Dongkrak stamina pleci dengan ramuan telur dan madu

Resep inilah yang diterapkan Om Yudi terhadap pleci andalannya, Pangeran Muda, yang bisa dibilang merajai kelas pleci di Blok Barat. Sudah puluhan kali jagoannya meraih gelar juara di berbagai lomba burung berkicau di wilayah tersebut. Terakhir, Pangeran Muda mencetak quattrick juara 1 dalam even akbar di Secapa Sukabumi.

Untuk mendongkrak stamina pleci, Om Yudi membuatkan ramuan khusus berupa kuning telur bebek dan madu sebagai minumannya. Adapun buah hanya menggunakan pisang. Voer pun menggunakan voer yang dicampur dengan ramuan khusus.

“Semuanya ini terbukti mampu mendongkrak stamina pleci di lapangan,” kata Om Yudi, ketika ditemui di kediamannya di Bogor. Sayangnya, tidak dijelaskan bahan apa yang dicampurkannya ke dalam voer halus tersebut.

Om Yudi dan anaknya bersama Pangeran Muda

Om Yudi dan anaknya bersama Pangeran Muda (foto: tabloid agrobur)

Untuk menghasilkan kualitas suara yang cocok untuk Pangeran Muda, ia sering memaster plecinya dengan burung rambatan, kolibri, dan serindit. Ketiga jenis burung master inilah yang selama ini jadi andalan utama Pangeran Muda di arena lomba.

Selain faktor asupan pakan dan pemasteran yang tepat, perawatan tertentu menjelang dan sewaktu lomba pun menjadi ritual rutin yang selalu dilakukan Om Yudi, antara lain:

  • Perlakuan selama dalam perjalanan
    Selama ini, Om Yudi selalu membawa burung ke arena lomba dengan menggunakan mobil. Karena gacor, plecinya sering berkicau di sembarang tempat, termasuk di dalam mobil selama perjalanan ke lapangan, termasuk di luar kota.Jika pleci terlalu sering bernyanyi sebelum lomba, dikhawatirkan energinya sudah menurun drastis di arena lomba. Cara jitu untuk mengatasi hal ini adalah memasukan betina agar burung selama di perjalanan tidak banyak bunyi.
  • Mengatur posisi gantangan
    Ada kebiasaan khusus yang dilakukan Om Yudi dalam memperlakuan gacoannya saat digantang di lapangan. Apabila saat digantang sang gaco belum anteng bunyi, atau masih loncat-loncat, dia akan menempatkan gantangan senyaman mungkin agar burung lebih anteng dan tenang, sampai burung bunyi. “Kalau masih loncat-loncat, ya kita atur lagi posisi gantangannya biar dia merasa tenang dan mau bunyi,” ungkapnya.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Sumber: Tabloid Agrobur

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 10 comments

  1. Sutar

    Om ane mau tanya saya baru dapat pleci (ucul uculan) udah ngeriwik,tapi ok setiap mandi mukanya digesekin tangkringan kayak gatel gitu,trus mukanya jadi lecet2,trus gimana om ada obatnya gk untuk gatel2 nya?

    1. Dudung Abdul Muslim

      Kalau ngilangin gatelnya pakai FreshAves. Larutkan 5 gram serbuk FreshAves dalam 1 liter air, masukkan ke sprayer, lalu semprotkan ke seluruh tubuh burung. Produk ini aman bagi burung. Coba dilakukan selama 7 hati.
      Kalau gatel sudah hilang, burung sudah tidak gesek-gesek kepala ke tangkringan, coba dilihat apakah lecetnya sudah kering. Kalau sudah kering silakan ditunggu saja. Kalau lecet belum sembuh, bisa dipercepat pengeringan dan pengelupasan korengnya dengan BirdCream. Semoga membantu.

Komentar ditutup.