Performa samyong di alam bebas dan di sangkar

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Beberapa kicaumania, sebagaimana terungkap melalui komentar mereka di sebuah thread forum kicaumania.or.id, nampaknya mulai kepincut lagi dengan samyong sebagai burung piaraan di rumah. Apalagi belakangan ini burung endemik Flores itu muncul kembali di Pasar Burung Pramuka Jakarta dan Pasar Burung Bratang Surabaya. Performa kicauan samyong di alam bebas memang mempesona. Tetapi bagi yang berhasil menjinakkannya, ocehannya lebih dahsyat ketika dipelihara di dalam sangkar.

BURUNG SAMYONG DI ALAM BEBAS DAN SAMYONG DI DALAM SANGKAR

BURUNG SAMYONG DI ALAM BEBAS DAN SAMYONG DI DALAM SANGKAR

Masyarakat Flores dan sekitarnya menyebut samyong (Pachycephala nudigula) dengan nama burung garugiwa. Dalam literatur internasional, burung ini dikenal dengan nama bare-throated whistler karena pada bagian tenggorokan (leher depan) terdapat semacam gelambir berwarna merah (tidak ditumbuhi bulu). Gelambir ini akan membesar saat burung berkicau.

Mengenai karakteristik burung samyong, silakan buka kembali artikel Suara burung samyong memekakkan telinga, lengkap dengan gambar dan beberapa audio. Om Duto pernah memelihara samyong di rumahnya.

Dalam posting kali ini, saya sekadar ingin membandingkan performa suara samyong jantan di alam bebas dan suara mereka di dalam sangkar, atau setelah melalui campur tangan manusia. Ternyata hasil perawatan manusia bisa memperbaiki kualitas dan variasi suara samyong, meski harus diakui, tidak mudah untuk merawat samyong (lain waktu saya posting bagaimana perawatan samyong).

Performa samyong di alam bebas

  • Video supersobat di youtube

  • Video larsphoto di youtube

  • Video ezawahyudi di youtube

Performa samyong di dalam sangkar

  • Video Om Sadsid di photobucket

Video Om Sadsid di photobucket

  • Video tiwiradhite di youtube

Semoga bermanfaat

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159.153 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: