Perawatan ngerol untuk anis macan dan anis cendana

Nama anis macan atau anis ampenan, serta anis cendana, mungkin masih terdengar asing bagi sebagian kicaumania. Namun saya yakin, sobat kicaumania yang mukim di wilayah yang menjadi habitat burung ini sudah hafal betul dengan karakter burung tersebut. Anis macam adalah burung endemik di Nusa Tenggara, Sumba, dan Timor. Adapun anis cendana juga burung endemik dari Pulau Banda dan Timor Leste. Tips kali ini tentang bagaimana merawat kedua burung tersebut agar bisa ngerol.

Menilik namanya saja, Anda pasti sudah tahu kalau anis macan dan anis cendana memiliki hubungan dekat dengan anis merah dan anis kembang.Berdasarkan taksonominya, empat jenis ini ini berada dalam genus yang sama, yaitu Zoothera, dengan nama ilmiah sebagai berikut:

  • Anis macan (Zoothera dohertyi)
  • Anis cendana (Zoothera peronii)
  • Anis merah (Zoothera citrina)
  • Anis kembang (Zoothera interpres)

Meski tidak termasuk dalam daftar burung yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 / Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, sejatinya keberadaan anis macan di habitat aslinya makin jarang dijumpai. Demikian pula anis cendana, yang populasinya di alam bebas diperkirakan mengalami penurunan.

Itu sebabnya, omkicau.com berharap tips ini hanya untuk sobat kicaumania yang kebetulan memiliki anis macan dan anis cendana, dan berharap mau menangkarnya.

Menurunnya populasi anis macan dan anis cendana ini bukan semata-mata karena maraknya penangkapan liar, kemudian diperdagangkan di Jawa sebagaimana tuduhan kalangan tertentu. Apabila alasan ini ditelan mentah-mentah, tentu kedua jenis burung ini banyak dipelihara kicaumania, khususnya di Jawa, dan masuk dalam kelas lomba juga.

Faktanya, tidak banyak kicaumania yang memilikinya. Sebaliknya, menurut laporan masyarakat setempat, hal ini lebih disebabkan maraknya perusakan hutan secara sengaja dan tidak sengaja.

PHOTO ANIS MACAN / ANIS AMPENAN DAN ANIS CENDANA

ANIS MACAN / ANIS AMPENAN (KIRI) DAN ANIS CENDANA

Perawatan anis macan dan anis cendana

Perawatan anis macan dan anis cendana sebenarnya hampir sama dengan anis merah, anis kembang, dan ciung batu. Tetapi dari segi suara dan mental, banyak penggemar burung  yang lebih menyukai anis cendana daripada anis macan, karena memiliki kelebihan dalam suara ngerol dan lagu.

Berikut perawatan harian untuk burung anis macan dan anis cendana :

  1. Pagi hari (pukul 03.00 / 04.00), burung diembunkan lalu diberi cacing tanah 2 ekor. Jangan lupa ganti air minum dengan yang bersih, dan biarkan sampai matahari mulai terbit.
  2. Mandikan burung pada pagi harinya, baik dengan cara disemprot atau mandi karamba. Setelah mandi, diangin-anginkan dan diberikan lagi 1 ekor cacing tanah dan dijemur di tempat yang terkena matahar pagi.
  3. Saat dijemur, berikan 2 ekor jangkrik dan 2 ekor ulat hongkong.
  4. Setelah penjemuran dirasa cukup, sekitar 60-90 menit, burung kembali digantung di tempat yang sejuk.
  5. Sore hari, burung diberi 2 ekor jangkrik dan 1 ekor cacing, kemudian dikerodong.
  6. Saat itulah burung bisa dimaster, baik menggunakan suara burung maupun suara masteran (kaset, CD, mp3 player).
  7. Malam harinya, burung dibiarkan beristirahat, dan kembali dikeluarkan untuk pengembunan pada dini hari (seperti cara nomor 1).
  8. Pemberian kroto bisa diberikan 2 kali seminggu, pada pagi hari, dengan porsi 1 sendok teh kroto murni
  9. Untuk menjaga kondisi fisiknya selalu fit, berikan BirdVit 1-2 kali seminggu, terlebih saat cuaca kurang kondusif seperti saat ini..

Dengan ketelatenan / ketekunan dalam perawatan, niscaya kedua jenis anis ini bisa menampilkan performa suara terbaiknya, seperti ngerol dan ngelagu, sesuai dengan karakter dasar masing-masing. Hasilnya akan lebih maksimal lagi, jika Anda juga memiliki anis merah dan/atau anis kembang, serta ciung batu. Sebab semua keluarga anis ini bisa dijadikan master timbal-balik, atau saling melengkapi.

Bahkan, anis macan dan anis cendana seringkali dijadikan pemancing bagi anis merah dan anis kembang kualitas lomba, sebagai teman latih tanding yang baik.

Suara anis macan dan anis cendana

Suara kicauan anis macan dan anis cendana sebenarnya tidak jauh berbeda dari anis kembang dan anis merah. Mungkin lebih tepat dikatakan sebagai kombinasi antara suara anis kembang dan suara anis merah. Bahkan tahapan suaranya pun sama, yang dimulai dengan proses ngeriwik, ngeplong, kemudian ngerol.

Berikut ini tayangan video anis macan anis cendana :

  • Video anis macan / anis ampenan
  • Video anis cendana

Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 5 comments

  1. triofff

    Mau curhat neh om, sebenarnya burung species anis itu punya daya tarik dan nilai tersendiri, dalam arti sebenarnya juga enak didengar, tapi mengapa sekarang ini gembar gembornya kelas anis mulai surut, padahal pasokan trotol pun melimpah. Apakah masyarakat kurang tau atau susah membedakan jantan betina atau memang masyarakat hanya memilih burung yang jenis fighter saja ??? saran ya om, kalo bisa kelas anis bisa disemarakkan lagi keistimewaannya mengingat burung anis juga burung bagus. trims

Komentar ditutup.