Apa kabar burung pailing

Pailing  termasuk salah satu burung legenda bagi sobat senior kicaumania yang sudah puluhan tahun bercengkerama dengan hobi burung kicauan. Namun nasibnya hampir sama dengan beberapa jenis burung kicauan yang pernah popular pada masanya dan kini harus tersingkir, seperti poksay, hwamei, samho, robin, dan jalak hongkong.

PAILING / PAKLING / BAI LING

PAILING / PAKLING / BAI LING

Burung yang dalam literatur perburungan internasional dikenal dengan nama mongolian lark  (Melanocorypha mongolica) ini merupakan kerabat dekat dari burung branjangan. Sama halnya dengan sanma yang termasuk juga  dalam keluarga Alaudidae, pailing juga merupakan burung asli yang hanya bisa ditemukan di China, Mongolia, dan Russia. Di China, burung ini dikenal dengan sebutan bai ling atau pai ling.

Tidak berbeda dengan burung branjangan yang kita kenal, pailing memiliki warna garis hitam melingkar pada bagian dadanya. Tubuhnya lebih besar daripada branjangan. Sebagaimana branjangan, pailing juga dikenal sebagai salah satu burung yang pintar dan bisa meniru suara burung lain dengan sempurna. Bahkan pada musim kawin, paling pun mampu terbang  secara vertikal dengan ketinggian mencapai  puluhan meter dari atas permukaan tanah.

Keistimewaan lain yang membedakannya dari burung lain adalah mampu memanjangkan lehernya jika mencium sesuatu yang mencurigakan. Ia mampu bernyanyi sambil terbang vertikal dengan menghentakkan sayapnya, lalu turun lagi, selama 1 jam penuh.  Gaya itu dilakukannya untuk memberitahukan kepada burung sejenis atau burung lain bahwa wilayah tersebut adalah wilayah teritorialnya.

Perawatan harian dan Sangkar yang digunakan 

Melanocorypha mongolicaPerawatan harian dari burung ini tidak berbeda dengan perawatan harian branjangan. Makanan utamanya adalah biji-bijian, dengan selingan extra fooding (EF) berupa kroto, jangkrik yang dipotong kaki-kakinya, belalang hijau, dan serangga kecil lainnya.

Jika Anda ingin memelihara burung ini, dianjurkan memeliharamua saat burung masih berusia muda. Akan lebih baik lagi jika burung tersebut masih dalam kondisi lolohan / anakan. Sebab jika membeli burung bahan, apalagi hasil tangkapan MH, maka proses penjinakan membutuhkan waktu lama, bahkan harus menunggu 8-12  agar burung rajin berbunyi atau gacor.

Jadi jika kita membeli burung dalam keadaan masih sangat muda, atau masih anakan, maka proses penjinakannya akan lebih cepat. Dengan demikian, burung pun akan lebih cepat berbunyi.  Hal ini juga berlaku pada burung branjangan yang kita kenal.

PERBANDINGAN PAILING DENGAN BRANJANGAN

PERBANDINGAN PAILING ( KIRI)  DAN BRANJANGAN (KANAN)

Tempat pemeliharaan burung yang masih anakan / muda sebaiknya menggunakan sangkar khusus yang pendek, dengan tujuan untuk melatih burung tersebut. Jika burung sudah rajin bersuara, maka bisa dipindahkan ke kandang yang berukuran panjang, agar burung lebih leluasa sewaktu terbang vertikal (hovering).

SANGKAR YANG DIGUNAKAN UNTUK MELATIH PAILING MUDA

SANGKAR YANG DIGUNAKAN UNTUK MELATIH PAILING MUDA

Berikut beberapa sangkar yang biasa digunakan untuk burung pailing atau sanma

SANGKAR YANG DIGUNAKAN PAILING DEWASA

SANGKAR YANG DIGUNAKAN PAILING DEWASA

Adapun aksesoris sangkar seperti tempat makan dan air minum dapat dilihat pada gambar di bawah ini, yang sekaligus bisa digunakan pula untuk branjangan.

Penempatan tempat makan dan minum diluar kandang

Penempatan tempat makan dan minum diluar kandang

Foto latihan penggemar pailing di negara tetangga 

skylarkgathering-horz

Video pailing 

Berikut ini tayangan video pailing, yang bisa menambah referensi kita mengenai khazanah burung di berbagai belahan dunia.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

8 pemikiran pada “Apa kabar burung pailing

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s