Duta KM Cup II di Cakung, 27 Januari 2013: Prototype untuk lomba fair play

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Akhirnya yang ditunggu-tunggu kicaumania Indonesia datang juga. Lomba Burung Berkicau Duta KM Cup II dipastikan akan digelar di Perumahan Metland Menteng, Cakung, Jakarta Timur, hari Minggu tanggal 27 Januari 2013. Inilah lomba yang disebut-sebut bakal menjadi prototype sebuah gelaran lomba yang fair play. Meski bukan pekerjaan mudah, di tengah keragaman sikap dan perilaku para pelomba burung, panitia berusaha keras untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Brosur-Lomba-Burung-Duta-KM-Cup-II-2013

Menurut Ketua Panitia Duta KM Cup II, Danang VW, lomba diawali dengan kelas Branjangan dan dimulai tepat pukul 10.00. Menyusul kemudian 25 kelas lainnya hingga yang terakhir adalah kelas Glawing Bronce (jadwal lengkap bisa dilihat pada brosur lomba).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Om Yogi Prayogi (Om CJ), selaku pelindung sekaligus ketua umum Kicau Mania, mengingatkan semangat fair play harus dimulai dari diri sendiri (baca: peserta lomba), dengan tidak melakukan teriakan di arena lomba, dan tidak mencoba main KKN dengan juri. Semangat fair play juga harus tertanam pada diri juri dan segenap panitia, dengan mengabaikan segala iming-iming material dan non-material dari peserta.

Duta KM Cup merupakan gelaran rutin tahunan, di mana even perdana digelar tahun lalu di lapangan Hobyku, Ciganjur, Jakarta Timur. Yang diutamakan dalam even ini bukan siapa yang menang, melainkan bagaimana menjadikan organisasi Kicau Mania (KM) sebagai ajang silaturahmi antar-member KM, maupun non-member KM. Melalui lomba inilah, berbagai gesekan yang pernah terjadi baik di dunia online maupun offline bisa cair.

Peraturan Lomba Duta KM Cup II

Demi ketertiban lomba, dan agar lomba berjalan dengan lancar dan fair play (objektif), Panitia membuat Peraturan Lomba Burung Berkicau Duta KM Cup II 2013 sebagai berikut:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  1. Peserta dilarang berteriak, menyebut, memangil, bersiulan dan / atau membunyikan peralatan apapun selama lomba berlangsung.
  2. Peserta dilarang berteriak menyebut nomor gantangan dan memanggil nama juri, korlap atau panitia yang bertugas.
  3. Peserta dilarang menyebut asal daerah, nama orang, bird club, dan organisasi perburungan.
  4. Peserta dilarang mengibarkan / mengibaskan kerodong burung atau melambaikan tangan.
  5. Peserta dilarang naik dan / atau meloncat pagar pembatas lomba.
  6. Jika peserta melanggar salah satu dari aturan 1 s/d 5, maka :
    • Akan diberi peringatan pertama berupa Bendera Peringatan yang berwarna putih.
    • Burung peserta lomba yang telah mendapatkan Bendera Putih tidak berhak mendapatkan Koncer A dan Koncer B.
    • Jika masih mengulang salah satu dari poin 1 – 5, maka akan diberi Bendera Dis (diskualifikasi) yang berwarna hitam, sebagai tanda sanksi diskualifikasi sehingga tidak diperhitungkan lagi dalam lomba.
  7. Peserta wajib menyerahkan struk yang telah diisi data lengkap pada saat masuk lapangan lomba ke petugas lapangan (note: bila ada struk).
  8. Hanya dua (2) orang yang diperbolehkan memasuki arena lomba: pemilik burung dan joki per setiap burung.
  9. Batas waktu penggantungan burung akan dihitung mulai dari 0 sampai dengan 10 hitungan :
    • Peserta yang telah menggantangkan burung selama dalam hitungan 0 s/d 10 tersebut diberi Bendera Lambat yang berwarna pink.
    • Peserta yang mendapatkan Bendera Lambat tidak berhak mendapatkan Koncer A dan Koncer B.
    • Peserta lomba yang tidak mendapatkan Bendera Lambat berhak mendapatkan Bendera Favorit A dan Bendera Favorit B.
  10. Penilaian Khusus:
    • Untuk kelas gratis, yaitu Branjangan dan Murai Batu Borneo, akan menggunakan juri-juri KM.
    • Untuk Kelas Plelci (PC) akan menggunakan juri PCMI (Pleci Mania Indonesia) dan Tata Penilaian PCMI akan kami umumkan selanjutnya.
  11. Dilarang membawa burung masuk ke lapangan, selain burung yang dilombakan (misalnya burung untuk ngecas; ngecas burung hanya di luar lapangan lomba).
  12. Peserta dengan alasan apapun dilarang masuk ke dalam lapangan lomba saat juri melakukan penjurian.
  13. Pengurus inti KM (Ketua / Waka, Sekjen, Bendahara, Pengurus Lomba), semua panitia Lomba Burung Berkicau, serta Juri / Korlap Duta KM Cup II 2013 dilarang menurunkan burungnya di lomba ini.
  14. Segala risiko berupa bencana alam, kehilangan dan sebagainya, menjadi tanggung jawab peserta.  Panitia tidak bertanggung jawab.
  15. Dengan alasan apapun, tiket yang sudah dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan lagi.
  16. Keputusan Juri dan Korlap adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  17. Peserta yang ikut Lomba Burung Berkicau Duta KM Cup II 2013 dianggap telah menyetujui dan taat pada peraturan Lomba Duta KM Cup II 2013.
  18. Peraturan ini dapat berubah dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan lomba.

Peraturan ini ditandatangani di Jakarta pada tanggal 4 Januari 2013, oleh Danang Herwianto (koordinator lomba / juri KM), STD (chief juri KM), dan Burhan (chief event & lomba KM), serta diketahui Ketua Umum KM Yogi Prayogi dan Wakil Ketua KM Ali Hendro.

Bagi yang berminat mengikuti Lomba Burung Berkicau Duta KM Cup II 2013, silakan unduh brosur dengan memencet gambar di atas. Untuk melihat agenda lomba lainnya, silakan buka halaman Brosur Lomba Burung.

Selamat berlomba, jaga sportivitas dan semangat fair play.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. Ass, om sy mau beli prduk om kicau, kebetulan sy td mau pesen ke bdg stock brid booster nya habis, sy mau pesen sm om aja. Kalo boleh mnt no hp om, biar lebih jelas.
    ({})Ʈƕǎƞƙƴǒǘ ({})
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar ditutup.