Egg food sebagai pengganti kroto: Studi kasus burung tledekan

Sebagian penangkar burung tledekan (Niltava grandis) di Eropa, khususnya di Belgia, sejak lama sudah menerapkan pemberian makanan berupa egg food kepada burung piaraan mereka. Dalam hal ini, egg food tetap difungsikan sebagai makanan tambahan (extra fooding) pada burung pemakan serangga seperti tledekan atau sulingan, atau bisa dikatakan sebagai pengganti kroto. Di Eropa, tledekan disebut sebagai greater niltava, ada juga yang menyebutnya large niltava. Kalau tledekan bisa, kemungkinan besar burung pemakan serangga lainnya juga bisa. Bagaimana pula dengan burung berkicau pemakan non-serangga?

GREATER NILTAVA

GREATER NILTAVA

Selama ini, egg food lebih sering diterapkan pada burung kenari, finch, dan keluarga paruh bengkok seperti lovebird, parkit, dan burung palek (cockatiel). Ketika para penangkar di Eropa lazim memberikan egg food untuk tledekan, sebagai pengganti kroto, ini yang menarik untuk dicermati.

Konteksnya bukannya kita ingin mengganti kroto dengan jenis pakan lain. Bagaimana pun, kroto sejak dulu terbukti menjadi extra fooding (EF) paling efektif untuk burung berkicau, dan sebagian besar burung ocehan sudah sangat adaptif dengan telur semut rangrang tersebut. Jadi, penggunaan egg food di sini sebenarnya sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan kroto di musim hujan.

Memang ada sedikit perbedaan dalam perawatan tledekan di negeri kita dengan Eropa. Kita jarang sekali memberikan buah berry (mahal bro…), sementara penangkar di Eropa kerap memberikannya terutama di musim dingin. Ini bukan persoalan besar, karena buah berry memang kurang popular di sini.

Yang lebih penting adalah tledekan merupakan burung yang murni pemakan serangga (insectivora). Maka, beberapa jenis serangga jangkrik, ulat hongkong, dan ulat bambu harus diberikan dalan kondisi hidup untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Karena itu, ketika membuat egg food, bahan pakan dari serangga tetap dimasukkan atau dicampur dengan telur. Ramuan ini ternyata mampu membuat burung tledekan, baik dalam perawatan biasa maupun dalam penangkaran, menjadi lebih aktif dan produktif. So, tidak ada salahnya kita mencobanya sendiri di rumah.

Resep egg food untuk tledekan

  • Siapkan telur rebus yang sudah matang, kemudian ditumbuk halus atau diblender bersama beberapa jenis serangga, sehingga menjadi butiran lembut.
  • Akan lebih baik lagi jika menggunakan serangga yang sudah dikeringkan. Tepung jangkrik instan yang kini banyak dijumpai di pasaran juga sangat bagus
  • Jika adonan masih terasa kasar, silakan dilunakkan atau dilembabkan dengan cara menambahkan tahu atau juga susu.
  • Sekarang makanan olahan sudah menjadi serbuk dan bisa diberikan langsung kepada tledekan sebagai pengganti kroto, terutama ketika kita kesulitan memperoleh kroto di pasaran.
BLENDER SELURUH BAHAN HINGGA MENJADI BUBUK

BLENDER SELURUH BAHAN HINGGA MENJADI BUBUK

Dari sini kita berpikir, burung tledekan mau mengkonsumsi egg food. Pleci juga mau menyantap makanan ini, bahkan omkicau.com sudah membeberkan resep pembuatannya di sini. Lalu, bagaimana jika egg food diberikan kepada burung pemakan serangga lainnya seperti murai batu atau ciblek?

Melihat kandungan gizinya yang relatif berimbang dengan kroto, kemungkinan besar jenis burung pemakan serangga lainnya juga mau. Mungkin Anda mau mencobanya sebagai makanan tambahan saja, dan bukan sebagai pengganti kroto ?

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

4 pemikiran pada “Egg food sebagai pengganti kroto: Studi kasus burung tledekan

  1. mantab om artikelnya, saya dah lama menambahkan telur puyuh pada burung ciblek sbg pengganti kroto, ternyata tuh ciblek cukup doyan, cukup setengah butir tuk 2 hari.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s