All about cucak jenggot dan kapas tembak: Perawatan harian, OB, mabung, dan macet bunyi

Di sejumlah lomba dan latber burung berkicau, kelas cucak jenggot dan kapas tembak seringkali disatukan, karena kedua jenis burung berbeda spesies ini memang memiliki kemiripan. Meski suara kapas tembak terdengar lebih tajam dan kasar, sebagian kicaumania kerap bingung membedakannya dari cucak jenggot. Belakangan ini, sebagian event organizer (EO) mulai memisahkan kelas cucak jenggot dan kapas tembak, tetapi keduanya justru makin popular.

Cucak jenggot kanan - kapas tembak kiri

Cucak jenggot kanan – kapas tembak kiri

Di Lampung, khususnya Bandar Lampung, Tanjung Karang, dan Pringsewu, kapas tembak bahkan sudah menempati level 2 dalam hal jenis burung yang paling popular. Ya, popularitasnya hanya kalah dari murai batu, kacer, dan lovebird yang menempati level 1. Tetapi kapas tembak masih lebih popular daripada kenari dan cucak hijau (level 3) dan anis merah, anis kembang, pentet, dan cucak jenggot (level 4).

Beberapa event terbaru di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, juga mulai memisahkan cucak jenggot dan kapas tembak, meski frekuensi lomba untuk cucak jenggot lebih sering daripada kapas tembak. Semua ini menunjukkan ada perkembangan cerah dari kedua jenis burung ini, terutama pada tahun 2013 ini.

Nah, bagi kicaumania yang masih bingung membedakan cucak jenggot dan kapas tembak, silakan buka kembali artikel lama di sini. Jangan sampai keliru memasukkan cucak jenggot ke kelas kapas tembak, atau sebaliknya.

Sesuai dengan judul artikel ini, yang diberi awalan All about cucak jenggot dan kapas tembak, kita akan kupas-tuntas berbagai persoalan yang kerap dialami sobat kicaumania mengenai kedua jenis burung tersebut, terutama perawatan harian, menangani burung yang macet bunyi, kondisi burung ketika over birahi, serta perawatan burung selama dan setelah mabung.

Perawatan harian cucak jenggot dan kapas tembak

Secara umum, perawatan harian untuk cucak jenggot atau kapas tembak tidak jauh berbeda dari jenis burung kicauan lainnya, mulai dari perlakuan mandi dan jemur yang cukup, pemberian pakan yang bergizi dan serasi, serta pemberian extra fooding secara rutin, termasuk buah-buahan.

Referensi penting untuk PERAWATAN UMUM bisa dilihat di sini.

Dalam praktiknya, banyak kicaumania yang memberikan resep khusus agar burungnya menjadi lebih rajin berbunyi, khususnya burung bakalan. misalnya dengan memasukan potongan kecil atau irisan kecil jahe ke tubuh jangkrik sebelum diberikan kepada burung. Ada juga yang rutin memberikan perlakuan mandi malam untuk burungnya, diembunkan menjelang fajar (sekitar pukul 03.00) sambil diberikan kroto atau telur semut rangrang.

Untuk pemasteran cucak jenggot dan kapas tembak, Anda bisa menggunakan suara masteran dari burung cililin, tengkek, dan suara burung gereja tarung, atau suara masteran dengan speed rapat yang bisa Anda download dalam link-link di bawah ini.

Berikut ini beberapa variasi suara cucak jenggot dan kapas tembak yang bisa Anda dengar dan download.

  • Suara burung cucak jenggot


Download 1 | Download 2

  • Suara burung kapas tembak


Download 1 | Download 2

Penanganan burung yang macet bunyi

Dalam kondisi tertentu, terkadang burung cucak jenggot maupun kapas tembak ini yang semula rajin bunyi atau atau gacor, tiba-tiba mulai jarang berbunyi atau malah macet bunyi. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya perlu dicari terlebih dulu apa penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan burung macet bunyi :

  • Burung akan memasuki masa mabung (pergantian bulu) atau sedang mabung.
  • Burung dalam kondisi kurang sehat atau tidak fit.
  • Burung mengalami serak dan sesak nafas sebelum akhirnya macet bunyi.
  • Burung dalam kondisi stres karena kaget atau ketakutan.
  • Burung dalam kondisi kalah mental / drop.
  • Burung dalam kondisi over birahi (OB)

Berikut ini beberapa cara menangani burung yang macet tersebut.

