung paruh bengkok. Tetapi jika konsumsinya terlalu banyak akan memicu penimbunan lemak dalam liver burung. Nah, dandelion bisa menetrasisasi timbunan lemak tersebut.

Bawang putih

Bawang putih kaya akan sulfur dan kalium (potasium), serta  bisa membunuh jamur, bakteri dan parasit dalam usus. Satu siung bawang putih segar bisa dilarutkan dalam air secukupnya, lalu diberikan kepada burung parrot.

Jahe

Apabila ingin membawa burung paruh bengkok dalam perjalanan jauh, maka beberapa iris jahe bisa mecegah regurgitasi (mabuk) selama  perjalanan. Beberapa burung parrot diketahui sering mengalami mabuk dalam perjalanan, setutama saat terjadi goncangan, perut kembung, dan masuk angin. Jadi pemberian beberapa iris jahe bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Rose Hip

Rose hip adalah pembersih darah alami dan penyembuh infeksi. Meski burung memproduksi sendiri vitamin C, tetapi buah rose hip ini memiliki manfaat terhadap sistem kekebalan tubuh.

Begitulah beberapa tanaman yang memiliki khasiat obat yang sangat berguna bagi burung paruh bengkok. Semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi kicaumania.

Salam sukses dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

2 Comments »

  1. sangat bermanfaat sekali info ini…
    kami mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam lomba penulisan artikel jamu di blog ___http://t.co/bjfUZofNpO
    terimakasih, salam.

    Suka

  2. keren tulisannya om…..
    karena kebetulan saya pecinta paruh bengkok…..
    dan mohon ijin tulisan saya share ke temen temen…..supaya menjadi pengetahuan yang berguna dan bermanfaat…….

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.088 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: