Cara menangkar burung mozambik di sangkar gantung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Mozambik atau yellow-fronted canary (Serinus mozambicus) merupakan salah satu burung kicauan dari keluarga finch. Ada juga yang menyebutnya sebagai green singing finch. Karena kesamaannya dengan jenis finch lainnya, termasuk  kenari, maka upaya memelihara dan menangkarkan burung ini pun tidak  sesulit menangkar burung-burung dari jenis pemakan serangga. Bahkan, sebagaimana kenari, mozambik juga bisa ditangkarkan secara sederhana, meski Anda hanya menggunakan sangkar gantung. Mau tahu caranya?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung Mozambik
BURUNG MOZAMBIK

Beda jantan dan betina

Hal utama yang harus diketahui setiap penangkar atau calon penangkar adalah bagaimana mengetahui jenis kelamin mozambik yang akan dijadikan indukan.

Perbedaan burung jantan dewasa dan burung betina dewasa bisa dilihat dari kalung yang melingkari di bagian dadanya. Pada burung jantan dewasa tidak terdapat pola garis hitam yang menyerupai kalung di  bagian dadanya. Sedangkan pada burung betina dewasa, kalung ini terlihat begitu jelas.

Apabila saya menulis burung jantan dan betina dewasa, tentu ada sebabnya. Ya, karena metode sexing di atas tidak dapat diterapkan pada burung muda, baik jantan maupun betina. Sebab pola garis hitan yang menyerupai kalung belum muncul pada burung muda.

Wah, jadi nggak bisa dibedakan jenis kelaminnya ya? Mesti menunggu burung dewasa dulu ya?

Oh, tidak sobat kicaumania. Metode sexing yang digunakan berbeda, yaitu mengamati tingkat kecerahan warna bulunya. Burung jantan memiliki warna kuning cerah, sedangkan betina kuning kusam. Hal ini berlaku untuk burung muda maupun burung jantan.

Masalah kecerahan warna antara burung jantan dan betina ini lazim dijumpai pada sebagian besar burung, bahkan terlihat pula pada ayam. Hal ini disebabkan adanya perbedaan warna struktural antara burung jantan dan burung betina. Warna struktural dipengaruhi oleh partikel hamburan cahaya.

Warna kuning terang, misalnya, disebabkan partikel hamburan cahaya di rongga udara dalam keratin, yang terdapat pada barb dan barbuleBarb adalah bulu yang menempel di sepanjang batang bulu. Setiap barb memiliki ratusan cabang / ranting, yang disebut barbule.

Warna struktural akan bekerja sama dengan warna pigmen dalam membentuk warna bulu burung secara keseluruhan. Makanya, jika kita melihat warna bulu pada burung jantan, umumnya lebih mengkilap daripada bulu betina.

BEDA JANTAN DAN BETINA SERTA MOZAMBIK MUDA
BEDA JANTAN DAN BETINA SERTA MOZAMBIK MUDA

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Mozambik jantan dan betina sama-sama bisa berkicau. Hanya saja, kicauan jantan lebih bervariasi dan mirip suara kenari. Sedangkan kicauan betina lebih pendek dan kurang variatif  (cenderung monoton) dalam struktur lagunya. Pada burung muda, jantan dan betina memiliki kemampuan berkicau yang hampir sama.

Dalam beberapa kasus, burung muda betina terkadang lebih aktif  berkicau daripada burung muda jantan. Karena itu, metode sexing tidak perlu dilakukan dengan mendengarkan kicauannya, kecuali jika burung sudah berumur 6 bulan atau lebih.

Sangkar gantung untuk penangkaran mozambik

Menangkar burung mozambik  sama seperti menangkar kenari dan jenis burung finch lainnya bisa menggunakan kandang aviary, bisa juga memanfaatkan sangkar harian yang diubah fungsinya menjadi tempat penangkaran. Sesuai judul artikel, di sini kita hanya akan membahas penangkaran mozambik menggunakan sangkar harian atau sangkar gantung.

Berapa ukuran sangkar yang diperlukan? Sebenarnya tidak ada ukuran baku, namun saya menyarankan idealnya sangkar berukuran minimal 40 x 40 cm2 (tinggi 50 cm). Kotak sarang yang digunakan berbentuk cawan /  mangkuk terbuka, dengan  bahan sarang yang terdiri atas serat nanas atau bahan sarang yang sudah jadi (bisa dibeli di toko burung / poultry shop).

Sebelum digunakan, bagian bawah sarang ditaburi serbuk FreshAves, untuk mencegah tungau / kutu masuk ke sarang. Parasit inilah yang kerap membuat induk meninggalkan telur-telurnya, atau bahkan tanpa disengaja menginjak telur-telur yang sedang dieraminya hingga retak atau pecah, akibat rasa gatal yang berlebihan di tubuhnya.

Dianjurkan pula menyucihamakan sangkar dengan Fresh Aves. Caranya, larutkan 5 gram serbuk FreshAves ke dalam 1 liter air, lalu dimasukkan dalam sprayer.  Semprotkan larutan ini ke seluruh bagian sangkar, termasuk dasar sangkar, agar kutu dan tungau tidak masuk ke dalam sangkar. Hal ini bisa dilakukan ketika sangkar belum diisi maupun sudah diisi indukan, karena aman untuk manusia dan burung.

Proses penjodohan

Apabila memiliki mozambik jantan dan betina yang sudah berjodoh, Anda bisa lebih mudah untuk memulai penangkaran. Tetapi jika membeli calon indukan dalam keadaan terpisah, maka Anda harus menjodohkannya terlebih dulu.

Proses penjodohan mozambik bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan, bahkan tidak memerlukan masa perkenalan (pra-penjodohan) seperti mendekatkan sangkar betina dan sangkar jantan.  Jadi, Anda tinggal memasukkan burung jantan dan betina dalam sangkar yang sama.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Biasanya, beberapa hari kemudian mereka sudah terlihat berjodoh, ditandai dengan aktivitas makan bersama antara si jantan dan pasangannya. Jika sudah berjodoh, segera berikan BirdMature untuk beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan jumlah telur fertil (fertilitas meningkat).
  • Meningkatkan jumlah telur yang menetas (daya tetas meningkat).
  • Memperoleh piyikan yang lebih sehat dan berkualitas.

BirdMature tersedia dalam bentuk cair, serbuk, dan pasta. Cara pemakaian bisa dilihat di sini, sedangkan testimoni yang diberikan tanpa pernah diminta Om Kicau bisa dilihat di sini.

Mengatasi mozambik yang sulit berjodoh

Sebenarnya mozambik termasuk burung yang mudah sekali berjodoh. Kalau induk jantan dan betina tidak juga segera berjodoh, itu menunjukkan ada ketidakberesan pada salah satu atau kedua induk. Lama pemantauan untuk memastikan burung tidak berjodoh itu umumnya 1 minggu. Jika sudah melewati batas waktu tersebut, silakan melakukan beberapa terapi berikut ini:

  1. Pisahkan dulu kedua burung berbeda kelamin ini, dan ditempatkan dalam sangkar masing-masing.
  2. Penempatan sangkar diusahakan sedemkian rupa, sehingga kedua calon induk tidak saling melihat dan/atau mendengar suaranya.
  3. Lakukan terapi TestoBird untuk calon induk jantan, dan EstroBird untuk calon induk betina. Terapi ini dilakukan setiap hari, sampai burung terlihat lebih aktif dan agresif.
  4. Seminggu setelah menjalani terapi, sangkar kedua induk mulai didekatkan (ditempelkan), sebagai pemancing birahinya.
  5. Jika kedua burung dalam sangkar berbeda selalu dalam posisi berdekatan, selalu mepet, termasuk saat tidur, itu menandakan kedua induk sudah berjodoh.
  6. Pindahkan kedua burung dalam sangkar gantung yang sudah disiapkan sebagai tempat penangkaran (lengkap dengan kotak sarang).
  7. Hentikan pemakaian TestoBird maupun EstroBird, dan diganti dengan BirdMature.
  8. Silakan menunggu induk betina bertelur dan mengerami telur-telurnya.
Sangkar gantung penangkaran burung mozambik
Bagian depan sangkar ditutupi koran
(foto: finchpolis.multiply.com)

Untuk memberikan ketenangan pada kedua induk yang sudah berjodoh, usahakan sangkar penangkaran digantung di tempat yang jarang dilalui anggota keluarga Anda, atau orang lain termasuk tamu yang sering datang ke rumah. Untuk meningkatkan kenyamanan kedua induk, bagian depan sangkar bisa ditutup dengan kain atau kertas koran, seperti terlihat pada gambar di samping kanan.

Selanjutnya, burung mozambik jantan dan betina akan mulai membangun sarangnya. Burung betina akan bertelur sebanyak 2-4 butir, yang akan dieraminya selama 12-13 hari. Sedangkan burung jantan bertugas menjaga sarangnya, memberi makan burung betina dan membalikkan telur sewaktu burung betina keluar dari sarangnya.

Setelah menetas, Anda bisa memilih untuk membiarkan pengasuhannya kepada induknya, atau Anda tangani sendiri dengan metode handfeeding. Umumnya piyik mozambik sudah bisa meninggalkan sarangnya pada umur 16 – 18 hari, tetapi ia akan disapih induknya hingga umur  35 – 45 hari.

MENANGKAR MOZAMBIK DISANGKAR GANTUNG | gambar: finchpolis.multiply.com
MENANGKAR MOZAMBIK DI SANGKAR GANTUNG | foto: finchpolis.multiply.com

Demikian cara menangkar burung mozambik menggunakan sangkar gantung.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

    • karakter mozambik sosial monogamus om artinya ia memiliki sifat monogami meskipun dalam kandang breedingnya ditempatkan beberapa burung mozambik betina , bisa menempatkan beberapa pasang sekaligus dalam satu kandang aviary tetapi dengan sarang yang berjauhan, karena sifatnya menjadi fighter dan teritorial begitu burung tersebut mulai masuk masa berkembang biak , om.

Komentar ditutup.