  • Burung sebaiknya dipisahkan dulu dari burung lain, dengan cara digantung di tempat tenang dan sepi.
  • Berikan pakan seperti biasa, termasuk buah-buahan yang bervariasi. Bisa juga buah diolesi dulu dengan madu asli (tipis saja) sebelum diberikan kepada burung.
  • Berikan extra fooding seperti jangkrik atau ulat hongkong dalam porsi 2 ekor pagi dan sore hari.
  • Untuk sementara burung tidak perlu dimandikan.
  • Jika memungkinan, cobalah ganti sangkar yang lebih luas agar burung lebih cepat ke kondisi normal dan mau berkicau kembali.
  • Khusus burung yang mengalami OB, solusinya bisa dilihat pada bagian Penanganan burung yang over birahi.

Apabila tips di atas belum mempan, karena kondisi dan karakter burung memang tidak selalu sama, terapi pengobatan menjadi pilihan yang bijak. Itu pun disesuaikan dengan faktor penyebabnya, dengan rincian sebagai berikut :

  • Apabila macet bunyi terjadi di awal masa mabung, Anda bisa memberikan BirdMolt-Pre. Terapi ini bukan untuk mengatasi macet bunyi, tetapi mempercepat proses pergantian bulu secara tuntas, sehingga burung bisa kembali ke kondisi normal.
    Setelah proses mabung selesai, berikan BirdMolt-Post, yang antara lain berfungsi memulihkan kondisi burung pasca mabung. Seperti diketahui, burung sehabis mabung sering macet bunyi dan nyekukruk. Di sinilah Anda akan merasakan efek positif pemberian BirdMolt-Post kepada burung yang habis mabung.
  • Jika sebelum macet bunyi Anda mendengar suara burung yang serak, dengan nafas berat, maka solusi yang dianjurkan adalah menyembuhkannya dengan pemberian BirdTwitter.
  • Untuk burung yang tidak fit, stres, drop atau kalah mental, pemberian BirdShout bisa membantu pemulihan burung sehingga bisa kembali berkicau.

Penanganan burung yang over birahi (OB)

Ada kesamaan sifat atau karakter antara cucak jenggot dan kapas tembak ketika mengalami over birahi (OB), antara lain :

  • Burung menjadi jarang berbunyi, dengan posisi kedua sayap yang selalu diturunkan dan terkadang sambil ngeleper.
  • Jika dipertemukan dengan burung lain, apalagi burung jantan, cucak jenggot / kapas tembak jantan yang mengalami OB akan berusaha menyerang, sambil mengeluarkan bunyi “pik.. pik.. pik..” atau “cuit.. cuit.. cuit..”.
  • Pada cucak jenggot / kapas tembak betina yang mengalami OB, jika dipertemukan dengan burung lain  apalagi burung sejenis yang jantan, akan mengeleperkan sayapnya sambil naik-turun tangkringan, serta mengeluarkan pula suara “pik.. pik.. pik..” atau “cuit.. cuit.. cuit..”. Biasanya, burung tersebut esok hari akan bertelur.

Penyebab OB sangat beragam, mulai dari pemberian pakan dengan kadar protein terlalu tinggi (misalnya porsi pemberian jangkrik dan kroto terlalu banyak), penjemuran yang terlalu lama, atau sering didekatkan dengan burung sejenis yang berbeda kelamin.

Untuk menanganinya, disesuaikan dengan faktor penyebabnya, misalnya  :

  • Mengurangi jatah extra fooding, seperti jangkrik dan kroto.
  • Memberikan terapi mandi malam, untuk menurunkan libido atau birahinya.
  • Memberikan buah-buahan segar seperti timun, tomat, dan peer.

