Siskin merah, burung langka dilindungi, diuber karena warna dan suaranya

Burung red siskin (siskin merah) atau Carduelis cucullata adalah burung daerah tropis Amerika Selatan, terutama berkembang biak di Venezuela dan Columbia bagian utara. Siskin merah adalah satu-satunya burung siskin yang memiliki warna merah alami pada bulunya. Karena habitat aselinya adalah daerah tropis, berukuran 4 sampai 4,5 inci ini berkembang biak beberapa kali sepanjang tahun tergantung pada ketersediaan makanan.

Keberadaan red siskin di alam saat ini semakin langka karena ditangkapi dalam jumlah besar dan disilangkan dengan kenari domestik untuk mendapatkan kenari merah (red-intensive) atau kenari dengan aneka warna yang indah.

Karena keberadaan mereka semakin langka di alam, siskin merah dilindungi dan terlarang untuk ditangkap dari alam liar. Para penangkar burung ini di Amerika Serikat harus memiliki ijin khusus penangkaran. Burung siskin merah saat ini banyak dikembangkan di Eropa dan Australia.

Identifikasi

Siskin merah jantan memiliki warna hitam legam di kepala sampai ke daerah tenggorokan sehingga menyerupai kerudung. Warna hitam juga terdapat pada ujung sayap dan ekor. Perut dan bagian bawah bulu ekor berwarna putih dan warna lain sisanya dari burung ini adalah oranye dan merah tua. Sedangkan siskin merah betina umumnya berwarna abu-abu dengan sayap dan ekor hitam, perut keputihan tetapi tidak memiliki percikan merah di area dada dan pantat, sementara ada juga warna merah atau orange pada bagian sayap.

Siskin anak atau remaja berwarna cokelat kemerahan dengan sayap hitam dan ada sedikit warna merah atau orange pada bulu ekor dan sebagian sayap.

Suara siskin merah

Siskin merah yang suka dengan biji-bijian sebagaimana burung kenari ini memiliki suara indah dengan nada panggilan “chweee” atau suara panggilan sebagaimana siskin pada umumnya seperti “chee chee”. Burung ini juga bisa dimaster dengan suara burung lainnya.

Download

Suara di atas saya konversi dari video di youtube berikut ini:


 
 
Suara red siskin disilang dengan kenari

Berikut ini adalah suara burung hasil silangan red siskin dengan kenari:

Download

Suara di atas hasil konversi dari video di bawah ini:


 

Demikian sobat sekilas informasi mengenai burung red siskin sekaligus suaranya dalam format MP3.

Salam hangat, salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There is one comment

Komentar ditutup.