Memanfaatkan cangkang telur untuk pakan burung

Cangkang atau kerabang telur ayam, itik, atau puyuh biasanya kita buang begitu saja, karena yang dibutuhkan adalah isinya yang terdiri atas putih telur (albumin) dan kuning telur (yolk). Cangkang telur dibuang karena dianggap tidak berguna lagi. Padahal, cangkang telur masih bisa dimanfaatkan untuk kegunaan lain, termasuk untuk pakan burung yang kaya mineral, khususnya kalsium (Ca).

Kalsium sangat bermanfaat untuk burung muda, karena menjadi bahan utama dalam pembentukan tulang dan paruh sehingga tumbuh normal dan kuat. Kalsium juga sangat penting untuk burung penangkaran, terutama induk betina yang sedang bertelur dan / atau mengerami telur-telurnya.

Untuk membuatnya menjadi bahan pakan, kumpulkan cangkang telur dalam satu wadah. Bersihkan semua bagian luar dan bagian dalam cangkang hingga besih. Jika sudah bersih, semua cangkang ditumbuk hingga menjadi butiran kecil yang lembut.

Selanjutnya, butiran lembut cangkang disangrai atau digoreng tanpa minyak, dengan tujuan menghilangkan kadar air yang terkandung di dalamnya. Setelah disangrai, dihaluskan lagi dengan cara ditumbuk.

kulit telurSekarang butiran cangkang telur bisa diberikan kepada burung berkicau, perkutut / derkuku, dan merpati. Cara penggunaannya bisa dicampurkan dengan voer. Khusus burung kenari, finch, lovebird, dan burung palek (parkit australia) bisa ditempatkan dalam wadah tersendiri,

Anda juga bisa mencampurkankannya dalam egg food, terutama untuk kenari, finch dan burung paruh bengkok, serta pleci. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan cangkang telur yang semula dianggap tak berguna dan lebih sering dibuang, menjadi pakan burung yang menjadi sumber kalsium.

Hanya saja perlu ditekankan catatan di sini:

Pemberian kerabang telur yang tidak terukur dalam perbandingannya dengan unsur pakan lain, bisa menyebabkan burung over kalsium. Hal ini bisa menyebabkan egg binding atau telur susah keluar pada burung betina produktif. Hal itu sering berakibat fatal. Cek misalnya artikel  di sini: Egg binding momok bagi penangkar burung.

Untuk ukuran komposisi mineral yang tepat dan tidak menimbulkan risiko atau juga memudahkan Anda dalam pemakaian tanpa perlu repot-repot, Anda bisa menggunakan mineral burung yang sudah jadi. Tinggal pakai. Silakan cek artikel mineral burung.

Semoga bermanfaat.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

7 pemikiran pada “Memanfaatkan cangkang telur untuk pakan burung

  1. sekalian om troble mb,dah pk bird molt pre,masih bandel,bl udah kusam,stelan jangk.15-10,kroto,voer ayam,itu jg masih kurang porsi dia,stresss om

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s