Perawatan burung selama masa mabung

Perawatan cucak jenggot dan kapas tembak selama masa mabung (rontok bulu) membutuhkan perhatian ekstra. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

  • Selama masa mabung, sangkar burung sebaiknya full kerodong, dan hanya dibuka saat mengganti pakan dan air minum atau ketika membersihkan kotoran.
  • Pemberian mandi sebaiknya dijarangkan dulu, misalnya tiga hari sekali. Usai mandi tidak perlu dijemur, tapi cukup diangin-anginkan, dan setelah itu kembali dikerodong.
  • Pemberian pakan dan EF seperti biasa
  • Berikan vitamin dan suplemen untuk membantu burung mengatasi masa mabungnya dengan kondisi yang sehat dan fit, misalnya BirdMolt-Pre.

Perawatan setelah masa mabung berakhir

Setelah cucak jenggot / kapas tembak melewati masa mabung, di mana saat itu burung mulai mengalami pertumbuhan bulu-bulu baru, Anda bisa melakukan beberapa perawatan berikut ini:

  • Burung tetap diberikan full kerodong.
  • Bersihkan kandang setiap hari.
  • Perlakuan mandi bisa ditingkatkan menjadi 2 kali sehari. Setelah mandi, burung cukup diangin-anginkan dan kembali dikerodong secara penuh.
  • Pemberian pakan dan EF sedikit ditingkatkan dari porsi biasanya.
  • Berikan suplemen khusus untuk pemulihan kondisi burung serta mendukung pertumbuhan bulu-bulu baru. Dalam hal ini, BirdMolt-Post menjadi sahabat setia burung mabung. Selain memulihkan kondisi burung dan membuatnya cepat bersuara lagi, suplemen ini juga membuat bulu baru tumbuh sehat dan mengkilap.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 10 comments

  1. tata

    om klu mndi mlam ny rutin tiap hari apa tidk apa2 om?brti klu mndi mlam shri jdi 3x mndi ny om apa cma pgi sma mlm dn.sore tidk bgtu kah om?

    1. Aries Munandi

      bukan hanya pentet om burung lain juga begitu pindah kandang pasti akan diem/tidak berbunyi selama beberapa hari, setelah burung bisa beradaptasi dengan sangkar barunya barulah ia akan kembali berkicau lagi dengan normal. kalau mau, coba tenggeran lamanya digunakan lagi di sangkarnya yang baru om :)

  2. Teguh Budiarto

    Maaf Om,,,,,,,saya mau nanya. CR dr satu sangkar kalau utk indukan apakah susah untuk menetaskan telornya?. Matur nuwon,dalem tenggo wangsulane ya Om.

  3. Teguh Budiarto

    Malem Om,,,. Sebulan yg lalu saya beli obat kutu freshaves,dan birdmatur produk om kicau dan hasilnya cukup bagus. Dua mggu stlh pakai birdmatur CR saya langsung jodoh dan sempat buat sarang. Tp seribu sayang CR saya yg jantan terlepas krna lupa tdk nutup pintu kandang. Skrng lg nyari CR jantan,smga cpt dapat yg pas om.

  4. cakra

    Mau tanya om… Ada tips kusus ga biar CJ suka ama jangkrik , soalnya CJ saya d kasih jangkrik 2 cuma d makan 1 , sisanya ditelantarin ? Makasih om sebelumnya

    1. redaksiomkicau

      kalau memang maunya cuma 1 dan burung tetap gacor tidak masalah om bisa ditambahkan kroto sesekali, semakin banyak ef tidak membuat burung semakin gacor. sesuaikan karakternya saja, kan lumanyan ngirit jangkrik juga hehhe.

  5. rizal

    mau tny om c.jenggot ane jenis kelaminya cew,akir2 uda 2bl kira2 amp skr sering jatuh bulu2 kecil.terkadang yg bsr jg,tp yg paling sering bulu halus..apa ini yg dinamakan burung susah mabung.pdhl ef jarang sekali tlg bantuanya trims

  6. Efryantoni

    Ralat sedikit om, di sumatra kapas tembak dipisahkan klsnya tersendiri gak digabung sama jenggot. Dan perlu diketahui kls jenggot cuma di buka di lampung dn psertanya setengah itu sdh tll banyak. Yg ikut kontes KT jantan. Kt suaranya lebih kristal dibanding CJ. Yg kasar itu suara CJ.

Komentar ditutup.