Memanfaatkan cangkang telur untuk pakan burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cangkang atau kerabang telur ayam, itik, atau puyuh biasanya kita buang begitu saja, karena yang dibutuhkan adalah isinya yang terdiri atas putih telur (albumin) dan kuning telur (yolk). Cangkang telur dibuang karena dianggap tidak berguna lagi. Padahal, cangkang telur masih bisa dimanfaatkan untuk kegunaan lain, termasuk untuk pakan burung yang kaya mineral, khususnya kalsium (Ca).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kalsium sangat bermanfaat untuk burung muda, karena menjadi bahan utama dalam pembentukan tulang dan paruh sehingga tumbuh normal dan kuat. Kalsium juga sangat penting untuk burung penangkaran, terutama induk betina yang sedang bertelur dan / atau mengerami telur-telurnya.

Untuk membuatnya menjadi bahan pakan, kumpulkan cangkang telur dalam satu wadah. Bersihkan semua bagian luar dan bagian dalam cangkang hingga besih. Jika sudah bersih, semua cangkang ditumbuk hingga menjadi butiran kecil yang lembut.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Selanjutnya, butiran lembut cangkang disangrai atau digoreng tanpa minyak, dengan tujuan menghilangkan kadar air yang terkandung di dalamnya. Setelah disangrai, dihaluskan lagi dengan cara ditumbuk.

kulit telurSekarang butiran cangkang telur bisa diberikan kepada burung berkicau, perkutut / derkuku, dan merpati. Cara penggunaannya bisa dicampurkan dengan voer. Khusus burung kenari, finch, lovebird, dan burung palek (parkit australia) bisa ditempatkan dalam wadah tersendiri,

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Anda juga bisa mencampurkankannya dalam egg food, terutama untuk kenari, finch dan burung paruh bengkok, serta pleci. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan cangkang telur yang semula dianggap tak berguna dan lebih sering dibuang, menjadi pakan burung yang menjadi sumber kalsium.

Hanya saja perlu ditekankan catatan di sini:

Pemberian kerabang telur yang tidak terukur dalam perbandingannya dengan unsur pakan lain, bisa menyebabkan burung over kalsium. Hal ini bisa menyebabkan egg binding atau telur susah keluar pada burung betina produktif. Hal itu sering berakibat fatal. Cek misalnya artikel  di sini: Egg binding momok bagi penangkar burung.

Untuk ukuran komposisi mineral yang tepat dan tidak menimbulkan risiko atau juga memudahkan Anda dalam pemakaian tanpa perlu repot-repot, Anda bisa menggunakan mineral burung yang sudah jadi. Tinggal pakai. Silakan cek artikel mineral burung.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

7 Comments

  1. sekalian om troble mb,dah pk bird molt pre,masih bandel,bl udah kusam,stelan jangk.15-10,kroto,voer ayam,itu jg masih kurang porsi dia,stresss om

  2. Om., ada masukkan nih,. Kalsium bisa didapat juga dari biji WIJEN, dan mengandung mineral yg lain juga, vitamin B1,

Komentar ditutup.