Membedakan parkit muda dan parkit yang siap diternak

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Artikel ini dimaksudkan sebagai pelengkap dua artikel terdahulu, yaitu cara menangkarkan parkit dan cara menjinakkan parkit. Kali ini kita akan membahas bagaimana memprediksi umur parkit dan membedakan jenis kelaminnya. Sebab banyak juga yang bertanya mengapa parkitnya tidak mau bertelur, padahal sudah berpasangan. Setelah diselidiki, ternyata burung tersebut masih sangat muda. Faktanya, sebagian besar pemula yang mencoba beternak parkit masih belum mengetahui cara membedakan parkit masih muda yang belum siap diternak dan parkit yang sudah siap reproduksi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sebagai panduan awal, ada 4 hal yang bisa dijadikan tengara untuk memprediksi umur burung parkit. Istilah prediksi ini hanya berlaku jika Anda membeli parkit dari pasar burung, yang umumnya pedagang pun tidak pernah tahu umur yang sebenarnya. Berbeda jika Anda membelinya dari tempat penangkaran. Penangkar yang baik umumnya memiliki recording atau catatan data apapun tentang ternak yang dijualnya.

Adapun keempat tengara yang dimaksud meliputi :

  1. Tengara garis di kepala
  2. Tengara iris mata
  3. Tengara bintik hitam di dagu dan leher
  4. Tengara warna hidung atau cere

Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing tengara.

1. Tengara garis di kepala

Pada beberapa jenis parkit, burung yang masih berusia di bawah 4 bulan memiliki garis-garis di bulu bagian depan kepala. Garis-garis ini berjajar hingga pangkal paruh, tepatnya di dekat cere atau lubang hidungnya.

Pada usia 5 bulan, garis-garis tersebut akan hilang karena burung parkit akan mengalami proses rontok bulu (mabung) untuk kali pertama. Sebulan kemudian, atau usia 6 bulan ke atas, warna bulu bagian depan kepala yang semula terdapat garis-garis berubah menjadi lebih terang (garis-garis sudah hilang permanen).

Nah, ketika bulu di bagian depan kepala sudah terlihat terang, inilah merupakan pertanda parkit siap untuk dikembangbiakkan.

Perlu diingat, pada beberapa jenis parkit lainnya, terkadang garis-garis bulu ini tidak kelihatan jelas atau samar-samar meski usianya masih muda.

GARIS DIKEPALA PARKIT MENANDAKAN USIANYA
GARIS DI KEPALA BISA MENJADI TENGARA USIA PARKIT

2. Tengara iris mata

Iris mata adalah bagian seperti cincin yang mengelilingi bola mata, atau bisa juga disebut cincin mata. Kita juga bisa memprediksi umur parkit dari warna iris matanya. Hal ini penting untuk mengkonfimasi prediksi awal berdasarkan garis di kepala. Pada jenis parkit tertentu yang ketika muda hanya memiliki garis samar-samar, tengara iris mata menjadi sangat membantu dalam memprediksi umur.

Burung parkit yang masih muda, atau berusia kurang dari 4 bulan, memiliki iris mata berwarna hitam, bahkan semuanya hitam.

Memasuki usia 4 – 6 bulan, warna iris menjadi abu-abu gelap. Kemudian pada usia 6 – 8 bulan berwarna abu-abu, sampai akhirnya ketika sudah berusia 8 bulan atau lebih berwarna putih terang. Saat inilah burung parkit siap untuk dikembangbiakkan.

mata
PARUBAHAN WARNA PADA IRIS MATA SESUAI DENGAN USIA PARKIT

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Tengara iris mata di atas tidak berlaku untuk parkit jenis tertentu yang secara genetik memang memiliki iris mata merah, serta parkit hasil mutasi warna seperti albino, lutino, lacewing, dan fallow yang umumnya punya iris mata berwarna pink.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

3. Tengara bintik hitam di dagu dan leher

Parkit yang masih muda memiliki bintik-bintik (spot) berwarna hitam dan tidak beraturan pada bulu di bagian dagu dan lehernya. Bintik-bintik ini akan menyatu dan menjadi spot hitam yang besar setelah burung berusia dewasa.

4. Tengara warna hidung atau cere

Melihat hidung atau cere juga bisa dijadikan tengara untuk memperkirakan usia burung parkit. Makin terang warnanya, makin muda usianya.

MENENTUKAN USIA PARKIT DENGAN MELIHAT WARNA PADA BAGIAN CERE/HIDUNG
MEMPERKIRAKAN USIA PARKIT BERDASARKAN WARNA CERE / HIDUNG

Membedakan parkit jantan dan betina

Setelah mengetahui beberapa tengara untuk memprediksi umur burung parkit, hal berikutnya yang tak kalah penting dalam konteks penangkaran adalah membedakan jenis kelamin burung cantik tersebut.

Meski sudah pernah saya jelaskan dalam artikel terdahulu, tidak ada salahnya untuk dijelaskan di sini bahwa jenis kelamin burung parkit antara lain bisa dilihat pada bagian pangkal paruh di mana kedua lubang hidung (nostril) atau cere berada. Pada burung jantan, warnanya biru tua mengkilat. Sedangkan pada burung betina berwarna keputihan atau cokelat muda.

Ketentuan ini berlaku untuk burung parkit dewasa, atau sudah berusia 6 bulan lebih. Pada burung muda, apalagi jika umurnya masih di bawah 4 bulan, warna bagian pangkal paruh ini nyaris sama, putih atau cokelat muda. Tetapi jika dilihat secara cermat, maka pada burung muda jantan warnanya sedikit lebih kebiruan, yang akan makin jelas seiring dengan pertambahan usia.

WARNA CERE BERDASARKAN USIA PARKIT
KIRI: WARNA CERE PADA PARKIT MUDA NYARIS SAMA. TENGAH: WARNA CERE PADA PARKIT JANTAN TERLIHAT BIRU. KANAN: WARNA CERE PADA PARKIT BETINA TERLIHAT PUTIH ATAU COKELAT MUDA.

Burung parkit sudab bisa diternakkan pada usia 6 bulan ke atas, diawali dengan proses penjodohan. Pada usia 7 bulan, burung sudah memasuki masa birahi. Saat itulah perlu ditingkatkan kualitas pakannya, terutama tauge, jagung muda, dan buah-buahan yang bisa mendorong birahi mereka.

Penyediaan suplemen khusus untuk burung penangkaran, seperti BirdMature, sangat dianjurkan, terutama untuk meningkatkan fertilitas (tingkat kesuburan telur), daya tetas (persentase jumlah anakan yang menetas), serta mengurangi angka mortalitas (kematian) piyik umur 1-30 hari.

Apabila Anda berencana beternak parkit dalam waktu dekat, berikan lampu di dalam kandang penangkaran untuk mengantisipasi hawa dingin di musim hujan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

  1. permisi om mau tanya. apakah bisa parkit yang berbeda warna di kawinkan atau di ternakan/ soalnya kebanyakan parkit yang diternakan di daerah saya jantan dan betinya memiliki warna yang sama…. mohon jawabannya

Komentar ditutup.