Siapakah murai batu terbaik nasional menurut Anda?

Andai lomba burung berkicau digelar secara berseri, sebagaimana konkurs Liga Perkutut Indonesia, atau seperti balap FormulaOne dan MotoGP, barangkali pertanyaan di atas tidak perlu diajukan lagi. Di setiap penghujung tahun sudah bisa diketahui siapa murai batu terbaik, kacer terbaik, atau anis merah terbaik sepanjang tahun, berdasarkan akumulasi poin yang diperolehnya dari seri yang satu ke seri lainnya. Tapi, apa boleh buat, faktanya lomba selalu digelar parsial, sehingga sulit menyebut mana murai batu terbaik nasional.

Sebagai burung yang dijuluki sebagai burung pengicau terbaik di dunia, murai batu memang memiliki pamor tersendiri baik bagi pemilik maupun penonton yang menyaksikannya di arena lomba. Burung ini selalu menyedot perhatian kicaumania, sehingga wajar jika muncul pertanyaan siapa sebenarnya murai batu terbaik di Indonesia sepanjang tahun ini.

Mempertemukan sejumlah murai batu yang kerap berjaya di even nasional (setidaknya masuk 10 besar) barangkali bisa menjawab pertanyaan tersebut. Dalam catatan saya, ada beberapa MB yang kerapkali menjuarai even nasional maupun regional, dan layak dipertemukan untuk memperoleh predikat sebagai murai batu terbaik tahun 2012.

Berikut ini rekapitulasinya, yang mungkin bersifat subjektif, kendati sudah ditunjang dengan membolak-balik data juara sepanjang tahun ini.

WILAYAH NAMA MURAI BATU NAMA PEMILIK
HAPPY BIRTHDAY AKIA JAMBI
PANGLIMA YONGKA JAMBI
RACUN KHADAFI- ACEH BINTANG SF LAMPUNG
ALADIN KHADAFI – ACEH BINTANG SF LAMPUNG
BLOK BARAT JENGGO SLAMET – REGGAE’S TEAM
SEMBRANI AGUS SEMBRANI – JAKARTA
PELOR MAS H. NENDRA – JAKARTA
KILLER H. HENDY CARTON – BEKASI
CASPER ARIE – SRI BINTANG
GOBI YADI SUZUKI – CIREBON
RAJA HUTAN ARIF SS – CIREBON
GEGER H. HENDY CARTON – BEKASI
THUNDER H. SADAT – JAKARTA
BLOK TENGAH NATALIA MR. GUNAWAN – SOLO
SUARA SAKTI ANDY DONK – JOGJA
MONSTER ERICK – CILACAP
BLOK TIMUR SUPER BEJO MING BASKET – SURABAYA
NEGRO TATUK GRAHA – SURABAYA
DINAMIT ABAH LONDO – MALANG
APA KABAR SUSILO PACE – NGANJUK
BALI T-REX D’YAN – SAMURAI BC
MONSTER D’YAN – SAMURAI BC
BELATOR ABAH JAINI – DENPASAR

Harapan untuk mempertemukan mereka membuncah ketika Yayasan BnR berencana menggelar BnR Award 2013 di Taman Wiladatika Cibubur, 20 Januari 2013. Sebagai salah satu even bergengsi, peserta umumnya adalah burung-burung yang pernah berjaya di lomba tingkat nasional, atau setidaknya level regional.

Saat membuka situs resminya di tabloidbnr.com, rupanya enam kelas murai batu sudah full peserta (70 gantangan di setiap kelasnya), mulai dari Best of the Best, BnR, AMB, Jatijajar A, Jatijajar B, hingga Ebod Vit. Batin saya, wah… pasti semua burung jawara seperti tertera pada tabel di atas ikut.

Namun ketika membolak-balik daftar peserta yang sudah memesan tiket, di situs yang sama, sepertinya ada beberapa pemilik murai batu jawara yang absen. Belum diketahui persis mengapa mereka absen. Bisa jadi memang tidak mendaftar karena suatu alasan (misalnya burungnya sedang mabung, sakit, atau sedang diistirahatkan), atau ingin mendaftar tapi kehabisan tiket, atau karena ada alasan lainnya.

AKIA JAMBI DAN HAPPY BIRTHDAY

AKIA JAMBI DAN HAPPY BIRTHDAY

Dalam daftar peserta terdapat nama Khadafi – Aceh SF (pemilik murai batu Aladin) dan Aceh Bintang SF (Racun) dari wilayah Sumatera: basis utama murai batu di Indonesia. Ada satu nama beken di Sumatera yang tak terlihat dalam daftar pemesan tiket, yaitu Akia alias Herjohan dari Jambi, pemilik dua murai batu jawara: Happy Birthday dan Tanaka.

