Crop needle, peranti penting untuk penangkaran burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Para penangkar burung yang sudah terbiasa melakukan handfeeding (pelolohan) untuk piyik-piyik sebelum masa sapih umumnya sudah mengenal peralatan ini. Namanya crop needle, yang bisa digunakan untuk meloloh makanan atau memasukkan material obat / suplemen burung. Sebagian penangkar di Indonesia mungkin lebih akrab dengan istilah spuit (spet) antikarat. Apapun namanya, untuk menambah pengetahuan kita bersama, artikel kali ini khusus membahas crop needle, termasuk cara penggunaannya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bentuk Jarum lurus dan lengkung
CROP NEEDLE DENGAN SPET LURUS (KANAN) DAN MELANGKUNG.

Crop needle adalah sebuah spet berbentuk lurus atau melengkung, terbuat dari bahan stainless, dengan bagian ujung tumpul. Peranti ini dapat digunakan untuk menyuntikan obat-obatan (burung segala usia) atau memberi makanan langsung ke tembolok anakan / piyik burung. Melalui alat ini, Anda pun bisa melakukan handfeeding secara lebih mudah, dalam rangka meningkatkan produktivitas indukan.

Penggunaan crop needle tidak akan membahayakan burung, atau membuat burung stres, karena sudah banyak digunakan dan direkomendasikan para penangkar maupun dokter hewan di seluruh dunia. Hanya saja, untuk menggunakannya secara aman, Anda perlu mengikuti aturan bakunya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cara menggunakan crop needle

  • Sebelum digunakan, sebaiknya spet dicelupkan dulu dalam air hangat, untuk melumasi bagian dalam dari lubang spet tersebut. Tanpa penghangatan, dikhawatirkan suhu stainless yang dingin akan mengejutkan bagian tembolok (crop) pada burung.
  • Pegang burung dengan tangan kiri dalam posisi menggenggam. Berikan sedikit tekanan pada tembolok agar sewaktu spet mulai dimasukkan bisa langsung terasa oleh jari.
CARA MEMEGANG BURUNG ( avianweb )
CARA MEMEGANG BURUNG ( Foto :  Avianweb )

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

CARA MENGGUNAKAN CROP NEEDLE
CARA MENGGUNAKAN CROP NEEDLE
  • Spet yang sudah diisi obat / suplemen burung, atau bahan makanan, di masukkan pelan-pelan ke dalam paruh, bisa melalui sisi kiri atau kanan dari paruh burung. Dengan jari tangan kiri yang menggenggam burung. Anda bisa merasakan sampai spet berada di bagian tembolok.
  • Tekan bagian suntikan (syringe) sehingga obat atau makanan perlahan-lahan tertekan ke bawah, masuk sampai ke tembolok. Setelah material yang diinjeksikan habis, spet diangkat pelan-pelan dan burung pun bisa dikembalikan ke sangkar / kandang.
croptubefeeding
(Gambar forum.backyardpoultry.com)

Untuk melihat langsung praktik handfeeding, silakan simak aplikasinya pada anakan lovebird dalam video berikut ini:

Dalam beberapa hal, pemberian obat / suplemen untuk burung jauh lebih efektif menggunakan crop needle daripada pemberian melalui obat / suplemen yang dilarutkan dalam air minum. Mengapa? Sebab burung mengkonsumsi air minum relatif sedikit, kecuali sebangsa merpati, perkutut, puter, dan derkuku. Tak hanya itu, burung sakit atau kondisinya lemah sangat sulit mengkonsumsi air, sehingga penggunaan crop needle dianggap jauh lebih efektif.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

5 Comments

  1. Toko di mana itu ? Kota mana? Nama tokonya? Saya keiling madiun dan sekitarnya tdk ketemu2 crop needle. Bisa pesenkah? Atau bisa minta tlp toko yg jual crop needle? Thx

    • modelnya ada macam2 om, yang ada dipasaran kita mungkin lebih dikenal dengan sebutan crop tube, syringe dsb. sedangkan untuk crop needle ini biasanya hanya tersedia di toko-toko alat pertanian dan peternakan yang lengkap.

  2. mlm om… Pengen tanya.
    di toko apa kita bisa bli crop needle om?
    Apakah spet tsb memang dkhususkan buat burung?
    Kalo untuk jarum suntiknya apakh bisa seperti yg dipake dokter, atau harus ada khusus diameter nya?

    • Biasanya dijual ditoko obat-obatan khusus unggas om, memang dikhususkan untuk burung dan unggas makanya ujung jarumnya berbentuk bulatan seperti bola, jadi tidak akan melukai tenggorokan burung, untu diameter tentu saja beda ukuran beda burung sebagai patokan untuk burung kenari/finch menggunakan ukuran 18 dan parkit / lovebird ukuran 14-16.

Komentar ditutup.