(Update: Akia dipastikan ikut, dengan membawa Happy Birthday atau Tanaka sebagai pelapisnya. Yongka dari Jambi Team juga ikut, kemungkinan menerjunkan murai andalannya, Panglima. Berita selengkapnya bisa dibaca di Jambi Team siapkan jago-jago terbaik menuju BnR Award 2013).

Dari Blok Barat, nama yang sudah terdaftar dalam pemesan tiket antara lain Agus Sembrani – Jakarta (pemilik MB Sembrani), H Nendra – Jakarta (Pelor Mas), dan H Sadat – Jakarta (Thunder). Adapun nama-nama seperti Yudi Suzuki – Cirebon (Gobi) dan H Hendy Carton – Bekasi (pemilik dua MB jawara, Killer dan Thunder) tak masuk dalam daftar pemesan tiket.

Om Gunawan Natalia dan Om Wawan saat main ke rumah Om Kicau

MR GUNAWAN (KANAN) DAN PERAWAT ANDALANNYA, WAWAN, SAAT MAIN KE RUMAH OM KICAU.

Natalia - Murai Batu Mr Gunawan

WAWAN (KANAN) SAAT BERSAMA NATALIA DI PIALA RAJA 2012

Dari Blok Tengah, jawara yang memastikan ikut nampaknya juga hanya Suara Sakti, MB legendaris milik Andy Donk – Jogja. Sedangkan Mr Gunawan – Solo (Natalia) dan Erick Cilacap (Monster), sepanjang mata ini memelototi daftar pemesan tiket, kok tidak ketemu juga. Benarkah keduanya absen, mengingat semua (420) tiket murai batu sudah habis terjual?

Demikian pula dengan sejumlah jawara dari Blok Timur, seperti Super Bejo (Ming Basket – Surabaya), Dinamit (Abah Londo – Malang), dan Apa Kabar (Susilo Pace – Nganjuk) yang tak masuk dalam daftar pemesan tiket. Wakil Blok Timur yang namanya tercatat dalam daftar hanya Tatuk Graha – Surabaya, pemilik murai batu Negro.

Bahkan, kalau saya tidak salah memelototi daftar pemesan tiket, tiga murai batu jawara dari wilayah Bali nampaknya juga absen. T-Rex dan Monster sama-sama milik D’Yan – Samurai BC Bali, tetapi nama D’Yan tak terlihat dalam daftar pemesan tiket. Satu lagi adalah murai batu Belator milik Abah Jaini – Denpasar.

Melihat kondisi di atas, nampaknya pertanyaan siapa murai batu terbaik nasional sepanjang 2012 belum bisa dijawab, karena belum adanya ruang memadai untuk mempertemukan semua jawara. Atau, adakah yang ingin menggelar even superspesial: Grandfinal Murai Batu Nasional ?

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 26 comments

  1. Firmansyah

    Sudah jgn Ribut ribut , yg pntng Woles haha . Kalo mnurut kalian HBD bgus ya emang bgus , tp jgn trlalu over ceritanya .
    Saya prnh liat laganya di Liga BnR Sumatera seri IV di bandar Lampung , HBD mndpt Koncer A pda gntngn no. 13 , dri aksi pnggung FULL NGEPLAY , beda bgt dgn yg Laen , trus ngplay mngangkat ekor naek turun smbL jLn k.knan dn k.kiri , tp pda saat itu kru jmbi team agak ngri dgn gntngan no. 1 yg trdngr tonjolannya tp mndpt koncer B , aneh bukan ?? Tp ya ga papa , soalnya HBD pnya kLbhn dgn Gaya yg Ngeplay .. Tp stau saya Variasi HBD tu biasa ja , dn coba kalian dgr Video pula diyoutube bhkn klo bsa dgr dgn dkat apa bila sdng brlomba , suara nya ituloh “FULL JALAK SUREN” wuahahaha strot tototot krak kekrak kekrakrakrak … Seperti itulah suaranya …

  2. imong iman

    coba kalo semua jagoan di tarungkan sekaligus dan kalo bisa beri jangka waktu yang lama dan jurinya adalah orang orang yang jujur dan anti sogokan hehehe mungkin akan ada jagoan yang akan hadir sebagai pemenang nasional dan kalo bisa jangan terlalu menjempolkan jagoanya bisa jadi orang yang jarang mengonteskan burungnya bisa bikin lebih geger lagi pada saat menggantangkan jagoanya karna saking gacornya kalo menurut ku coba di adakan ifen bener ” mengundang semua jagoanya bukan hanya kelas kelas tertentu dan yang tidak monoton kalo bisa yang indenpenden bukan kelas masing” ( bebas )

  3. andi

    Setuju banget dgn Regards, HBD bunyi 30 % aja bisa nominasi, apa lagi kalau bunyi sampe akhir pasti juara, Coba turun di PBI sama Independen kalo brani.

  4. Murai mania,,, penilai sejati,,,

    Hahaha,, HBD yg terbaik,,, saya pernah liat HBD ga kerja di bnr bandung galamedia dan di bekasi lapangan abri,,, kurang kerja tapi di colok ama juri BNR,, sampai para penonton dan peserta lain menyoraki,,, dan pemilik malu untuk menuruni,, hbd hanya berkibar di bnr,blm pernah di indenpenden pulau jawa dan pbi di pulau jawa,, banyak pertanyaan kalau hbd dianggap yg terbaik,, di setiap event,, yang menjadi sorotan pada saat HBD tidak kerja bisa masuk nominasi BNR,, AYO KITA BUKA MATA DAN TELINGA,, masih banyak yang pantas,, penulis terlalu meng elu elukan HBD,, ingat gan,, masih banyak yang lain,, jngn menulis yng hanya dekat dengan anda,, jadilah penulis yang bijak,, penilai banyak disini,, kami akui HBD bagus,, namun kami tidak masuk akal pada saat hbd kerja kurang bisa juara,, di jambi masih ada sniper dan seda yang bertemu hbd selalu diatas peringkat apabila diluar event BNR,, jngn lupakan dua nama itu cuma karena anda tidak kenal dua legenda tersebut,, pesan kami,anda tantang HBD main di luar event BNR,, apakah bisa juara melawan natalia,super bejo dan suata sakti di blok tengah dan timur di luar event bnr,atau adu panjang tembakan,kekasaran dan variasi lagu dengan pelor mas??? Semua murai terbaik,, namun penilaian tidak hanya di event BNR,, murai terbaik adalah murai yang bisa juara di setiap event,, TIDAK HANYA DI JAMBI DAN DI EVENT BNR SAJA,,,

    Salam satu jiwa

    Regards,
    Murai mania

    1. Duto Sri Cahyono

      Terima kasih masukannya. Ya kalau memang ada fakta lain, silakan saja ditulis/diinformasikan kepada kami, dan tentunya pembaca akan memberikan penilaian untuk setiap pendapat yang muncul di omkicau.com.
      Ada kan fasilitas yang kita sediakan untuk mengirim tulisan? Ini Om: http://omkicau.com/2012/12/18/kirimkan-artikel-foto-cerita-dan-berita-anda-untuk-pembaca-omkicau-com/
      Semoga kalau Anda mengirim tulisan ke kami, tulisannya bagus dan adil sebagaimana harapan Anda kepada kami.
      Terima kasih.

  5. galau

    siapa saja bisa memberi saran burung terbaik,
    menurutku berdasarkan data-data OM KICAU diatas happy b’day pemilik akia jambi udah urutan pertama.apa lagi diambil dari data data seperti majalah Bnr,om kicau,agrobis edisi yang lalu happy b’day pernah merebut 3 gelar terbukti di even pusdikku cup bandung,layak akia alias herdjohan mendapat gelar burung muray batu terbaik tingkat nasional yang secara resmi langsung diberikan oleh bang boy dan pihak lain berupa sertifikat yang dilabeli sebagai burung muray batu terbaik tingkat nasional.

  6. tony indramayu

    Ya HBD adalah muray batu terstabil di indonesia saya pernah melihatnya main di pandawa 5, kerjanya ngotot, stabil, isian nya banyak, HBD murai terbaik,terstabil dan terbagus di INDONESIA tahun 2012

  7. yanto padang

    Happy Birthday! Dia layak meraih Predikat Terbaik.Krn satu satu nya murai yg bisa Quartrick di lomba besar…sudah beberapa x HBD quartrick…baik di sumatera maupun di Jawa…saya pernah melihat HBD main di Bupati Cup Tebo Jambi….durasi emang TOP BGT.

  8. herry Bekasi

    Happy Birthday Adalah Murai yg fenomenal!!!!dia layak menyandang gelar Murai Terbaik 2012….saya adalah penggemar murai batu dan mengikuti lomba kemanapun ada lomba besar BNR….dan Happy Birthday sudah Lebih dr 10 x berturut turut juara 1 di event2 besar dr lomba di sumatera,dki jkt sampe bandung jabar….satu2 nya burung yg mempunyai kestabilan paling spektakuler dan durasi yg edan….tidak ada pilihan lain selain murai HAPPY BIRTHDAY sebagai Murai Terbaik 2012….

  9. rudi mjs medan

    Kalau saya ya milih happy b’day milik akia atau herjohan jambi karena juara satunya aja udh gk terhitung lomba di sumatra dan jawa,natalia aja kalah,happy birthday stabil lagi

  10. ahui palembang

    Om di daerah jambi ada juga murai yg fenomenal yaitu pangeran dan hokky milik ayong jambi, pangerannya itu legenda dari tahun 2006 dan lawan pangeran dulu aja kusut dan HB’day dan gk pernah menang loh

  11. Siboleng

    Om Duto,pernah dengar murai batu bernama Bomber milik Yoan-Seririt.menurut sy juga layak menjadi salah satu murai terbaik.Salam,gg

Komentar ditutup.